Kenali Software POS untuk Kemudahan Bisnis Anda

Tahukah Anda, bahwa ketika kita sedang berbelanja dan akan dihitung oleh kasir maka komputer kasir dapat merekam dan menghitungnya secara keseluruhan? Peristiwa tersebut yang disebut dengan point of sale software atau yang disingkat dengan sistem POS. Dengan sistem tersebut, kasir dapat memasukkan harga dan jumlah produk secara otomatis. Setelah itu akan mengeluarkan kode angka dan barcode pada proses perekamannya. Software ini sudah dipakai hampir seluruh negara sampai ke daerah-daerah karena memiliki fungsi yang sangat penting dan dibutuhkan. Simak penjelasan apa itu sistem POS lebih detailnya!

software pos

Daftar Isi

Pengertian Software Point of Sale

Software POS atau Point of Sale adalah sistem yang berperan sangat penting sebagai titik pelanggan melakukan pembayaran saat membeli produk Anda. Sistem ini sudah diterapkan pada supermarket, restoran, kafe, dan lain-lain. Sederhananya, sistem POS dapat sama dengan mesin kasir seperti yang sering kita lihat ketika sedang melakukan transaksi pembayaran yang ada pada komputer. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, kini software POS sudah dapat diakses dengan operasi berbasis windows, android, dan iOS pada tablet pintar. Secara penampilan ketika dilihat saat sedang membayar juga terlihat lebih simple karena tidak perlu banyak kabel yang disambungkan, cukup dengan tablet pintar Anda sudah dapat menggunakannya. Sementara untuk pencetakan struk, dapat menggunakan bluetooth secara wireless yang tidak perlu kabel lagi.

Sistem Kerja Software Point of Sale

Untuk para pebisnis yang menawarkan produk jasa, mungkin dengan selembar nota dan kalkulator sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan transaksi jual beli dengan pelanggan. Namun, bagaimana jika Anda para pebisnis yang menjual produk seperti kafe atau restoran misalnya? Apakah juga sama akan menggunakan kertas dan dikerjakan secara manual? Tentunya tidak. Dengan ini, software POS menjadi peranan penting untuk kelancaran seluruh transaksi yang terjadi pada toko Anda. 

Sistem kerja POS ini akan beroperasi melalui komputer atau tablet pintar dan Anda tinggal menginput data-data produk beserta nominalnya. Secara otomatis, software POS ini sudah dapat mengatur harga setelah diskon, mengecek ketersediaan bahan atau produk. Setelah Anda menginput pesanan pelanggan, maka Anda dapat mencetak struk dengan bluetooth secara wireless yang tersambung mesin tersendiri. Apakah Anda dapat membayangkan betapa pusing dan kewalahan ketika Anda mencatat pesanan pelanggan secara manual? Pastinya akan memakan waktu yang lama yang membuatnya menjadi terhambat dan berpengaruh kepada pelanggan juga. 

Software POS
Sumber: freepik.com

Manfaat Penggunaan Software POS

Selain untuk mempermudah berjalannya bisnis Anda, terdapat beberapa manfaat penggunaan software POS, antara lain:

1. Sistem berbasis web

Manfaat penggunaan software POS milik Equip adalah terdapat sistem berbasis website yang berarti sistem ini dapat diakses dimana dan kapan saja asal terdapat jangkauan internet tentunya. Dengan sistem yang berbasis web, Anda dapat memantau dan mengelola penjualan produk secara fleksibel. 

2. Terintegrasinya sistem POS

Sistem POS yang terintegrasi dapat berupa dari sistem manajemen pembelian, software manajemen inventaris, dan sistem akuntansi. Sistem manajemen pembelian berfungsi untuk melacak segala produk yang masuk ke dalam gudang Anda, memanajemen backorder dengan mudah yang melacak pengiriman dan pembayaran barang dari vendor, mengontrol biaya procurement, dan adanya notifikasi pembayaran dengan tepat waktu. 

