Rekomendasi Aplikasi Akuntansi UMKM Terbaik untuk Bisnis Anda

Untuk mendukung kelancaran dalam menjalankan bisnis UMKM, perlu bantuan aplikasi akuntansi UMKM. Mencatat transaksi keuangan secara manual dalam buku tulis tentu sudah ketinggalan zaman. Selain itu, mencatat transaksi bisnis yang berjalan setiap harinya atau setiap bulannya di buku membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Belum lagi terjadinya human error saat kesalahan dalam menulis atau menghitung total transaksi. Hal ini tentu tidak efektif, apalagi jika bisnis UMKM anda sudah berkembang. Lantas, bagaimana dengan menggunakan Ms.Excel? Penggunaan Ms. Excel sebenarnya lebih praktis, hanya saja anda harus memahami dan menghafal rumus-rumus dalam Excel untuk memudahkan penggunaan. 

Jika tidak, otomatis penggunaan Ms Excel bukannya mempermudah malah mempersulit proses transaksi bisnis anda. Apalagi untuk membuat laporan keuangan, anda harus mahir membuat laporan yang rapi di Excel. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Karena itulah, aplikasi akuntansi hadir untuk membuat semuanya lebih mudah dan praktis, anda tidak perlu repot-repot melakukan pencatatan dan perhitungan secara manual. Ingin tahu, kenapa harus menggunakan aplikasi akuntansi untuk UMKM? Simak penjelasannya!

Aplikasi Akuntansi UMKM

Pentingnya Aplikasi Akuntansi Untuk Bisnis UMKM

Supaya bisnis UMKM anda berjalan lancar, sudah saatnya memanfaatkan teknologi digitalisasi dengan proses pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan memakai sistem aplikasi akuntansi UMKM. 

Jika dibandingkan dengan mencatat transaksi keuangan dengan cara manual, maka anda bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi untuk membantu memudahkan dan mempercepat proses pencatatan. Ini ada beberapa alasan kenapa UMKM wajib memiliki aplikasi akuntansi : 

1. Perhitungan Laba Jelas

Perhitungan laba bagi proses bisnis, dapat menentukan seberapa baik kinerja UMKM yang anda miliki. Apabila laba yang anda peroleh cukup banyak, tentu saja UMKM dapat dikatakan aman. Namun sebaliknya, apabila laba yang bisnis anda terima hanya sedikit. Ini artinya UMKM Anda dalam kondisi kurang baik. Laba perusahaan tidak bisa dihitung asal-asalan.

Jika anda tidak tahu bagaimana rumut perhitungan laba, maka aplikasi akuntansi UMKM yang akan membantunya dengan mencatat setiap transaksi sekaligus dapat mengakumulasi data-data yang telah dikumpulkan. Dengan begitu, laba yang didapat bisa diketahui dengan jelas.

2. Mencatat Transaksi UMKM

Dalam setiap transaksi keuangan yang terjadi harus tercatat dan terhitung dengan akurat. Sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan serta perhitungannya. 

Aplikasi akuntansi mempunyai fitur untuk mencatat transaksi-transaksi UMKM dengan akurat dan tepat. Selain itu, juga dapat menghitung akumulasi transaksi dengan cara otomatis. 

3. Membuat Laporan Keuangan

Mencatat laporan keuangan merupakan hal terpenting bagi bisnis UMKM. Melalui laporan keuangan ini dapat Anda ketahui kondisi UMKM itu sendiri. Apakah untung ataukah merugi? sehingga anda bisa membuat langkah tepat bagi bisnis selanjutnya. Semua manfaat dan kelebihan menggunakan aplikasi akuntansi di atas bisa anda dapatkan jika memilih software akuntansi Equiperp.

Contoh Aplikasi Akuntansi UMKM

Berikut ada beberapa aplikasi akuntansi UMKM, diantaranya : 

1. EQUIPERP

Equiperp adalah rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik yang ditujukan untuk usaha UMKM, karena bisa mengotomatisasi dan memadukan berbagai fungsi bisnis yang utama, antara lain pemrosesan pesanan, gudang, keuangan dan pengiriman.

Aplikasi akuntansi dari EQUIP adalah software terbaik yang dapat mengoptimalkan performa bisnis maksimal. EQUIP yaitu provider aplikasi berbasis manajemen bisnis yang inovatif dengan harga terjangkau yang menawarkan herga terjangkau tanpa batasan jumlah kapasitas pengguna dan sudah tersematkan fitur lengkap. 

Anda dapat mengelola bisnis melalui sistem otomatis yang terintegrasi, dengan beberapa fitur berikut : 

  • Dapat mengelola operasional bisnis hanya dalam sistem 1 dashboard terpusat.
  • Bisa mengotomatiskan proses UMKM dengan sistem pembelian, penjualan, akuntansi dan manajemen inventaris hanya pada satu platform.
  • Dapat meningkatkan efisiensi pada manajemen penjualan, komisi penjualan dan miltiprice.

Aplikasi akuntansi UMKM EQUIPERP menawarkan all in one solution yang dapat mengotomatiskan sistem pengelolaan bisnis berjalan lancar hanya dalam satu platform saja.

Aplikasi akuntansi untuk UMKM memang sangat fleksibel dan mudah. Penggunaan EQUIPERP oleh para pelaku bisnis perlukanuntuk operasional usaha. Antara lain untuk pengelolaan karyawan, persediaan stok barang, inventaris barang, pembelian dan penjualan, laporan kas, dan jurnal umum serta kas. 

2. SiAPIK

Aplikasi SiApik adalah salah satu aplikasi akuntansi yang sederhana dan terdesain langsung oleh BI (Bank Indonesia) bagi para pelaku bisnis UMKM dengan keterbatasan staf akuntansi. Oleh karena itu untuk pengoperasiannya cukup mudah Anda lakukan. 

3. Aplikasi Lamikro

Aplikasi Lamikro adalah perangkat lunak yang telah didirikan oleh Kementrian Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) lewat Deputi bidang SDM bagi para pelaku bisnis mikro pemula. Termasuk aplikasi pembukuan yang sederhana bagi usaha mikro dan dapat terpakai lewat smartphone android. 

Pengguna dapat mengaksesnya kapan saja, aplikasi ini bersifat fleksibel. Ada beberapa pilihan fitur yang dapat gunakan, antara lain : 

  • Entri jurnal, adalah catatan transaksi akuntansi sesuai dengan urutan kronologi, yakni ketika terjadinya transaksi.
  • Daftar jurnal, adalah rincian seluruh transaksi keuangan beserta akun-akun tertentu yang berpengaruh terhadap transaksi tersebut. Sehingga, Seluruh transaksi keuangan sebuah organisasi atau badan usaha yang telah didaftar dan dicatat dengan cara kronologis, untuk mendata sesuai transaksi yang dimasukkan ke dalam entri jurnal. 
  • Laba rugi, bagian pada laporan keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi melalui penjabaran beberapa unsur penghasilan beserta beban perusahaan, dan menghasilkan rugi atau laba bersih.

4. Aplikasi Finansialku

Finansialku adalah aplikasi keuangan untuk sahabat UKM yang dapat membantu merencanakan keuangan sekaligus melakukan pengelolaan keuangan. Tujuannya agar pemilik UKM bisa mengontrol keuangan usaha dan bisa mencapai tujuan bisnis. 

Aplikasi Finansialku memungkinkan penggunanya memperoleh edukasi keuangan. Pengguna dapat memperoleh informasi terkini mengenai keuangan dalam berbagai macam media.

Aplikasi Akuntansi UMKM Terbaik di Indonesia

Rekomendasi aplikasi akuntansi UMKM yang dapat anda gunakan di antara keempat aplikasi di atas adalah EQUIPERP. Software ERP yang terintegrasi ke seluruh bagian perusahaan, menjadikan semuanya lebih praktis dan mudah. 

Implementasi dari perangkat lunak berbasis ERP harus mempunyai strategi melalui kontribusi setiap pihak terkait. Bisnis apapun dapat memperoleh hasil nyata dengan pemakaian software ERP yang telah terintegrasi. Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan Equiperp, antara lain : 

  • Business Intelligence, memungkinkan anda untuk memperoleh insight secara menyeluruh ke semua proses bisnis hanya dalam satu layar saja.
  • Industry Expert, EQUIP telah dikembangkan ahli teknologi dan bisnis yang profesional dan berdedikasi. 
  • All in One Solution, anda tidak perlu lagi memakai banyak perangkat lunak untuk dapat mengotomatiskan sistem pengelolaan bisnis. 

Kesimpulan

Aplikasi Akuntansi UMKM

Memilih software akuntansi yang tepat bukan hal yang mudah Anda lakukan. Namun, anda bisa memilih EQUIP ERP sebagai mitra anda untuk membantu menyelesaikan operasional bisnis dalam waktu yang cepat dan terintegrasi.

Kelola bisnis anda dengan lebih praktis dan sederhana melalui Aplikasi akuntansi UMKM dari Equiperp yang telah terancang oleh tim ahli dalam bidangnya. Anda bisa mengakses software kapanpun sesuka Anda. Proses pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah, praktis, simpel, dan akurat dengan meminimalkan resiko terjadinya kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan. Optimasi bisnis anda dengan aplikasi akuntansi UMKM terbaik Equiperp sekarang juga!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA