5 Cara Sukses Memulai Bisnis Skincare dengan Aplikasi Inventaris

Bisnis skincare semakin meningkat peminatnya hal itu disebabkan baik kaum perempuan maupun laki-laki menyadari pentingnya penggunaan skincare untuk kesehatan kulit. Selain itu, penggunaan skincare juga menjadi pembahasan yang tidak ada habisnya di berbagai platform online seperti media sosial, situs blog, dan lain sebagainya. Tidak heran, jika kesempatan ini membuka usaha bagi masyarakat untuk terjun pada usaha skincare. Perawatan kulit ini biasanya terdiri dari facial wash, toner, serum, dan moisturizer.

Menurut data dari Beauty Market Survey yang dikutip oleh Nielsen dan Euro Monitor pada tahun 2018, Indonesia meraih nilai kosmetik hingga 36 triliun, dimana 31,7% nya berasal dari produk skincare. Kemudian berdasarkan data dari kemenperin, industri kosmetik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan sejak 2018 hingga saat ini. Hal itu dapat menjadi peluang usaha skincare yang baik. Anda juga tidak perlu khawatir terkait menumpuknya stok barang apabila Anda memiliki lebih dari satu gudang.

Ditambah lagi adanya aplikasi inventaris yang mampu memberikan informasi terkait stok barang dan tanggal kadaluarsa produk. Sehingga konsumen tidak perlu takut membeli skincare yang hampir kadaluarsa dalam waktu beberapa hari. Gunakan sistem inventaris yang sudah terintegrasi dengan sistem QR atau barcode sehingga akan lebih mudah dalam pengelompokan produk.

Software inventaris barang menawarkan kontrol stok secara akurat dan cepat untuk memastikan Anda selalu mendapatkan pandangan menyeluruh terkait inventory. Hal yang paling penting dalam menjalankan usaha skincare adalah memastikan produk yang Anda jual telah mengantongi izin BPOM karena untuk merawat kulit tidak bisa sembarangan dan harus benar-benar teruji kualitasnya. Dapatkan detail mengenai rincian produk secara lengkap dengan sistem inventaris dari EQUIP.

Bagi Anda yang tertarik pada bisnis skincare, ada baiknya untuk memperhatikan cara memulai bisnis yang satu ini supaya Anda tidak salah mengambil keputusan yang dapat berdampak pada bisnis itu sendiri. 

Baca juga: Tips Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar yang Wajib Anda Coba!

DemoGratis

Cara Memulai Bisnis Skincare untuk Pemula

Banyaknya pengguna skincare menjadi alasan mengapa banyak pelaku usaha yang ingin terjun pada bisnis skincare. Selain meraih keuntungan, usaha ini dapat dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar dengan cara menjadi reseller atau dropshipper. Namun, bagi sebagian orang mereka lebih memilih untuk menciptakan produk sendiri dengan anggapan mampu meraih profit yang lebih besar. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda sebelum memulai bisnis skincare:

1. Pahami target market bisnis skincare

Usaha yang sukses perlu menemukan target pasar yang tepat sejak awal. Skincare merupakan perawatan kulit yang terdiri dari berbagai macam produk dengan fokus yang berbeda-beda. Sehingga, penting bagi Anda untuk menentukan target market dan kebutuhan skincare yang konsumen perlukan. Dengan catatan dan beberapa pertimbangan, seperti jenis kulit atau usia para calon pelanggan. Apakah Anda ingin memproduksi skincare yang untuk semua kalangan atau mengelompokan produk tersebut sesuai dengan usia dan permasalahan kulit konsumen.

Setelah itu Anda juga harus memikirkan di range berapa Anda akan menjual produk tersebut. Apakah targetnya untuk kaum menengah ke atas atau menengah ke bawah? Hal itu diperlukan untuk menentukan berapa banyak modal usaha skincare yang Anda butuhkan serta harga jual skincare. Jika target pasar Anda adalah menengah ke bawah maka Anda tidak dapat menjual produk perawatan kulit yang terlalu mahal. 

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

2. Jangan abaikan tren bisnis skincare

trend produk
Sumber: beautyhaul.com

Sama seperti produk lainnya, skincare juga memiliki tren tersendiri sebab ada beberapa barang tertentu yang sedang diminati oleh konsumen. Misalnya di bulan ini serum untuk meremajakan kulit menjadi tren skincare yang banyak dibeli konsumen. Sehingga, Anda perlu mencermati dengan baik sejak awal sebelum melakukan kegiatan produksi.

