Manfaat Software Akuntansi Bagi Perusahaan Jasa Konstruksi

Perusahaan jasa konstruksi seringkali menghadapi berbagai kendala dan tantangan yang menghambat pertumbuhan dan efisiensi bisnis. Salah satu aspek kritis dalam menjalankan operasional perusahaan konstruksi adalah manajemen keuangan yang tepat dan akurat. Namun, dengan munculnya software akuntansi, perusahaan jasa konstruksi dapat mengatasi kendala-kendala tersebut dengan mudah.

Oleh karena itu, software ini sangat penting bagi perusahaan kompleks semacam konstruksi. Lalu, apa yang dimaksud dengan software ini dan mengapa perusahaan konstruksi begitu membutuhkannya? Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai software akuntansi bagi perusahaan jasa konstruksi yang perlu Anda simak!software akuntansi perusahaan konstruksi

Apa Itu Software Akuntansi untuk Perusahaan Kontraktor?

Software akuntansi kontraktor adalah solusi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan akuntansi dalam industri konstruksi. Berbeda dengan perangkat lunak akuntansi secara umum, software kontraktor ini menyediakan fitur-fitur untuk memenuhi kebutuhan akuntansi yang kompleks dalam bisnis konstruksi. Oleh sebab itu, software ini dapat membantu perusahaan kontraktor untuk membuat estimasi biaya proyek yang akurat.

Tidak hanya itu, sistem akuntansi ini memungkinkan perusahaan untuk mencatat semua biaya terkait proyek konstruksi, seperti pembelian material, upah pekerja, hingga biaya overhead. Kemudian, dengan pemantauan pengeluaran secara real-time, perusahaan dapat melacak dan mengelola anggaran dengan lebih baik. Selain itu, software ini juga membantu dalam mengelola inventaris, termasuk pemantauan stok, pembelian, dan pembaruan inventaris.

Manfaat Software Akuntansi bagi Bisnis Kontraktor

aplikasi keuangan Bagi Perusahaan kontraktor

Dengan beragam fiturnya yang sangat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kontraktor, software ini menjadi sangat berguna bagi bisnis ini. Manfaatnya pun mulai dari manfaat jangka pendek hingga manfaat jangka panjang. Berikut ini adalah manfaat dari software akuntansi perusahaan jasa konstruksi yang perlu Anda ketahui!

1. Mengoptimalkan pencatatan piutang dan hutang secara akurat

Aplikasi akuntansi kontraktor memungkinkan perusahaan untuk mencatat transaksi piutang dan hutang dengan cara yang lebih terstruktur dan sistematis. Kemudian, efek yang akan perusahaan rasakan adalah beberapa jenis data akan tercatat secara akurat dan tepat waktu. Tidak hanya itu, software ini dapat membantu perusahaan untuk meminimalisir risiko kesalahan yang mungkin terjadi dalam pencatatan manual. 

2. Meningkatkan kepercayaan klien 

Aplikasi akuntansi kontraktor memungkinkan perusahaan untuk menyajikan informasi keuangan yang jelas dan terperinci kepada klien. Dengan menggunakan fitur pelaporan yang canggih, perusahaan dapat memberikan laporan keuangan yang akurat, termasuk laporan laba rugi, neraca, hingga arus kas. Dengan demikian, dapat membantu menciptakan kepercayaan bahwa bisnis memiliki praktik akuntansi profesional.

3. Menyediakan informasi data yang lengkap dan valid

Aplikasi ini menyediakan fitur pelacakan yang terperinci untuk berbagai aspek keuangan, termasuk biaya proyek, piutang, hutang, hingga inventaris. Kemudian, data-data ini akan terlacak secara sistematis dan terstruktur untuk memastikan bahwa informasinya lengkap dan valid. Terlebih lagi, dengan fitur rekonsiliasi data ini memungkinkan perusahaan untuk memastikan kecocokan dan validitas data yang disimpan dalam aplikasi.

4. Terintegrasi dengan sistem pengajuan pajak

Beberapa aplikasi akuntansi kontraktor dapat terintegrasi dengan sistem perpajakan yang digunakan oleh otoritas pajak. Akibatnya, integrasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan laporan pajak atau pengajuan pajak secara langsung melalui aplikasi. Dengan demikian, sistem ini dapat membantu perusahaan untuk menghemat waktu dan mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi dalam pengajuan pajak manual.

5. Tersedianya fitur untuk membuat laporan keuangan

Aplikasi akuntansi kontraktor menyediakan fitur otomatisasi untuk menghasilkan laporan keuangan. Khususnya memudahkan pengguna untuk mendapatkan laporan laba rugi, neraca, arus kas, dan laporan keuangan lainnya dengan sekali klik.  Selain itu, beberapa aplikasi akuntansi kontraktor dapat terintegrasi dengan sistem eksternal, seperti sistem manajemen proyek atau sistem manajemen persediaan.

Beberapa Pertimbangan dalam Memilih Software Akuntansi Kontraktor

aplikasi keuangan Bagi Perusahaan kontraktor

Untuk dapat menerapkan dengan efektif, Anda perlu untuk memilih software akuntansi yang berkualitas. Hal ini cukup penting mengingat memilih software tentu juga berkaitan dengan kualitas perusahaan. Berikut ini adalah indikator-indikator yang perlu diperhatikan saat memilih software akuntansi dalam perusahaan jasa konstruksi.

1. Kebutuhan perusahaan

Setiap perusahaan kontraktor memiliki masing-masing kebutuhan penggunaan software akuntansi. Oleh sebab itu, dalam memilih software untuk kontraktor, perusahaan harus memastikan bahwa fitur dan fungsionalitasnya dapat memenuhi kebutuhan secara efektif. Contohnya, beberapa perusahaan memerlukan fitur untuk melacak anggaran proyek, penggajian karyawan proyek, manajemen subkontraktor, atau pelaporan pajak khusus.

2. Akses & portabilitas

Dalam industri konstruksi, seringkali terdapat kebutuhan untuk berbagi data dan informasi dengan pihak eksternal, seperti subkontraktor, konsultan, hingga klien. Oleh karena itu, perusahaan harus memilih software akuntansi yang dapat mendukung portabilitas data agar lebih mudah membagikan laporan keuangan. Sedangkan, aksesibilitas berhubungan dengan kemampuan untuk mengakses software melalui berbagai macam platform.

3. Keamanan data

Perusahaan kontraktor memiliki banyak jenis data yang sangat sensitif, seperti informasi keuangan perusahaan, data pelanggan, informasi proyek, hingga data pribadi karyawan. Maka dari itu, keamanan data yang baik akan melindungi kerahasiaan informasi tersebut dari kebocoran. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk mencegah pencurian identitas, penyalahgunaan informasi, atau kerugian finansial.

4. Integrasi dengan sistem lain

Perusahaan kontraktor pada umumnya menggunakan berbagai sistem untuk mengelola berbagai aspek operasional, seperti manajemen proyek, manajemen persediaan, atau perencanaan sumber daya perusahaan (ERP). Dengan kata lain, perusahaan memerlukan software akuntansi yang dapat terintegrasi dengan sistem lain. Maka, hal ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi kesalahan manusia.

5. Biaya

Return on investment (ROI) adalah parameter penting dalam mengevaluasi nilai investasi. Berdasarkan hal tersebut, perusahaan harus mempertimbangkan bagaimana penggunaan software kontraktor tersebut dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kinerja bisnis secara keseluruhan. Akibatnya, evaluasi biaya harus sehubungan dengan potensi ROI yang dapat diperoleh dari penggunaan software akuntansi.

Rekomendasi Software Akuntansi Perusahaan Jasa Konstruksi

Software Akuntansi Perusahaan konstruksi

Pilihan software yang paling mumpuni adalah akuntansi dari EQUIP. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan kemampuan yang terintegrasi, EQUIP dapat membantu perusahaan mengelola keuangan mereka dengan efisien dan efektif. Software ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan industri konstruksi, termasuk pelacakan biaya proyek, manajemen anggaran, dan pelaporan keuangan yang akurat.

Salah satu kelebihan utama dari EQUIP adalah kemampuannya untuk mengelola kompleksitas proyek konstruksi. Dengan fitur pelacakan biaya proyek yang canggih, perusahaan dapat dengan mudah memantau pengeluaran dan memastikan bahwa proyek tetap dalam anggaran. Selain itu, EQUIP juga memungkinkan pengelolaan kontrak dan subkontrak sehingga memudahkan dalam melacak kinerja vendor.

Kesimpulan

Software akuntansi perusahaan jasa konstruksi memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan dalam perusahaan kontraktor. Software ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan akuntansi yang kompleks dalam bisnis konstruksi, mulai dari estimasi biaya proyek hingga pengelolaannya. Dengan menggunakan software akuntansi kontraktor, perusahaan dapat mempermudah segala aktivitas operasional dalam bisnis konstruksi.

software akuntansi perusahaan konstruksi

Jika Anda mencari solusi software akuntansi kontraktor yang dapat memenuhi kebutuhan unik perusahaan konstruksi Anda, Software accounting dari EQUIP menjadi yang unggul. Dengan fitur-fiturnya, software ini memiliki tingkat keamanan data yang tinggi dan terintegrasi dengan sistem lain. Coba gratis sekarang untuk menerapkannya pada perusahaan Anda!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now