4 Tips Sukses Mengelola Usaha Nasi Goreng yang dapat Anda Terapkan!

Nasi goreng adalah salah satu makanan favorite orang Indonesia dari dulu hingga sekarang. Hidangan satu ini menjadi pilihan makanan yang dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun. Tak heran jika nasi goreng menjadi usaha kuliner yang menjanjikan bagi banyak orang. Dari tingkat rumah makan sederhana hingga restoran besar, seringkali menyediakan menu nasi goreng. Dengan keuntungan yang menggiurkan ini, usaha nasi goreng dapat menjadi pilihan Anda untuk memulai bisnis. Gunakan software ERP F&B terbaik untuk mempermudah pengelolaan bisnis, dengan pengelolaan bisnis yang baik akan menciptakan keuntungan bagi usaha Anda. Maka dari itu, Optimalkan pengelolaan stok bahan, sistem POS yang mudah digunakan, hingga e-menu untuk tingkatkan retensi pelanggan dengan software F&B terlengkap. 

Untuk membuka usaha nasi goreng perlu memiliki keahlian dalam membuat nasi goreng yang nikmat dan khas. Dengan modal yang relatif kecil, bisnis ini dapat menjadi kegiatan sampingan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Nasi goreng sendiri pada dasarnya terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana dan mudah untuk ditemukan. Anda harus selalu memastikan bahan makanan yang digunakan memiliki kualitas yang baik. Pemenuhan bahan-bahan untuk membuat nasi goreng juga harus selalu tersedia dan sesuai dengan kebutuhan penjualan. Membeli banyak bahan baku sekaligus membuat bisnis F&B kesulitan melacak tanggal kadaluarsa dari masing-masing bahan makanan. Gunakan sistem inventory management dari software F&B menjamin kualitas bahan makanan selalu segar. Dengan sistem ini, Anda dapat membeli banyak bahan baku sekaligus tanpa kesulitan melacak tanggal kadaluarsa dari masing-masing bahan makanan. Tingkatkan juga hubungan dengan supplier, kelola stok bahan baku secara efisien, serta jaga kualitas dan kesegaran makanan yang disajikan dengan bantuan software F&B dari EQUIP.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Usaha Warung Nasi yang Perlu Anda Perhatikan!

usaha nasi goreng

Pahami Terlebih Dahulu Modal Awal Usaha Nasi Goreng

Sebelum Anda memulai usaha nasi goreng, sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu terkait modal bisnis yang harus Anda siapkan. Dana bisnis nasi goreng bervariasi tergantung jenis menu yang Anda buat dan lokasi tempat usaha. Untuk perkiraan modal bisnis ini sendiri terdiri atas sewa tahunan dengan perkiraan Rp 15 juta, pembelian alat masak Rp 3 juta, persiapan gerobak dan peralatan masak Rp 4 juta, pembelian meja dan kursi makan Rp 5 juta, dan biaya tambahan tak terduga Rp 3 juta. Jika ditotal maka modal usaha membuka tempat makan nasi goreng adalah Rp 30 juta.

Setelah mengetahui berapa modal yang dibutuhkan, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Kebutuhan bahan segar dan biaya lainnya harus dipertimbangkan berdasarkan gaji karyawan. Dengan perkiraan biaya operasional Rp 5 juta, bahan makanan Rp 8 juta, dan biaya lainnya Rp 2 juta. Jika ditotal biaya operasional yang perlu Anda keluarkan setiap bulannya adalah Rp 15 juta.

Tentukan Lokasi Usaha Nasi Goreng yang Strategis

Strategi dalam memulai usaha nasi goreng adalah dengan menentukan lokasi yang strategis. Lokasi dari bisnis Anda adalah bagian dari strategi promosi. Anda harus dapat menempatkan bisnis Anda pada lokasi yang tepat dan mudah untuk ditemukan. Misalnya, Anda dapat berjualan pada pusat keramaian seperti kawasan kampus, dekat asrama, apartment, atau di pusat jajanan (food court). Anda juga dapat menempatkan usaha nasi goreng di dekat rumah jika rumah Anda terletak di pusat keramaian atau terletak di dekat jalan utama dan banyak orang yang berlalu lalang. Penempatan usaha ini akan sangat berpengaruh pada penjualan. Anda juga dapat mendaftarkan usaha nasi goreng pada platform seperti ojek online ataupun google maps, untuk memudahkan konsumen menemukan bisnis Anda.