Memperhatikan riset pasar dengan Google Trends juga dapat membantu Anda untuk memilih produk mana yang layak untuk diproduksi lebih banyak. Dengan mencermati tren yang ada memungkinkan Anda menghasilkan produk yang sesuai dan memperoleh profit yang lebih besar.

Baca Juga: Kiat Jualan Online Siap Jadi UMKM yang Bersaing!

3. Lihat kebiasaan calon pelanggan

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk merawat kulit. Namun, tentunya mereka akan membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam tahap skincare yang lebih komplek. Biasanya, mereka akan menggunakan sabun wajah, micellar water, tisu pembersih, maupun produk lainnya.

Jika Anda memiliki modal yang terbatas tidak ada salahnya untuk menjual “basic skincare” yang menjadi tahapan wajib saat merawat kulit. Basic skincare terdiri dari pembersih wajah, toner, dan sunscreen. Selain itu, karena menjadi hal yang penting saat merawat kulit, maka Anda dapat menjualnya kepada konsumen yang baru pertama kali mencoba produk perawatan wajah.

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

4. Produk skincare unggulan

Maraknya bisnis skincare menjadi ajang setiap pebisnis untuk saling menunjukan produk terbaik mereka di hadapan masyarakat. Oleh sebab itu, Anda perlu melihat produk apa yang menjadi keunggulan bisnis kompetitor supaya Anda bisa membuat produk sejenis yang jauh lebih unggul baik dari segi komposisi hingga kemasan produk.

Misalnya, perusahaan A membuat skincare khusus kulit berjerawat dengan kandungan niacinamide. Maka, Anda dapat menciptakan produk sejenis dengan bahan yang lebih baik seperti menggabungkan niacinamide dengan salicylic acid yang tidak hanya dapat konsumen gunakan pada kulit berjerawat namun juga pada kulit berminyak.

5. Bekerja sama dengan influencer

influencer marketing
Source: freepik.com

Menjalin kerja sama dengan influencer tentunya dapat meningkatkan penjualan bisnis skincare online. Selain itu, tren skincare yang kerap menjadi perbincangan di media sosial menjadi kesempatan baik bagi Anda untuk menaikan citra dan meningkatkan brand awareness. Sebagai orang yang memiliki pengaruh besar di media sosial menyebabkan konsumen lebih tertarik terhadap produk yang influencer gunakan.

Menjadi nilai tambah apabila influencer menunjukan perubahan kulit yang sangat signifikan ketika menggunakan produk perawatan wajah. Anda dapat mulai mencari influencer yang sekiranya cocok dengan budget yang Anda miliki. Pastikan juga influencer tersebut membangun interaksi yang baik dengan followersnya agar hasil postingan tentang produk skincare dapat lebih memuaskan.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

Kelola Stok Bisnis Skincare Secara Digital dengan Aplikasi Inventaris

Masalah yang sering pemilik bisnis keluhkan adalah sulitnya mengelola stok barang. Melakukan perhitungan inventaris secara manual rentan terjadi human error akibat salah hitung. Sebagai pelaku bisnis, solusi dari permasalahan dalam kegiatan bisnis tersebut yaitu dapat menggunakan aplikasi inventaris dari EQUIP.

bisnis skincare
Sumber: equiperp.com

Proses automasi manajemen inventaris akan membantu perusahaan menghemat waktu dan tenaga, supaya dapat lebih fokus kepada pengembangan bisnis. Kelebihan lainnya yaitu dapat mengupdate data ketersediaan stok barang secara real-time, kapan dan dimana saja dengan sistem tersebut. Selain itu, perangkat lunak inventaris mampu menghasilkan laporan valuasi inventaris barang secara detail dari berbagai gudang dan lokasi dalam hitungan detik.

Baca juga: Kiat Jitu dalam Mengelola Stok Menggunakan Aplikasi Inventory Barang

Kesimpulan

Menjalani bisnis memang tidak semudah yang kita bayangkan meskipun peminat dari bisnis tersebut sedang naik daun. Bisnis skincare dapat menjadi salah satu dari sekian banyak usaha yang dapat Anda coba. Pastikan sebelum memulai usaha ini, Anda telah memikirkan secara matang mengenai langkah yang harus Anda ambil.

Anda juga dapat mengikuti beberapa cara yang telah kami jabarkan untuk mempermudah proses bisnis skincare. Gunakan juga software inventory terintegrasi yang dapat mengelola stok barang dengan lebih mudah. Ucapkan selamat tinggal kepada metode manual sebab semua dapat Anda lakukan secara otomatis. Coba demo gratis software -nya sekarang!

Inventory

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now