Pengertian Aplikasi Penjualan Barang dan Manfaatnya untuk Bisnis

Aplikasi penjualan barang merupakan salah satu dari bentuk kemajuan teknologi yang semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bagaimana tidak, jika dahulu sebuah bisnis hanya dapat memanfaatkan tenaga kerja untuk kemajuan bisnisnya, pada era revolusi industri 4.0 ini manusia berevolusi untuk berkolaborasi dengan teknologi untuk mempermudah jalan bisnisnya.

Karena banyaknya manusia yang ingin membuka sebuah usaha, peran aplikasi penjualan barang ini dapat mempermudah bentuk operasional yang mereka butuhkan dan mampu meningkatkan efektifitas kerjanya. Seperti tujuan utama dari software procurement adalah dengan menggantikan operasional manual dengan teknologi, yang mana mampu untuk sebuah bisnis bertahan di tengah persaingan bisnis dan mampu berkembang sesuai harapan.

Aplikasi penjualan barang

Pengertian Aplikasi Penjualan Barang

Aplikasi penjualan barang merupakan sebuah software atau aplikasi yang mana membantu sebuah transaksi jual-beli sebuah bisnis menjadi lebih mudah, efisien, dan akurat. Biasanya sebuah bisnis memanfaatkan aplikasi penjualan barang bersamaan dengan penggunaan aplikasi lainnya seperti software ERP atau aplikasi lainnya yang turut membantu bisnisnya.

Tujuan aplikasi penjualan untuk bisnis adalah menambah memudahkan bisnis agar dapat beroperasi dengan lancar serta lebih mudah dalam pengelolaannya. Saat ini sudah banyak berbagai bisnis yang menggunakan aplikasi penjualan barang, contohnya adalah bisnis dari bidang F&B untuk memantau dan menghitung performa penjualan dan menghitung capaian target KPI.

Baca juga: Kiat Jitu dalam Mengelola Stok Menggunakan Aplikasi Inventory Barang

Manfaat Aplikasi Penjualan Barang Bagi Bisnis

Aplikasi penjualan barang

Aplikasi penjualan barang sangat bermanfaat bagi sebuah bisnis untuk berkembang, karena aplikasi ini mampu mendigitalisasikan proses sales dan dapat bekerja lebih mudah, cepat, dan efisien. Ada banyak manfaat bagi suatu bisnis jika menggunakan aplikasi penjualan barang sebagai program penjualan dalam usahanya, yaitu

  1. Memungkinkan pengusaha memiliki catatan transaksi yang lengkap, bersih, dan akurat 
  2. Manajemen inventaris yang lebih mudah dan risiko kesalahan manusia yang lebih minimal 
  3. Transaksi dapat dilakukan lebih cepat, lebih praktis dan lebih mudah, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan 
  4. Memungkinkan pemilik untuk memantau bisnisnya dengan lebih mudah karena riwayat transaksi akan tercatat secara otomatis oleh sistem 
  5. Membantu pemilik bisnis untuk melakukan analisis bisnisnya dengan lebih mudah, yang juga mempengaruhi strategi bisnis yang akan diterapkan 
  6. Hemat lebih banyak waktu, biaya, dan tenaga 
  7. Membantu meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis
  8. Merekam kebutuhan pelanggan secara otomatis pada sistem, sehingga mudah untuk memahami tren pasar atau kebiasaan belanja prospek potensial
  9. Memperoleh wawasan bisnis lebih rinci dan akurat melalui sales funnel.

Kelebihan tersebut akan didapatkan jika penggunaan pada aplikasi penjualan barang digunakan dengan benar. Benar secara fungsi dan manfaatnya karena setiap aplikasi memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Maka penting bagi pebisnis untuk menentukan aplikasi yang cocok dan tepat untuk bisnisnya agar mampu menerapkannya dengan baik dan benar.

Alasan Pentingnya Aplikasi Penjualan Barang Untuk Bisnis

Pentingnya aplikasi penjualan barang untuk bisnis adalah karena mampu menyederhanakan segala proses yang rumit menjadi mudah karena otomatis. Segala proses penjualan dapat terpantau dengan mudah hanya dalam satu aplikasi saja, hal ini tentunya akan jauh memudahkan pekerjaan supervisor maupun tim sales yang bekerja ke lapangan langsung. Alasan penting lainnya adalah sebagai berikut:

Mempercepat proses transaksi

Karena semua proses transaksi dapat terkoneksi menjadi otomatis, maka administrasi seperti pencatatan barang masuk, menghitung tagihan, dan lain sebagainya akan lebih mudah dan efisien. Hal ini juga mampu mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi karena prosesnya cepat dan tidak memakan waktu yang banyak.

Membuat data lebih akurat

Dengan aplikasi maka semua pencatatan penjualan akan terekam otomatis dari mulai pemesanan hingga proses pembayaran secara real time dan hasilnya pun akan jauh lebih akurat karena meminimalisir kesalahan pada human error. Dengan ini maka pebisnis tidak perlu repot-repot untuk mencatat secara manual dan menghitung secara manual dengan kalkulator.

Memudahkan manajemen inventaris

Melalui aplikasi ini, maka pebisnis akan dengan mudah untuk mengetahui stok barang mana yang habis dan mana yang tidak karena terdapat riwayat pemesanan dan pemakaian barang yang ada secara real time. Dengan ini maka pebisnis dapat memesan barang ke supplier sesuai dengan kebutuhan yang ada agar tidak ada masalah produk baku yang dipesan berlebih.

Baca juga: Tingkatan Keuntungan Bisnis Furniture dengan Software Akuntansi

Meningkatkan penjualan barang

Dengan aplikasi ini, pebisnis mampu mengetahui segala aktivitas toko mulai dari, mana produk yang paling laku terjual, kapan waktu toko yang paling sibuk, dan lain sebagainya. Dengan ini, maka pebisnis dapat membuat strategi pemasaran yang lebih baik lagi untuk meningkatkan penjualan yang lebih efektif lagi dari sebelumnya.

Membantu pelaporan analisa

Dan yang terakhir aplikasi ini memungkinkan pebisnis untuk melihat dan mengatur aktivitas kinerja karyawannya, ketersediaan produk baku, melacak pengeluaran, dan melihat pendapatan yang ada. Hal ini dapat terlihat pada aplikasi dan pebisnis dapat senantiasa untuk melihatnya kapan dan dimana saja.

Fitur yang Terdapat Pada Aplikasi Penjualan Barang

sale of goods

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa setiap aplikasi memiliki keunggulan pada fiturnya antara satu dengan yang lainnya. Fitur-fitur ini memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pebisnis dapat meningkatkan bisnisnya. Maka dari itu pebisnis perlu untuk memperhatikan fitur-fitur yang harus ada dalam aplikasi penjualan barang sebelum memilihnya untuk bisnisnya. Berikut adalah beberapa fitur yang harus dan wajib ada pada aplikasi penjualan barang:

Aplikasi mobile

Aplikasi penjualan harus dan wajib untuk mendukung akses mobile sehingga tim sales tidak kehilangan data produktivitas dan fungsionalitasnya jika mereka tidak berada di kantor. Lebih baik lagi jika tim sales tetap bisa mengakses data saat dalam keadaan offline sekaligus agar menghindari data input yang lebih dari satu.

Reporting detail

Fitur ini mampu memberikan laporan secara detail mengenai kinerja individu maupun perusahaan gunanya agar target matriks KPI terpenuhi. Selain itu fitur ini juga dapat melihat kendala yang tim sales  hadapi dan langsung dapat melakukan penyelesaian masalahnya. Laporan pada fitur ini juga berguna sebagai data valid dalam menyusun sebuah strategi bisnis.

Lead management

Fitur ini dapat memudahkan pebisnis untuk melacak prospek potensial dengan sumbernya, memberi pemicu peringatan, menindaklanjuti prospek sampai mencapai kesepakatan atau close deal. Dengan fitur ini pebisnis mampu menentukan target audiensnya dengan baik sehingga kampanye/ bentuk promosi yang akan dilakukan sesuai dengan targetnya.

Otomatisasi dokumen

Suatu bisnis yang menggunakan fitur ini biasanya memiliki kinerja yang lebih baik dari pesaingnya. Karena fitur ini mampu mengotomatiskan dokumen secara real time setiap pembaruan prospek. Dengan hal ini tim sales mampu mengirimkan respon yang tepat saat prospek menghubungi bisnis, sebab data yang ditampilkan adalah data yang akurat dan terbaru.

Integrasi aplikasi penjualan barang dengan omnichannel

Fitur ini mendukung aplikasi penjualan barang untuk terhubung dengan aplikasi pendukung lainnya. Dengan ini pebisnis mampu mendapatkan prospek sebanyak-banyaknya dan mempermudah dalam bertransaksi dengan pelanggan. Selain itu fitur ini juga mempercepat close deal yang dapat meningkatkan penjualan.

Baca juga: Digitalisasi Pembuatan Laporan Stok Barang dengan Software Inventory

GPS tracking

Pada fitur pelacak GPS ini, dapat membantu sales manager untuk monitoring keberadaan tim sales saat berada di luar kantor. Fitur ini akan menampilkan laporan waktu, lokasi check-in  dan check-out untuk masing-masing tim sales. Hal ini mampu membuat aplikasi selalu up-to-date dengan kondisi lapangan secara real time.

Kesimpulan

Aplikasi penjualan barang

Sebagai pebisnis, pasti menginginkan usahanya terus berkembang sehingga mendapatkan banyak keuntungan. Dengan hal ini salah satu cara yang mereka dapat lakukan adalah menggunakan aplikasi penjualan barang sebagai penunjang usaha bisnis mereka. Karena aplikasi penjualan barang ini berguna untuk membantu proses bisnis yang rumit menjadi lebih mudah karena dibantu dengan sistem otomatis. Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi pebisnis karena dengan mudah memantau bisnisnya kapan pun dan meminimalisir kesalahan yang akan terjadi. 

Salah satu aplikasi yang dapat pebisnis gunakan adalah aplikasi Software Procurement milik EQUIP.  Aplikasi ini memiliki keunggulan yaitu didesain untuk memberikan kemudahan pada pengelolaan pengadaan barang dari berbagai jenis perusahaan dan industri. Dengan ini seluruh kegiatan pembelian bisnis Anda mulai dari biaya procurement yang lebih efisien, sederhanakan pengelolaan purchasing untuk multi cabang hingga analisa stok yang komprehensif, semuanya terintegrasi dalam satu sistem pembelian yang lengkap.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA