Mengapa Bisnis Grosir Merupakan Jenis Usaha yang Banyak di Minati?

Saat ini perkembangan bisnis semakin berkembang pesat salah satunya adalah bisnis grosir. Banyak yang mengatakan kalau jenis usaha yang satu ini sangat menguntungkan. Misalnya toko sembako, aksesoris dan lainnya. Hal itu mengingat jumlah penduduk yang padat dan membutuhkan barang untuk kehidupannya sehari-hari. Penggunaan perangkat lunak trading dapat memaksimalkan efektivitas penjualan usaha grosir. Apabila Anda menggunakan sistem tersebut maka Anda tak perlu repot dengan cara kerja manual karena semua sudah berjalan dengan otomatis dalam satu layar. 

Selain itu, jika kita melihat dari daya beli konsumen yang terus meningkat tak heran kalau bisnis ini cukup digandrungi oleh para pelaku usaha. Sehingga, software ERP trading tercanggih dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan kegiatan bisnis yang berhubungan dengan grosir.  Saat melakukan bisnis grosir, hal yang selalu menjadi masalah adalah repotnya menghitung stok secara manual. Pelaku usaha dapat mempertimbangkan sistem ERP trading terlengkap yang dapat berjalan dengan sistem otomatis. Bicara soal stok barang pada usaha grosir tentunya selalu berkaitan dengan keuangan. Software trading terbaik memampukan Anda untuk menghadapi pesanan pelanggan dan meningkatkan profit dengan pengelolaan keuangan yang lebih transparan dan terlacak secara akurat.  Bagi Anda yang masih kurang paham mengenai bisnis grosir, artikel kali ini akan membahas mengenai hal tersebut dengan lebih mendalam.

bisnis grosir

Pengertian Bisnis Grosir

bisnis grosir
sumber: rd.com

Bisnis grosir atau wholesaler adalah badan usaha yang menjualkan produknya kepada pengusaha lain. Seperti pengecer, pedagang besar, lembaga swasta, dan lain sebagainya. Kegiatan jual beli dalam grosir biasanya dalam jumlah yang relatif besar dan berhubungan langsung dengan produsen. Karena hal tersebut, tak mengherankan apabila barang yang Anda dapatkan menjadi lebih murah daripada harga pasar pada umumnya. Selain itu, cara bisnis grosir merupakan metode yang cukup mudah untuk dilakukan. Para pengecer yang membeli produk dari pihak grosir akan menjual kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Mereka juga bisa mengemas ulang produk yang mereka beli dengan kemasan yang lebih kecil dan tentunya akan lebih menguntungkan. EQUIP adalah Software ERP trading terbaik bagi perusahaan trading atau wholesale untuk kemudahan pengadaan dan penjualan produk. Sederhanakan manajemen pelanggan, pembelian, pemasok, kontrol inventaris, dan fungsi bisnis perdagangan lainnya.

Akan tetapi walaupun usaha ini berkaitan dengan produsen namun, nampaknya tidak selalu demikian. Pada beberapa kasus terdapat konsumen yang langsung membeli produk dari pihak grosir. Misalnya saja supermarket grosir. Hal itu disebabkan konsumen merasa lebih nyaman ketika membeli barang dalam jumlah besar.

Jenis-jenis Bisnis Grosir

Setelah melihat pemaparan diatas mengenai bisnis grosir mungkin terbesit di benak Anda untuk mulai mencoba usaha yang satu ini. Namun, sebelum memulai usaha ada baiknya untuk melihat jenis-jenis bisnis grosir terlebih dahulu. 

Berdasarkan produk yang dijual

Pada kategori yang pertama, usaha wholesaler terbagi menjadi dua, yakni:

  • Grosir barang umum, bisnis ini menjual berbagai macam barang mulai dari peralatan rumah tangga, makanan, pakaian, dan sebagainya dalam jumlah yang besar.
  • Wholesaler barang khusus, usaha ini berfokus menjual satu produk atau barang tertentu saja dalam jumlah yang relatif besar. Misalnya, wholesaler rumah tangga.

Berdasarkan dua kategori tersebut mungkin Anda bisa berpikir sejenak untuk menentukan cara bisnis grosir mana yang cocok untuk Anda gandrungi. Setelahnya, untuk memantau ketersediaan stok barang Anda bisa mencoba untuk menggunakan software inventory dari EQUIP.

Berdasarkan kegiatan

Bisnis wholesaler dapat diklasifikasikan berdasarkan tiga hal:

  • Cash and carry wholesaler adalah grosir yang melakukan penjualan barang secara langsung kepada pihak pedagang kecil agar mendapatkan uang secara tunai. Akan tetapi, bisnis ini tidak bisa memberikan jasa layanan pengiriman pada konsumennya. 
  • Truck wholesaler merupakan usaha yang melakukan kegiatan penjualan produk dagangan dengan memberikan layanan antar barang kepada konsumen
  • Dropshipper adalah aktivitas penjualan dan pengiriman produk secara langsung dari produsen ke pembeli. Biasanya, pebisnis hanya sebagai pihak ketiga saja. 

Berdasarkan skala usaha

Selain berdasarkan produk dan kegiatannya. Usaha grosir juga terbentuk menjadi 4 klasifikasi.

  • Lokal adalah pelaku bisnis yang menjual produk ke pengecer lokal di dalam atau luar kota. 
  • Nasional, pebisnis yang memiliki jaringan hampir ke seluruh daerah di negara tersebut. Hal itu karena terdapat satu kantor pusat di tempat yang strategis. Sehingga, dalam pendistribusian barang dapat lebih tersebar. 
  • Regional merupakan pemilik usaha yang menjual barang pada produsen di bagian tertentu. Misalnya antar provinsi atau daerah. 
  • Internasional adalah pebisnis yang bergerak dalam perdagangan impor dan ekspor.

Baca juga: pentingnya menerapkan warehouse management system untuk bisnis

Contoh Bisnis Grosir

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat banyak usaha grosir yang dapat dijalankan. Berikut adalah beberapa contoh dari bisnis wholesaler yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Pakaian

bisnis grosir
Sumber: bangizaltoy.com

Pakaian merupakan kebutuhan utama masyarakat selain makanan dan minuman. Dengan adanya pakaian maka manusia dapat menutupi tubuhnya. Sehingga, bisnis pakaian menjadi salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Bagi Anda yang ingin mencoba usaha ini maka cobalah untuk mencari distributor pakaian murah namun tetap terpercaya dengan kualitas yang baik. Tidak lupa untuk selalu mengikuti perkembangan zaman supaya pakaian yang Anda jual selalu baru. Tak ada salahnya juga untuk melakukan pemasaran secara online guna menghemat biaya sewa. 

Sembako

bisnis grosir
Sumber: gobiz.co.id

Toko sembako dapat kita temukan dimanapun, usaha ini menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat. seperti contohnya minyak goreng, beras, terigu, dan produk lainnya. Walaupun ada beberapa masyarakat yang memilih untuk berbelanja di supermarket namun faktanya grosir sembako tetap ramai diminati. Karena target dari toko sembako adalah para pengecer sehingga apabila mereka membeli produk dengan jumlah banyak maka otomatis pebisnis bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Sayuran dan buah-buahan

Sumber: jejakpiknik.com

Sayur dan buah merupakan kebutuhan sehat yang tak lepas dari kehidupan manusia. Selain rasa yang enak, jenis pangan ini dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imun. Apabila Anda ingin terjun ke bisnis grosir yang satu ini maka sebaiknya Anda mencari pemasok utama yang menyediakan produk segar. Selain itu, jangan lupa untuk menjaganya di dalam kulkas supaya tidak cepat busuk dan cobalah untuk memilih sayur dan buah yang laku di pasaran dan tidak musiman. 

Frozen food

Sumber: lifestyle.okezone.com

Makanan jenis frozen tentunya menjadi pilihan banyak orang karena terkesan lebih praktis terutama bagi yang bekerja di luar rumah sebab akan merepotkan apabila harus memasak lauk pauk di pagi hari. Semakin hari, banyak pebisnis mulai melakukan inovasi seperti makanan yang lengkap dengan bumbunya. Anda bisa mengikuti tren ini dengan membuka bisnis grosir frozen food untuk meraih keuntungan. 

Tips Memulai Bisnis Grosir

Sebagai pelaku usaha yang ingin memulai bisnis grosir jangan lupa untuk selalu melakukan perhitungan modal untuk mengetahui kisaran modal yang Anda butuhkan. Selain itu, untuk memudahkan penjualan Anda bisa membuat catatan terkait barang yang ingin Anda jual supaya lebih mudah. Kemudian, cobalah untuk mencari distributor produk tersebut dengan harga yang murah dan pastikan kalau pemasok adalah orang yang terpercaya.

Apabila Anda ingin membeli barang kepada distributor cobalah untuk meminta potongan harga dan lakukanlah pemasaran secara online dan offline agar dapat meraih keuntungan yang maksimal. Ciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan hal yang terpenting guna menjaga kenyamanan konsumen terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Tetapkanlah strategi bisnis. Cari tahu apa kelebihan dan kekurangan pesaing agar bisa menjadi bahan evaluasi usaha Anda. terakhir, anda dapat mencoba software EQUIP ERP yang sudah terintegrasi lengkap dengan sistem inventory, procurement, dan accounting. 

Coba Demo Gratis Software EQUIP ERP Sekarang! Untuk Tingkatkan Pertumbuhan Bisnis Grosir Anda

Kemajuan bisnis yang pesat menyebabkan banyak pelaku usaha yang mulai beralih dari penggunaan metode manual menjadi otomatis. Namun, banyaknya vendor software yang memiliki harga yang mahal menjadikan pelaku usaha berpikir dua kali untuk menggunakan perangkat lunak. EQUIP merupakan penyedia sistem dengan harga yang terbilang murah dan dapat dijangkau pada ranah UMKM. umumnya sebagian besar sistem ERP tidak hadir dengan desain yang ramah pengguna. Akan tetapi software EQUIP memiliki design UI/UX yang mudah user operasikan dan hanya membutuhkan beberapa kali sesi pelatihan. 

Kesimpulan

Bisnis grosir

Melihat bahwa kebutuhan manusia yang tak akan habis menjadikan bisnis grosir sebagai salah satu jenis usaha yang dapat Anda coba. Penjual bisa memasarkan produk dengan harga tinggi ke pihak konsumen. Namun, agar bisnis bisa berjalan dengan lebih efektif Anda dapat meningkatkan seluruh kegiatan pembelian bisnis mulai dari biaya procurement, pengelolaan purchasing hingga analisa stok yang komprehensif dengan menggunakan software pembelian dari EQUIP yang bisa di coba secara gratis. Anda juga bisa mengakses riwayat pembelian, kontrak kerja sama, katalog, kinerja supplier, dan semua aktivitas yang sedang terjadi secara real-time. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan software toko grosir untuk mengelola berbagai puluhan cabang bisnis Anda dengan satu aplikasi.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now