Peluang Membuka Usaha Nasi Goreng

nasi goreng

Usaha nasi goreng merupakan usaha yang dapat kamu jalankan meski hanya memiliki modal yang kecil. Usaha ini tidak memerlukan keahlian, Anda hanya perlu mengelola bahan baku menjadi nasi goreng dan menyediakan tempat untuk berjualan. Bahkan, bisnis ini dapat Anda jalankan dari rumah. Bisnis nasi goreng dapat menjadi pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Nasi goreng sendiri merupakan makanan yang hampir semua orang sukai. Dari anak-anak hingga orang dewasa, suka menikmati makanan yang lezat dan mengenyangkan ini. Selain itu, nasi goreng adalah hidangan yang bisa Anda nikmati di berbagai waktu. Bagus untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. 

Menu nasi goreng sendiri dapat tersedia dalam berbagai keadaan baik jajanan pinggiran ataupun restoran bintang lima. Dengan mudahnya penempatan usaha nasi goreng ini, Anda dapat menjadikan bisnis ini menjadi peluang yang menggiurkan. Bahan baku yang mudah ditemukan, usaha yang tidak memerlukan modal besar, dan penggemar nasi goreng yang banyak dapat menjadi alasan Anda untuk memulai bisnis ini. Anda dapat menciptakan nasi goreng dengan rasa yang nikmat dan unik untuk menarik minat pelanggan dan meraih keuntungan yang besar.

Jika Anda lihat dari perhitungan modal yang keluarkan pada bagian sebelumnya, keuntungan dari bisnis nasi goreng ini sangat menjanjikan. Misalkan saja, jika Anda memiliki 40 pembeli setiap hari dan Anda membayar sekitar Rp 20.000 per hidangan, dalam 30 hari atau sebulan, bisnis nasi goreng akan mendapatkan pendapatan sekitar Rp 24 juta. Selanjutnya, keuntungan yang Anda dapatkan adalah dengan mengurangi total pendapatan dengan total biaya operasional bulanan. Oleh karena itu, dari jumlah perkiraan di atas, keuntungan bulanan sekitar Rp 9 juta. Permudah pembuatan laporan keuangan dari seluruh gerai Anda, mulai dari laporan pendapatan, neraca, arus kas, penjualan, hingga pembelian secara real-time dengan menggunakan software ERP F&B terlengkap.

Tips Mengelola Usaha Nasi Goreng

Peluang bisnis ini mungkin memang menggiurkan, tetapi untuk dapat mensukseskan bisnis Anda, perlu adanya pengelolaan bisnis yang baik. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis ini ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu. Lakukan riset secara mendalam dan pastikan Anda siap untuk mulai menjalankan bisnis nasi goreng. Lakukan tips berikut ini, untuk mengelola bisnis Anda berjalan dengan baik:

Ciptakan rasa masakan yang khas dan enak

Memasak nasi goreng mungkin saja terdengar mudah, kebanyak orang dapat membuat nasi gorengnya sendiri. Inilah tantangan yang perlu pemilik bisnis pikirkan. Pelaku usaha sebaiknya menyiapkan nasi goreng yang enak dan khas. Anda harus bisa menciptakan rasa dengan kreativitas dan formulasi terbaru yang membuat nasi goreng Anda berbeda dari yang lain. Meski setiap orang memiliki selera masing-masing dalam hal rasa. 

Namun, Anda dapat menciptakan rasa nasi goreng yang bisa mendominasi selera rasa kebanyakan orang. Maka dari itu, beranikan diri untuk terus mencoba inspirasi baru dengan menambahkan resep rahasia yang memberikan ciri khas tersendiri bagi nasi goreng Anda. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas untuk menciptakan nasi goreng terbaik. Dengan cipta rasa yang spesial, akan memudahkan promosi penjualan untuk mendatangkan banyak pelanggan dan meraih keuntungan. Pertahankan kualitas nasi goreng Anda dan terus berusaha menjadi yang terbaik untuk lebih unggul dari pesaing Anda

Pasang harga yang sesuai dengan pasar

Harga menjadi aspek penting untuk diperhatikan. Semakin sesuai harga yang Anda tawarkan, maka penjualan nasi goreng akan semakin laris. Oleh karena itu, untuk mempertahankan pelanggan dan bersaing dengan pesaing lainnya pasang harga yang sesuai dengan pasaran. Untuk dapat menentukan harga yang sesuai, Anda perlu untuk menghitung modal dari pembuatan seporsi nasi goreng. Setelah mengetahui modal pembuatan nasi goreng, pikirkan seberapa besar keuntungan yang ingin Anda dapatkan dari satu porsi penjualan nasi goreng. Pikirkan secara matang keuntungan yang ingin Anda dapatkan, sesuaikan dengan kebutuhan pasaran. Jangan menurunkan kualitas dan cita rasa untuk menjual nasi goreng semurah mungkin dengan keuntungan yang besar, pastikan kualitas dan cita rasa tetap bersaing di pasaran. Anda dapat menggunakan bantuan software POS terhandal untuk dapat mengelola harga menu dan diskon melalui approval matrix yang fleksibel untuk membuat pelanggan puas dengan harga yang Anda tawarkan.

Kelola usaha nasi goreng dengan software F&B dan POS

Mengelola bisnis seperti ini mungkin tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada banyak pekerjaan yang perlu pemilik bisnis lakukan dengan cepat dan tepat. Solusi kemudahan dari software ERP tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi pengelolaan bisnis. Dengan sistem F&B terintegrasi Anda dapat mengotomatisasi aktivitas bisnis F&B. sistem ini dapat mengatasi sulitnya melacak ketersediaan stok dan menghilangkan miskomunikasi yang sering terjadi di dapur. Kesulitan dalam penyediaan bahan pembuatan nasi goreng dan kualitas bahan dapat terkelola dengan sistem ini. Terintegrasi dengan sistem POS terbaik akan mencatat pesanan pelanggan secara otomatis dan membantu proses pemesanan menjadi lebih efisien. 

Software ERP F&B dari EQUIP dapat membantu Anda melacak penjualan dengan mudah, mengelola inventaris dengan cepat, mengelola proses pembayaran, menyederhanakan pelaporan komprehensif, dan banyak lagi. Plus, integrasi dengan sistem inventaris memastikan kualitas bahan makanan yang Anda simpan tetap segar dan lezat.

Promosikan usaha nasi goreng pada masyarakat

Untuk mendapatkan pelanggan, tentu saja Anda perlu melakukan promosi. Promosi bertujuan untuk menginformasikan usaha Anda agar orang lain mengetahui bisnis Anda. Buatlah strategi promosi yang tersusun untuk menarik minat konsumen. Anda dapat menggunakan media sosial atau bahkan hanya sekadar omongan saja. Tidak usah khawatir dengan bisnis Anda yang mungkin masih kecil, karena dengan pemasaran yang tepat pelanggan akan tetap tertarik untuk membeli. 

Selain itu, daftarkan usaha nasi goreng Anda dalam platform ojek online untuk memudahkan konsumen melakukan order. Pikat konsumen dengan promosi opening yang menarik dan ciptakan ciri khas tersendiri untuk menu Anda. Misalnya, dengan menggunakan kemasan makanan dengan desain menarik atau desain restoran yang unik. Anda harus memastikan pemasaran yang Anda buat tepat pada target pasar usaha yang Anda jalankan.

Kesimpulan

usaha nasi goreng

Itulah beberapa tips atau cara yang bisa Anda ikuti jika ingin memulai Usaha nasi goreng. Bisnis nasi goreng  merupakan bisnis yang menawarkan banyak peluang, mengingat nasi goreng menjadi menu yang memiliki banyak peminat. Banyaknya persaingan bisnis kuliner yang ada membuat Anda perlu menyiapkan strategi khusus untuk sukses dalam bisnis nasi goreng. Untuk dapat unggul dalam persaingan bisnis kuliner, gunakan bantuan sistem F&B dari EQUIP. Perangkat lunak ini memberikan solusi terlengkap untuk mengelola usaha Anda dengan mengoptimalkan pengelolaan stok bahan, terintegrasi dengan sistem POS yang mudah digunakan, hingga e-menu untuk tingkatkan retensi pelanggan. Jadwalkan demo gratis bersama tim kami sekarang untuk mempermudah mengelola bisnis ayam goreng Anda.

Anindya Rani Rahmayanti
Anindya Rani Rahmayanti
Junior Content Writer at HashMicro

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA