Rekomendasi Wholesale Software terbaik dan 5 Fitur Pentingnya!

Hari raya Idul Fitri merupakan hari yang sangat bermakna bagi umat islam sebab mereka dapat berkumpul dengan keluarga dan saling memaafkan. Bicara mengenai hari lebaran, nampaknya tak lepas dari makanan, minuman, dan pakaian. Banyak pelaku bisnis grosir yang akan membeli barang kepada produsen dalam jumlah besar untuk dijual kembali guna meraih keuntungan terutama saat bulan puasa. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang beralih menggunakan wholesale software yakni perangkat lunak grosir untuk mempermudah kelancaran bisnis.

Seperti yang kita ketahui akan merepotkan apabila perusahaan menjalankan kegiatan bisnis dengan menggunakan metode manual. Sehingga, penggunaan wholesale software sangat berpengaruh bagi kelancaran perusahaan tersebut. Sistem ERP trading terbaik dapat menyederhanakan manajemen pelanggan, inventaris, keuangan dan lainnya. 

Perangkat lunak ini memang dikhususkan untuk memudahkan bisnis grosir karena bisa  mengotomatiskan proses bisnis mulai dari pembelian hingga pelacakan penjualan. Saat menjelang lebaran, pelaku usaha akan banyak menyetok barang misalnya saja kue lebaran. Dengan  software grosir terlengkap, Anda dapat mengetahui tanggal kadaluarsa setiap produk secara otomatis. Sehingga, tak ada barang yang terbuang secara percuma.

Di sisi lain, bisnis grosir merupakan salah satu strategi penjualan yang paling menguntungkan karena akan selalu berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Adanya software ERP trading tercanggih maka, seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penjualan akan berjalan lebih efisien. Tidak hanya berfungsi untuk mempermudah kegiatan bisnis, namun Anda juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan melalui software grosir terpercaya.

 

Pengertian Wholesale Software

wholesale software
sumber: equiperp.com

Biasanya, pelaku bisnis sering mengalami kesulitan dalam memperhitungkan stok barang terutama saat menjelang lebaran. Aplikasi grosir atau wholesale software adalah perangkat lunak yang dapat meningkatkan efektivitas bisnis grosir. Anda dapat menjaga ketersediaan stok di gudang dan pembelian dengan estimasi yang tepat dan akurat. Sehingga, kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda akan meningkat. 

Selain itu, perangkat ini mampu mengotomatiskan manajemen prospek, procurement, dan proses akuntansi. Apabila Anda menggunakan software grosir dari EQUIP, maka anda tak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengecek data yang sudah Anda kerjakan dan penyimpanan akan lebih aman karena menggunakan cloud ERP. Aplikasi grosir dapat berjalan dengan cepat dan bisa Anda akses secara mudah melalui smartphone supaya kegiatan bisnis dapat lebih baik. 

Modul-modul dalam Wholesale Software

Wholesale software memberikan kemudahan bagi pengguna agar siapa saja dapat memakai software ini hanya melalui beberapa pelatihan saja. Adanya pengelolaan laporan keuangan yang akurat membantu proses pencatatan dan transaksi berjalan dengan otomatis di satu sistem terintegrasi. Karena sudah terancang pada satu sistem maka pemilik bisnis UMKM tak perlu lagi menyediakan infrastruktur seperti server yang harganya mencapai puluhan juta rupiah dan tentunya akan lebih menghemat biaya operasional dan tenaga kerja. Berikut adalah fitur penting yang ada pada wholesale software.

Accounting

Banyaknya transaksi jual beli yang harus Anda hadapi bisa menyebabkan terjadinya kesalahan ketika menghitung laporan keuangan seperti arus kas, laba rugi, dan lain sebagainya. Wholesale software menawarkan modul akuntansi yang bisa membantu Anda untuk mengurangi proses accounting manual yang memakan waktu seperti pembukuan, kalukasi depresiasi aset, dan lainnya. 

Adanya informasi secara real time memampukan perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Anda bisa mengetahui kondisi keuangan di setiap cabang bisnis dengan analisis yang mendalam. Profitabilitas menjadi meningkat karena penghitungan budget yang lebih tepat. Pembayaran pajak untuk setiap pembelian akan lebih mudah karena sistem ini sudah terintegrasi dengan E-Faktur dan menyediakan berbagai macam desain template untuk pembuatan invoice, struk, dan voucher. Kelola semua hanya dalam hitungan menit.

Baca juga: Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Sales

Semakin besar bisnis grosir yang Anda jalankan maka akan semakin banyak pula pelanggan yang berdatangan. Modul kedua yang wholesale software berikan dapat mengelola dan melacak ribuan sales order hanya dalam satu layar. Selain itu, Anda bisa mengidentifikasikan upaya pemasaran paling efektif menggunakan aplikasi penjualan untuk mengetahui channel mana yang paling efektif. Optimalkan cash flow melalui pembayaran tagihan klien yang tepat waktu dengan bantuan reminder otomatis. Tidak sampai di sana modul ini membantu Anda dalam menghitung komisi penjualan secara akurat berdasarkan target yang dicapai oleh setiap sales person. 

CRM

CRM dirancang untuk mengotomatiskan pengelolaan prospek dan klien dari berbagai tipe industri dan perusahaan. Misalnya, Anda bisa memantau perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap lainnya secara mudah dengan fitur drag and drop. Adanya sistem loyalty point dan reward untuk setiap customer tentunya dapat meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan. 

Konsumen yang banyak dari berbagai tempat bisa membuat Anda sebagai penjual kebingungan. Namun, fitur CRM memampukan bisnis grosir untuk menyederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan melalui sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok umur, hingga lokasi. Tidak sampai disana, Anda bisa menghasilkan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam lewat modul ini serta hasilkan proyeksi keuntungan dari setiap penjualan hanya dengan satu klik menggunakan CRM EQUIP .

Purchasing

Modul purchasing dari wholesale software telah dilengkapi dengan E-Catalogue untuk memudahkan proses procurement dan melacak semua purchase request dari berbagai divisi di satu layar. Fitur ini juga membantu dalam meminimalkan kesalahan input data dan menyederhanakan pembuatan faktur, tagihan dan pembayaran secara otomatis. Selain itu, Anda bisa membuat approval matrix yang fleksibel dan menekan pemborosan. Kelola tender pembelian dari berbagai vendor dengan perbandingan request for quotation (RFQ) dan perusahaan bisa mendapatkan laporan lengkap seputar kinerja vendor dan supplier bisnis Anda melalui fitur Vendor Evaluation System dari EQUIP. 

Inventory

Optimalkan tingkat persediaan, pemantauan proses stock transfer, estimasi kebutuhan inventaris, dan efektifkan pengelolaan stok di setiap lokasi melalui modul ini. Selain itu, pelaku usaha grosir bisa dengan mudah dalam mengelola ribuan SKU. perpindahan stok barang dan lokasi menjadi lebih terarah dan terpantau. Masalah yang sering terjadi adalah ketidaktahuan stok barang di gudang. Fitur inventory dapat mencegah terjadinya penimbunan barang guna menghindari barang yang kadaluarsa. Rekomendasi reordering yang otomatis memampukan Anda untuk membuat forecasting stock lebih mudah. Sistem yang canggih memberikan kemudahan dalam proses stock opname dengan mobile apps yang lengkap dengan QR atau barcode. Anda juga tidak perlu risau dengan banyaknya stok di gudang yang berbeda karena lewat fitur ini Anda bisa menghasilkan laporan valuasi inventaris barang secara detail.

Baca juga: Retail Software: Pengertian, Fungsi dan Manfaat, Keuntungan, dan 5 Rekomendasi

Tips Memilih Wholesale Software yang Tepat bagi Bisnis Grosir

wholesale software
sumber: equiperp.com

Banyak vendor penyedia layanan software yang dapat Anda temui. Namun, penting bagi Anda untuk bijak dalam memilih perusahaan software. Carilah vendor yang dapat bertanggung jawab saat perangkat lunak yang Anda gunakan mengalami masalah dan menerapkan praktik terbaik untuk memastikan kelancaran penerapan sistem guna mencapai kepuasan Anda sebagai pembeli. Selain itu, gunakan software yang dapat dipakai sebanyak mungkin pengguna dalam satu perusahaan yang sama tanpa biaya tambahan. Sesuaikan juga dengan kebutuhan bisnis agar tidak salah dalam memilih perangkat lunak dan pastikan pula bahwa perangkat lunak yang Anda pilih sudah tersistem secara modern serta dapat di kustomisasikan.

Rekomendasi Wholesale Software Terbaik untuk Efektifkan Kegiatan Bisnis Anda

Dengan mengetahui tips memiih software serta kebutuhan dan skala bisnis Anda, Anda dapat memilih wholesale software yang paling sesuai untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang dapat Anda coba:

EQUIP

Software ini menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu mengoptimalkan operasi bisnis grosir Anda. Software dari EQUIP menawarkan manajemen persediaan yang efisien, pemantauan pesanan yang akurat, manajemen pelanggan yang komprehensif, serta fitur pelaporan yang mendalam. Dengan kemampuan skalabilitasnya, EQUIP dapat digunakan oleh bisnis grosir berbagai skala, baik kecil maupun besar.

Selain itu, EQUIP juga menawarkan fitur pemantauan pesanan yang akurat. Anda dapat mengelola pesanan pelanggan dengan mudah, melacak status pesanan secara real-time, dan memberikan estimasi pengiriman yang tepat kepada pelanggan. Hal ini membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga reputasi bisnis Anda selama periode sibuk seperti musim Lebaran.

HashMicro

Software wholesale yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis distribusi dan grosir. Software ini menawarkan fitur lengkap, mulai dari manajemen persediaan yang canggih, pemantauan pesanan real-time, manajemen pelanggan, hingga fitur akuntansi yang terintegrasi. HashMicro juga menawarkan solusi yang dapat pengguna sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan unik bisnis  selama musim Lebaran.

QuickBooks Commerce

Seperti software pada umumnya, QuickBooks Commerce dapat mengelola persediaan, pesanan, faktur, dan pelanggan. Software ini memungkinkan sinkronisasi dengan platform e-commerce, integrasi dengan sistem akuntansi, serta menyediakan laporan  yang membantu Anda mengambil keputusan. Software ini dapat berguna untuk bisnis grosir dengan skala yang beragam.

NetSuite

Platform yang mencakup berbagai modul bisnis, termasuk manajemen persediaan, penjualan, keuangan, dan manufaktur. Hal tersebut dapat  pengguna gunakan untuk mengatur grosir dan distribusi dengan skala besar. Selain itu, NetSuite juga dapat terinetgrasi dengan sistem lainnya untuk meningkatkan efektivitas bisnis.

Acumatica

Sofware manajemen bisnis yang dapat melakukan manajemen stok barang dalam operasi grosir. Dengan fiSeperti software pada umumnya, Acumatica dapat melakukan manajemen pesanan, analitik dan pelaporan, serta kemampuan integrasi. Maka, hal tersebut dapat membantu bisnis grosir dalam mengoptimalkan pengelolaan persediaan, meningkatkan efisiensi operasional, dan membuat keputusan yang lebih baik.

Kesimpulan

Wholesale software

Usaha grosir adalah bisnis yang kompetitif karena terkait langsung dengan semua industri dan rantai pasokan. Pengadaan stok barang yang kerap tidak sesuai perhitungan menyebabkan banyak perusahaan kesulitan dalam menjalankan kegiatan bisnis. Wholesale software dapat menjadi pilihan Anda untuk mempermudah usaha trading. Sederhanakan manajemen pelanggan, pembelian, pemasok, kontrol inventaris, dan fungsi bisnis lainnya dengan menggunakan sistem ERP trading dari EQUIP.

Demo Gratis EQUIP ERP Sekarang Untuk Bantu Bisnis Grosir Naik Level!

Wholesale software dari EQUIP dapat membantu dalam pengelolaan manajemen stok barang menjadi lebih mudah dan akurat pada beberapa gudang dan lokasi. Sehingga, tidak ada lagi kesulitan dalam menghadapi pesanan pelanggan. Perangkat lunak EQUIP memiliki desain yang mudah untuk Anda operasikan bahkan bagi yang baru pertama kali menggunakannya. Dapat dikonfigurasi oleh pengguna dan hanya membutuhkan beberapa kali sesi pelatihan. Fitur dari EQUIP ini telah terlokalisasi sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now