Tips Sukses Menjalankan Bisnis Buku dengan Bantuan Software CRM

Saat ini, membuka toko buku tidak hanya selalu membuka gerai atau toko di suatu tempat. Zaman sekarang, Anda dapat menjalankan bisnis buku secara online. Bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, mengingat perkembangan zaman saat ini berbisnis buku secara online merupakan solusi yang tepat untuk Anda memulai bisnis. Penggunaan software CRM terbaik dapat menemukan target market yang tepat untuk bisnis buku.

Penggunaan software CRM terintegrasi perlu Anda pertimbangkan untuk meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda. Selain itu, masyarakat akan terus memerlukan buku untuk memenuhi kebutuhan pendidikannya, serta bagi beberapa masyarakat yang gemar membaca buku dengan genre tertentu. Tidak hanya untuk berbisnis online, software CRM yang tepat juga dapat Anda gunakan pada bisnis buku offline store. Dapatkan update penjualan dan aktivitas lainnya secara real-time dengan software CRM EQUIP. Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui tips sukses dalam menjalankan bisnis buku!

bisnis buku

Daftar Isi

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Buku

Dalam berbisnis, tentunya terdapat tips sukses yang dapat Anda jalankan. Terutama dalam berbisnis buku, buku akan terus diperlukan oleh banyak masyarakat di dunia. Maka dari itu, berikut beberapa tips sukses yang dapat Anda lakukan:

1. Lakukan riset pasar

Riset pasar atau market research merupakan kegiatan penelitian dalam aktivitas pemasaran. Riset pasar perlu Anda lakukan saat Anda memulai bisnis, karena berkaitan dengan strategi marketing akan produk. Pemasaran ini perlu Anda lakukan secara sistematis, Anda perlu mengumpulkan informasi terkait bisnis buku. Selain itu, Anda perlu mengetahui seberapa besar orang akan membeli buku, jenis bukunya dan lainnya. 

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

2. Ketahui jenis buku yang ingin dijual

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis ini, Anda perlu untuk menentukan jenis buku apa saja yang akan Anda tawarkan kepada calon konsumen atau pelanggan. Menentukan jenis buku merupakan langkah yang perlu Anda perhatikan. Anda dapat menyediakan jenis buku yang banyak digemari oleh banyaknya konsumen berdasarkan target pasar. 

bisnis buku online

3. Tentukan target pasar

Target pasar merupakan kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan bisnis Anda untuk membeli buku yang Anda jual. Setelah menentukan target pasar, Anda akan lebih mudah untuk melakukan pemilihan buku dan memasarkan bisnis Anda. Jika Anda telah menemukan genre buku yang akan laku di pasaran maka Anda perlu mempersiapkan dan merapikan buku tersebut.  

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

4. Bergabung dalam komunitas buku

Anda dapat bergabung komunitas buku untuk memahami jenis buku apa yang banyak orang cari dan sukai. Anda dapat menemukan komunitas membaca online melalui website tertentu. Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk networking dengan seorang penerbit buku. Sehingga harga akan lebih murah dari harga pasaran jika Anda membeli buku yang dijual langsung di penerbitan. 

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

5. Buka toko buku di e-commerce

Membuka toko buku di e-commerce merupakan solusi tepat, karena akan lebih mudah bagi calon konsumen untuk melihat terlebih dahulu review dan testimoni dari pembeli buku pada toko Anda. Ulasan ini tentu berperan penting untuk menentukan keputusan pembelian dari calon pembeli. Maka dari itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis ini secara online. 

6. Lakukan promosi dengan digital marketing

Anda dapat memanfaatkan penggunaan social media untuk melakukan pemasaran pada bisnis Anda. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu buat akun social media seperti instagram, dalam social media ini Anda perlu membuat username yang menarik, isi konten yang informatif, dan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan IG ads, email marketing serta content marketing dengan bantuan software CRM terbaik.

Software ini dapat mengoptimalkan pengelolaan saluran penjualan bisnis Anda, termasuk manajemen pelanggan hingga leads dengan fitur seperti loyalty point, proyeksi target penjualan, customers profiling filters, leads management integration, serta laporan CRM yang lengkap.

Baca juga: Sistem CRM Software: Manfaat, Kegunaan, dan Pentingnya untuk Bisnis

Bagaimana Software CRM Bantu Bisnis Buku Raup Keuntungan

software crm

Bisnis ini merupakan salah satu bisnis jangka panjang, banyak masyarakat yang akan terus membutuhkan buku, entah untuk pendidikan maupun hobi-nya. Anda juga pasti pernah menemukan orang-orang yang mengoleksi beberapa buku bahkan ada yang mempunyai ruangan khusus untuk menyimpan buku dan ruang untuk membacanya. Maka dari itu, bisnis ini merupakan solusi bagi Anda untuk memulai bisnis. Saat memulai bisnis, Anda memerlukan strategi yang tepat agar penjualan bisnis Anda meningkat dan berjalan dengan lancar. 

Banyak permasalahan yang akan terjadi saat Anda memulai bisnis, entah itu saat pemilihan jenis buku yang laku di pasaran, kualitas buku, dan lainnya. Maka dari itu Anda dapat menggunakan software CRM terintegrasi dapat mengatasi segala masalah pemasaran saat Anda berbisnis. Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, software CRM dapat membantu bisnis dalam mengotomatiskan pengelolaan pelanggan, identifikasi prospek serta membuat berbagai rencana promosi dengan lebih mudah.

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Kesimpulan 

Bisnis buku memiliki peluang yang cukup besar, mengingat hampir seluruh kalangan masyarakat pasti memerlukan buku untuk pendidikannya maupun sekedar hobi. Anda dapat memulai bisnis buku dengan menjalankan beberapa tips yang telah dijelaskan pada artikel ini. Penggunaan software CRM juga sangat penting untuk Anda gunakan, karena dapat membantu serta mempermudah Anda dalam berpromosi dan lainnya saat menjalankan bisnis buku. Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

bisnis buku

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA