Tips Sukses Mengelola Usaha Martabak dengan Bantuan Software F&B

Bisnis kuliner merupakan usaha yang tiada mati dan habis karena setiap manusia membutuhkan makanan sebagai energi keseharian mereka. Salah satu bisnis kuliner yang banyak digemari oleh banyak orang adalah usaha martabak. Anda dapat menggunakan sistem F&B yang terpercaya untuk membantu mengelola usaha. Siapa yang tidak tahu martabak yang hampir berada di setiap kota dan daerah di Indonesia? Martabak terbagi menjadi dua jenis, yaitu ada martabak manis dan martabak telur. Martabak manis adalah makanan yang terbuat dari adonan terigu, telur, dan gula yang diberi topping coklat atau topping lainnya kemudian dipanggang dan dilipat. Sedangkan martabak telur merupakan adonan tepung terigu di lapisan luar yang berisi adonan telur, daging cincang atau giling, serta rempah yang bersatu kemudian digoreng. Untuk rasa, martabak manis cenderung manis sesuai dengan namanya dan martabak telur lebih ke rasa asin. 

Usaha martabak dapat Anda jadikan sebagai bisnis utama maupun sampingan. Ketika Anda mengembangkan usaha ini, pastinya Anda harus mengelolanya dengan teliti dan memperhatikan setiap bagiannya. Anda dapat menggunakan software ERP yang sudah terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi manajemen bisnis Anda ke level tertinggi. Kelebihan yang dapat Anda rasakan adalah dapat Anda gunakan di manapun dan kapanpun karena sudah berbasis web yang terotomasi. Ketika Anda sudah menjalaninya, pasti ada tantangan atau masalah seiring berjalannya waktu. Maka simak tips dan strategi untuk mengatasi masalah tersebut!

usaha martabak

Masalah yang Sering Muncul Dalam Mengelola Usaha Martabak

Setiap Anda menjalani suatu usaha, tentu ada masalah yang harus Anda hadapi dan selesaikan. Masalah tersebut juga muncul ketika Anda membuka usaha martabak. Apa saja sih masalahnya? Ada empat masalah umum yang sering terjadi ketika Anda sedang menjalani usaha, antara lain adalah:

Pencatatan transaksi yang tidak sinkron

Usaha yang berjalan lancar karena diimbangi dengan pencatatan transaksi yang tepat dan sinkron. Sehingga Anda dapat melihat arus keuangan bisnis martabak, apakah keuangan berjalan dengan lancar atau tidak. Saat Anda sedang menjual martabak dalam kuantitas yang banyak, mungkin Anda akan sedikit kewalahan untuk mencatat transaksi tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu permasalahan pertama yang muncul saat Anda mengembangkan usaha martabak.

Pengelolaan keuangan yang tidak tepat

Berkaitan dengan pencatatan transaksi yang tidak sinkron, maka dapat mengakibatkan pengelolaan keuangan yang kurang tepat. Jika Anda sudah salah dalam mencatat awalnya, maka bisa terjadi kesalahan juga pada pengelolaan keuangan. Hal tersebut dapat mengakibatkan kesulitan untuk mengatur sistem keuangan yang tidak tertata rapi.

Baca juga: Tips Penting dan Sukses Kelola Manajemen Keuangan Perusahaan Anda

Stok bahan baku yang sulit terkontrol

Ketersediaan stok bahan baku adalah salah satu hal yang wajib Anda miliki dan terus ada jika bisnis Anda ingin berjalan lancar. Bahan baku merupakan bahan utama dalam membuat suatu produk, martabak. Jika ada satu bahan yang tidak ada dalam proses pembuatan, maka kedepannya tidak akan berjalan sesuai rencana Anda. 

Pengelolaan cabang usaha martabak yang tidak maksimal

Jika bisnis martabak Anda sudah mulai besar dan menyebar ke beberapa titik wilayah, tentunya pengelolaan tiap cabang harus lebih ekstra. Hal-hal yang membuat pengelolaan cabang usaha tidak maksimal karena adanya penyebaran informasi tidak merata, biaya komunikasi, keamanan sistem, dan integrasi sistem pada seluruh cabang.

Cara Mengatasi Masalah dalam Pengelolaan Usaha Martabak

usaha martabak
Sumber: gofood.co.id

Pada setiap masalah atau tantangan pastinya ada solusi dari masalah yang ada. Dalam hal ini, terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah dalam pengelolaan usaha martabak. Berikut empat solusi dalam mengatasi masalah yang sudah dipaparkan sebelumnya:

Catat transaksi penjualan dengan software POS

transaksi

 

Karena pencatatan transaksi yang tidak sinkron, maka Anda perlu menggunakan software POS dengan fitur terlengkap. Fitur-fitur yang tersedia berguna untuk pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, pengaturan promosi hingga pengelolaan inventaris jadi lebih mudah dan praktis. Pencatatan secara otomatis juga membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan waktu yang efektif dan efisien.

Kelola keuangan usaha martabak dengan mudah menggunakan software akuntansi

Di tengah persaingan yang semakin ketat saat ini, mencatat laporan keuangan dengan metode manual hanya akan memakan waktu pengerjaan. Keuangan menjadi salah satu hal pokok untuk melihat perkembangan suatu usaha. Anda dapat mengelola keuangan usaha menggunakan software akuntansi dari EQUIP. Sehingga Anda dapat mengelola keuangan, arus kas, hingga pembuatan laporan keuangan dengan lebih mudah dan efektif.

Lacak stok bahan baku usaha martabak dengan software inventory

Ketersediaan stok bahan baku yang cukup banyak akan membuat Anda kebingungan ketika mencarinya. Anda dapat menggunakan aplikasi inventory yang sudah terintegrasi dalam melacak stok bahan-bahan usaha Anda. Dengan sistem ini, tersedia scan barcode untuk mempermudah proses stok opname dan pencarian bahan baku yang real-time. Selain itu, memiliki tampilan yang simple dan sistem yang bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan usaha Anda.

Kelola berbagai cabang usaha martabak dengan software retail

Jika usaha semakin besar, maka akan semakin kompleks dalam mengatur di setiap cabangnya. Ketika Anda memiliki banyak cabang, perlu Anda pastikan untuk mengecek secara rutin di setiap cabangnya. Dengan menggunakan sistem retail yang otomatis maka Anda bisa  mengelola secara rutin dan tanpa sistem yang manual. Selain itu, Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan sistem manajemen pelanggan dan pengelolaan promosi yang dipersonalisasi.

Kesimpulan

usaha martabak

Usaha yang sukses tentunya perlu Anda imbangin dengan ketekunan dan kedisiplinan setiap mengerjakannya. Ada kalanya usaha martabak merasa sepi pengunjung mungkin karena kebanyakan orang sedang mulai bosan dengan martabak. Solusinya Anda dapat membuat menu yang bervariasi agar kebanyakan orang bisa membeli martabak dengan menu yang baru. Dalam proses pengembangan bisnis, Ada dapat menggunakan aplikasi F&B yang easy-to-use untuk pengguna pertama. Tampilan desain aplikasi F&B dari EQUIP memiliki desain UI/UX yang mudah dioperasikan oleh user, bahkan bagi yang baru pertama kali menggunakan solusi ERP. Anda bisa mencoba demo gratis dan dapatkan manfaatnya mulai dari Rp 75.000/bulan untuk kemudahan dalam bisnis Anda. Daftarkan usaha Anda sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA