Ini Cara Menghitung Diskon dengan Mudah dan Benar Menggunakan Rumus

Diskon menjadi salah satu komponen dalam strategi pemasaran yang sering digunakan oleh pemilik bisnis untuk memasarkan produk atau jasa. Hal ini karena diskon sangat mempengaruhi alam bawah sadar konsumen untuk melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui cara menghitung diskon dengan benar.

Namun, hal tersebut menjadi tantangan bagi pemilik bisnis  untuk memahami cara perhitungan diskon yang tepat.Hal ini disebabkan karena strategi diskon memerlukan penghitungan yang tepat untuk menjadi salah satu return of investment yang besar bagi bisnis. Oleh karena itu, simak cara mudah menghitung diskon berikut ini!

DemoGratis

Pengertian Diskon

Diskon adalah potongan harga oleh penjual kepada pembeli untuk memengaruhi keinginan untuk membeli produk. Diskon biasanya berlaku dalam bentuk persentase atau nominal tertentu dari harga jual normal barang atau jasa. Misalnya seperti memberikan diskon sebanyak 90% atau potongan nominal Rp10.000.

Hingga saat ini, strategi menerapkan diskon menjadi salah satu cara paling efektif. Berdasarkan sudut pandang  pembeli, diskon merupakan sebuah kesempatan untuk membeli produk atau jasa dengan harga yang lebih murah. Sedangkan bagi pemilik bisnis sendiri, diskon menjadi cara meningkatkan customer baru yang nantinya diharapkan akan membeli produknya lagi.

Baca juga: Mengenal Pentingnya Sistem POS Kasir untuk Sukseskan Bisnis Retail Anda

Macam-macam Diskon

Sebagai sebuah strategi pemasaran yang sudah ada sejak lama, diskon mengalami perkembangan yang panjang. Pasalnya, saat ini sudah memiliki berbagai macam jenis dan karakteristik yang berbeda. Berikut ini adalah berbagai jenis diskon yang perlu Anda ketahui!

Diskon potongan harga

Diskon potongan harga adalah jenis diskon yang mengurangi harga asli suatu produk atau jasa dengan jumlah tertentu. Cara kerja dari diskon ini adalah menghitung selisih dari potongan yang diberikan. Jika suatu barang memiliki harga normal sebesar Rp100.000, yang di mana pemilik bisnis memberikan diskon berupa potongan harga sebesar Rp10.000. Dengan demikian, setelah proses menghitung, harga jualnya menjadi Rp80.000. Diskon jenis ini biasanya berlaku dengan waktu terbatas yang semakin meyakinkan pembeli.

Diskon persen

Hampir sama dengan diskon potongan harga, diskon yang ini juga mengurangi harga asli suatu produk atau jasa dengan jumlah tertentu. Namun, perbedaannya ada pada bentuk pengurangannya dengan menggunakan bentuk persenan. Angka persen yang sering berlaku adalah 50%, 60%, bahkan sebagian menggunakan 90% untuk diskon produk mereka.

Pemberian hadiah

Diskon pemberian hadiah adalah jenis diskon di mana sebuah toko memberikan hadiah atau bonus kepada pelanggan yang membeli produk tertentu. Misalnya adalah pembeli akan mendapatkan satu barang tambahan seperti tas, totebag, atau hadiah lain. Diskon ini biasanya pada momen-momen tertentu seperti hari raya lebaran, puasa, atau natal dengan hadiah yang sesuai dengan momennya.

Gratis ongkir

Pernahkah Anda ingin membeli suatu barang, tetapi harus kembali memendam keinginan karena harga ongkir yang ada justru lebih mahal daripada harga barang tersebut? Jika iya, diskon jenis ini merupakan salah satu diskon yang perlu Anda cari. Diskon gratis ongkir adalah jenis diskon di mana penjual atau toko online memberikan penawaran untuk mengurangi biaya pengiriman barang kepada pembeli. Pada umumnya, diskon ini berlaku dengan minimum pembelian yang sudah disesuaikan.

Diskon produk khusus

Diskon jenis ini mengacu pada produk-produk khusus yang menargetkan pada saat momen besar tertentu, seperti lebaran dan natal. Misalnya adalah produk roti dan kue tepat untuk diberikan diskon pada momen lebaran. Selain itu, pada momen valentine juga sangat cocok memberikan diskon pada produk coklat atau makanan berbau rasa coklat. Dalam penerapannya, diskon jenis ini dapat mendorong penjualan produk karena memiliki demand yang tinggi pada momen-momen tersebut. 

Beberapa Rumus dalam Menghitung Diskon 

Setelah memahami  jenis-jenisnya, Anda perlu memahami bagaimana cara menghitung rumus diskon. Hal ini cukup penting karena jika ada kesalahan penghitungan akan berdampak pada kerugian keuangan bisnis. Berikut ini adalah cara menghitung diskon dengan rumus yang perlu Anda simak!

Rumus diskon tunggal

Menghitung diskon tunggal ini terbilang sederhana, yakni dengan menggunakan rumus tunggal tanpa bertingkat. Pertama adalah mencari harga potongan penjualan dengan mengalikan harga awal dengan persentase. Setelah itu, untuk mencari harga akhir, Anda dapat mengurangi harga awal.

Misalnya, Anda membeli tas dengan harga Rp500.000 dengan diskon 20%. Berikut caramenghitungnya dengan rumus diskon tunggal, yaitu: 

Rp500.000 X 20% = Rp100.000

Kemudian, harga awal dikurangi dengan hasil perhitungan diskon tunggal, yaitu Rp500.000 – Rp100.000 = Rp400.000. Maka, harga akhir setelah diskon sebesar Rp400.000.

Rumus diskon ganda

Diskon ganda memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada diskon tunggal. Anda harus mencari dua harga diskon secara bertingkat. Rumusnya adalah sebagai berikut: 

Harga akhir = harga awal – (harga awal x diskon pertama) – ((harga awal – (harga awal x diskon pertama)) x diskon kedua)

Misalnya, harga awal suatu barang adalah Rp500.000, diskon pertama yang diberikan adalah 20%, sedangkan diskon kedua adalah 10%. 

Diskon pertama =  Rp500.000 x 20% = Rp100.000

Harga setelah diskon pertama = Rp500.000 – Rp100.000 = Rp400.000

Diskon kedua = Rp400.000 x 10% = Rp40.000,-

Harga akhir = harga setelah diskon pertama – diskon kedua 

Makaharga akhir = Rp400.000 – Rp40.000 = Rp360.000

Permudah Proses Perhitungan Diskon dengan Bantuan Software POS

cara menghitung diskon

Dalam mempermudah penghitungan, software POS menjadi salah satu rekomendasinya. Berbeda dengan alat bantu manual, software ini memungkinkan pengguna dapat mengatur aturan diskon yang berlaku. Misalnya, jika sebuah perusahaan memberikan diskon 10% untuk pembelian di atas Rp1.000.000, maka aturan ini dapat terkelola di dalam software.

Setelah itu, software akan secara otomatis menghitung nilai diskon berdasarkan nilai transaksi yang diinputkan. Hal ini dapat memudahkan proses perhitungan diskon dan menghindari kesalahan perhitungan. Tidak hanya itu, software ini juga menciptakan laporan hasil penjualan melalui diskon dengan akurat.

Baca juga: Apa itu Sistem POS dan Manfaatnya bagi Bisnis

Kesimpulan

POS

Diskon merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif. Dengan memahami cara menghitung harga suatu diskon, Anda akan dapat memaksimalkan keuntungan darinya. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan software POS dalam menghitung diskon.

Software POS dari EQUIP memiliki fitur lengkap yang memberikan kemudahan bagi bisnis Anda untuk mengelola keuangan. Hal tersebut juga termasuk cara menghitung diskon beserta laporan-laporannya. Coba demo gratis dari kami untuk menerapkannya pada bisnis Anda.

Ahmad Yusuf
Ahmad Yusuf
A highly creative and results-oriented individual with a knack for creating engaging content that drives impact.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now