Manfaat dari software manajemen inventaris adalah dapat memonitor perpindahan stok dengan sistem, mengoptimasi tingkat stok, operational dashboard yang dapat memantau jumlah stok di gudang, dan memaksimalkan pengontrolan inventaris yang mencegah penimbunan stok barang. Dengan adanya sistem akuntansi yang memiliki manfaat dapat menghemat waktu, mengetahui kondisi keuangan dengan real-time dan akurasi yang tinggi, serta meningkatkan profitabilitas.

Baca juga: Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Bisnis Anda

3. Laporan real-time

Menggunakan sistem yang otomatis, maka Anda akan mendapatkan data yang real-time dan akurat. Hal ini juga dapat mengurangi pemanipulasian atau pemalsuan laporan data oleh karyawan Anda. Pengaksesan laporan keuangan dari seluruh gerai Anda dilakukan secara real-time. Mulai dari laporan pendapatan, neraca, arus kas, penjualan, hingga pembelian dengan akurat.

4. Pencatatan transaksi baik online maupun offline

Melakukan pencatatan transaksi dengan sistem online maupun offline. Dengan sistem online yang terhubung dengan jangkauan internet, Anda dapat melakukan pencatatan transaksi. Selain sistem online, pada HashMicro juga dapat mengaksesnya ketika offline yang nantinya sistem akan menyinkronkan data ketika tersambung dalam koneksi internet.

Fitur-fitur yang Wajib Punya di Software POS Anda

Semakin lengkap fitur yang dimiliki pada setiap software POS, maka akan semakin terarah dengan baik dan efisien dengan cara kerjanya.

1. Pelacakan software POS inventaris

Fitur untuk melacak inventaris barang adalah fitur yang sangat penting dan wajib untuk dimiliki semua software POS. Jangan sampai usaha Anda kehabisan produk tanpa mengetahui sebelumnya dan Anda baru mengetahui ketika ada pelanggan yang ingin memesan produk tersebut. Kejadian seperti ini tidak dapat terjadi jika Anda sudah menggunakan aplikasi POS untuk melacak ketersediaan inventaris barang. Anda dapat melacaknya dengan up-to-date yang sudah menggunakan sistem yang otomatis. 

2. Metode multi pembayaran

Saat ini, banyak pelanggan yang ingin menggunakan metode pembayaran dengan mudah dan cepat, salah satunya menggunakan non-tunai seperti debit, kredit, dan e-wallet. Maka Anda perlu memperhatikan pilihan metode pembayaran untuk usaha Anda. Menggunakan sistem POS yang memiliki beberapa metode pembayaran untuk usaha Anda. Sehingga, pelanggan dapat nyaman dalam bertransaksi.

3. Manajemen pelanggan dan promosi

Program perangkat lunak POS juga memiliki fitur dalam mengatur dan memanajemen pelanggan serta promosi secara berkala. Setiap pelanggan yang melakukan transaksi, maka data tersebut dapat langsung terinput ke dalam sistem. Dalam fitur ini juga dapat membuat riwayat transaksi pelanggan yang sudah pernah mengunjungi toko Anda. Selain data pelanggan, dapat mengatur promosi toko juga secara berkala menggunakan sistem POS ini.

manajemen pelanggan
Source: freepik.com

4. Laporan yang komprehensif

Memiliki fitur laporan yang komprehensif dalam software POS berfungsi untuk mengetahui perkembangan usaha Anda secara akurat, real time, dan mudah. Melalui fitur pencatatan laporan yang lengkap, maka dapat menjadikan sebagai evaluasi performa bisnis untuk perbaikan kedepannya. Anda juga dapat mengetahui laporan di cabang perusahaan yang tersebar. Selain itu, laporan yang akurat, lengkap, dan komprehensif dapat berguna untuk jangka waktu yang panjang.

5. Penagihan dan rekonsiliasi yang mudah

Saat melakukan transaksi, terkadang pelanggan ingin memisahkan jumlah tagihannya agar dapat mengetahui detail jumlah yang harus mereka bayar. Mencetak atau mengirim invoice setelah transaksi selesai dan menyesuaikan jumlah uang yang diterima dengan catatan transaksi yang dimiliki secara otomatis. Dengan adanya fitur penagihan dan rekonsiliasi, pelanggan dapat memeriksa tagihannya secara cepat dan mudah. 

6. Penukaran, pengembalian dana, dan manajemen kredit

Melalui fitur pengembalian dana dan manajemen kredit, akan mempermudah semua transaksi pembayaran dengan efisien. Pelanggan yang ingin bertransaksi dengan kredit dapat menggunakannya dan jika terjadi pengembalian dana baik untuk pihak ke pelanggan maupun ke supplier bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu susah payah menghitung bagaimana sistem dan perhitungannya, karena fitur ini sudah bekerja dengan otomatis.

5 Rekomendasi Software Point of Sale

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan untuk pengembangan software POS. Berikut ada 5 rekomendasi perangkat lunak POS terbaik di Indonesia.

1. EQUIP software POS

EQUIP POS
Sumber: equiperp.com

Perangkat lunak mesin kasir yang memiliki kelengkapan fitur berteknologi canggih, baik untuk mengelola transaksi, promo pelanggan, bahkan inventaris barang hanya dalam beberapa klik saja adalah EQUIP POS. Software EQUIP juga memiliki tampilan yang menarik dan sederhana sehingga mudah mempelajarinya dan easy to use oleh berbagai kalangan. Semua keunggulan yang ada pada EQUIP bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 75.000,-/bulan/user. Coba demo gratis sekarang untuk mendapatkan pengalaman kemahiran EQUIP dalam membantu mempercepat pertumbuhan bisnis Anda!

2. Moka POS

Moka POS adalah salah satu software kasir online yang berbasis cloud sehingga Anda dapat mengatur bisnis secara online. Aplikasi kasir Moka dapat membantu mulai dari membuat menu, melihat transaksi, hingga mengecek persediaan stok barang di toko Anda.

3. Olsera POS

Berdiri sejak tahun 2015 merupakan salah satu identitas dari aplikasi Olsera. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini adalah loyalty point hingga table management untuk usaha di bidang F&B. Memiliki tampilan yang simple dan sederhana yang menjadi ciri khas agar Anda dapat menggunakannya lebih mudah.

4. Jubelio POS

Aplikasi Jubelio POS adalah software  yang memiliki channel penjualan offline dan online yang sudah terintegrasi pada omnichannel. Fitur-fitur yang terdapat pada Jubelio yaitu terdapat laporan penjualan secara real time, membuat penawaran diskon produk, dan dapat mengaksesnya dengan fleksibel. 

5. Pawoon POS

Pawoon POS adalah salah satu aplikasi kasir terbaik terutama di bidang F&B. Sudah memiliki berbagai cara pembayaran dan dapat mengatur meja serta antrian melalui aplikasi ini. 

Kesimpulan

Software POS sistem yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan keras untuk menyelesaikan transaksi jual beli. Sudah banyak perusahaan yang menggunakan POS untuk menunjang kegiatan usahanya karena memberikan kemudahan dalam mengelola penjualan. Sistem POS memberikan kontrol yang cepat dan akurat pada stok inventaris dan memberikan kemudahan dalam mencetak faktur atau nota. Kini, EQUIP hadir untuk membantu dalam mengembangkan bisnis Anda.

software pos

Software EQUIP ERP dapat Membantu Menghadirkan Pengalaman Transaksi Terbaik untuk Pelanggan Anda

Dengan menggunakan software EQUIP ERP untuk membantu pengelolaan pengembangan bisnis retail Anda dengan optimal. Tunggu apalagi? Ayo pakai Equip dengan coba demo gratis sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA