Tips dan Ide Membuka Bisnis Minuman Kekinian dengan Software F&B

Saat ini, berbisnis minuman menjadi salah satu bisnis yang sedang trend dan banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Minuman kekinian merupakan ide bisnis yang tepat untuk Anda memulai suatu bisnis. Hal ini menjadi sebuah peluang besar, selain karena sedang tren, bisnis minuman semakin hari semakin berkembang untuk mencukupi kebutuhan pasar. Banyak dari para pebisnis minuman kekinian sukses karena telah menerapkan software F&B terbaik untuk mengoptimalkan pengelolaan stok bahan dan sistem POS dari EQUIP yang mudah Anda gunakan. Penggunaan software POS terintegrasi yang dapat melakukan pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, pengaturan untuk promosi, hingga pengelolaan inventaris yang menjadi lebih praktis.

Bisnis minuman kekinian

Tips Membuka Bisnis Minuman Kekinian

bisnis minuman kekinian
Sumber: canva.com 

Untuk memulai bisnis minuman kekinian memerlukan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Karena, dalam memulai bisnis Anda perlu memikirkan beberapa hal yang nantinya bisnis minuman kekinian Anda berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tipsnya:

Tentukan konsep yang matang

Saat memulai suatu bisnis, Anda perlu untuk menentukan konsep bisnis dengan teliti. Terutama dalam berbisnis minuman, membuat konsep sangat penting karena dapat memudahkan Anda dalam melaksanakan perencanaan. Setelah perencanaan matang, Anda dapat menambah relasi bisnis hingga mendapatkan pelanggan yang dapat meningkatkan penjualan. Sehingga, Anda memerlukan konsep bisnis sesuai dengan tren yang terus bergerak dengan cepat. 

Pilih usaha sendiri atau waralaba

Anda perlu untuk memilih bisnis yang paling tepat dalam menjalankan bisnis Anda. Anda juga perlu memperhitungkan besaran dari modal yang Anda perlukan, potensi dari keuntungan yang akan Anda peroleh serta waktu yang Anda butuhkan untuk mengembalikan modal. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan reputasi dari brand yang akan Anda pilih. Karena, hal ini nantinya akan mempengaruhi penilaian dari calon konsumen dan akan berdampak pada keuntungan bisnis yang akan Anda dapatkan. 

Pilih lokasi yang strategis

Untuk menjalankan usaha, Anda memerlukan lokasi untuk tempat usaha Anda. Lokasi yang mudah untuk pembeli jangkau, merupakan lokasi strategis yang dapat Anda gunakan dalam menjalankan bisnis minuman kekinian Anda. Tentukan tempat yang berpotensi untuk mendatangkan banyak pembeli seperti, dekat sekolahan, sekitar kampus, pusat perbelanjaan, dan tempat ramai lainnya. Tempat yang strategis tentunya memiliki harga sewa atau harga beli yang cukup mahal, tetapi hal ini sebanding dengan keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan. 

Ciptakan keunikan atau signature drink dari bisnis minuman Anda

Masing-masing dari gerai tentunya memiliki keunikan dan ciri khas dari signature drink yang disediakan. Bahan yang berkualitas juga menjadi salah satu kunci untuk melariskan bisnis minuman kekinian Anda, karena rasa dan look dari hasil minuman akan memperlihatkan seberapa berkualitasnya bahan-bahan dari minuman. Anda juga memerlukan resep unik dan varian unik yang mampu menarik minat calon pembeli. Hal ini tentu akan membuat bisnis Anda mampu bersaing dengan pesaing bisnis minuman kekinian lainnya. 

Promosikan produk

Langkah selanjutnya, untuk mensukseskan bisnis minuman kekinian, Anda perlu melakukan promosi. Di era digital saat ini, Anda dapat memanfaatkan untuk menggunakan social media dalam mempromosikan bisnis Anda. Anda dapat mengundang food blogger atau influencer untuk mempromosikan minuman kekinian Anda. Sehingga Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli serta profit bisnis yang akan Anda dapatkan. 

Kelola produk dengan baik dengan software F&B dan POS

Bisnis minuman Anda akan lebih lengkap jika Anda menggunakan software F&B terbaik. Saat ini, banyak gerai yang telah menggunakan software untuk mengotomatiskan proses bisnisnya. Karena penggunaan dari software F&B yang tepat dapat mengelola bisnis minuman kekinian Anda secara mudah dengan mengoptimalkan pengelolaan stok bahan, serta sistem POS EQUIP yang mudah untuk Anda gunakan, hingga e-menu yang dapat meningkatkan retensi pelanggan. 

Baca juga: 5 Keuntungan Berbisnis Franchise Minuman & Cara Memaksimalkannya

Ide Bisnis Minuman Kekinian yang Digemari Masyarakat

Minuman kekinian menjadi pilihan tepat yang dapat memberikan keuntungan. Mengingat tren saat ini, minuman kekinian banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat. Tetapi, karena tren yang sering berganti-ganti, tidak menutup kemungkinan resep lama akan booming kembali. Melihat peluang yang besar ini, bisnis minuman kekinian menjadi ide bisnis yang dapat Anda pertimbangkan. Berikut beberapa ide bisnis minuman kekinian yang dapat Anda terapkan:

Minuman boba

boba
Sumber: canva.com

Minuman boba sudah populer sejak dulu sampai sekarang yang akrab kita kenal dengan sebutan bubble tea. Minuman boba, pertama kali muncul di taiwan, yang bahan dasarnya menggunakan campuran teh hitam. Tetapi, sampai saat ini muncul berbagai varian baru mulai dari teh matcha hingga rasa-rasa lainnya. Minuman kekinian ini masih masyarakat gemari hingga saat ini. Maka dari itu, minuman boba wajib hadir pada menu bisnis minuman kekinian Anda. 

Thai tea

es teh
Sumber: canva.com

Minuman thai tea merupakan minuman yang berasal dari thailand. Minuman thai tea sampai saat ini masih digemari oleh banyak masyarakat indonesia. Ciri khas dari minuman kekinian ini adalah rasa segar dan pekatnya rasa manis dari teh karena campuran dengan krimer atau susu. Saat ini, penyajian dari minuman thai tea sangat beragam, seperti campuran dengan green tea, coklat, dan rasa lainnya. Selain itu, berdasarkan dari review pembeli, minuman ini sangat familiar, rasanya thai tea sedikit mirip dengan teh tarik. 

Alpukat atau durian kocok

alpukat
Sumber: canva.com

Selanjutnya, minuman kekinian yang bahan dasarnya dari buah-buahan asli, yaitu alpukat kocok atau durian kocok. Minuman kekinian ini peminatnya lumayan banyak walaupun tidak sebanyak boba. Membuat alpukat atau durian kocok juga sangat mudah dan bahannya hanya dari buah-buahan sehingga bahan yang Anda butuhkan tidak banyak. Anda hanya perlu menyediakan alpukat atau durian, susu kental manis dan es batu, atau Anda dapat menambahkan topping untuk variasinya. Karena minuman ini dikocok, Anda hanya memerlukan wadah untuk mengocok bahan-bahan tersebut, jadi Anda tidak perlu untuk blender.  

Es kopi susu

kopi
Sumber: canva.com

Minuman jenis ini, sudah tidak terdengar asing di pasaran masyarakat terlebih anak muda seperti mahasiswa hingga pekerja kantoran. Rasa unik dari es kopi susu dengan campuran gula yang pas dan menyegarkan membuat rasa kantuk hilang. Selain es kopi susu, jenis gula aren juga banyak digemari akhir-akhir ini. Karena rasa manis dari gula aren yang tidak berlebihan. Anda juga dapat mencampur es kopi susu dengan rum, hazelnut dan lainnya.

Minuman brown sugar

brown sugar
Sumber: canva.com

Minuman kekinian dengan campuran brown sugar akhir-akhir ini juga sangat populer. Karena, rasanya yang unik dan cukup manis, banyak disukai oleh berbagai kalangan, terutama untuk pecinta minuman manis. Cara pembuatannya juga tidak sulit, Anda hanya perlu menambahkan brown sugar yang telah dicairkan. 

Baca juga: Cara Mempermudah Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan Anda dengan Sistem Akuntansi

Kesimpulan

Bisnis minuman kekinian

Semakin pesatnya perkembangan zaman, kini banyak tren minuman unik yang dapat Anda jadikan ide untuk bisnis minuman kekinian. Seperti yang sudah ada pada artikel ini, Anda dapat menggunakan ide minuman tersebut pada menu bisnis minuman kekinian Anda. Tips bisnis minuman tersebut juga dapat Anda terapkan pada bisnis Anda. Sehingga, bisnis Anda pasti akan laris dan mendapatkan keuntungan yang besar. 

Tetapi, menjalani bisnis minuman terbilang rumit karena banyak pekerjaan yang perlu Anda selesaikan dengan cepat dan akurat. Maka dari itu, untuk melancarkan proses bisnis minuman, Anda perlu menggunakan software F&B terbaik untuk mengotomatiskan kegiatan operasional bisnis minuman Anda. Software dapat mengatasi kesulitan dalam melacak ketersediaan stok bahan baku dan mengatasi miskomunikasi yang seringkali terjadi di dapur. Selain itu, sistem POS EQUIP juga dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi bisnis minuman Anda. Dapatkan demo gratisnya sekarang!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now