Rekomendasi Software Terbaik untuk Bisnis Minimarket Anda

Saat ini bisnis menjadi semakin kompleks dan bervariatif. Banyak pilihan usaha yang bisa Anda pilih dan tekuni saat ini, salah satunya bisnis minimarket. Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang tergolong sebagai bisnis retail dan memiliki potensi yang sangat besar. Bisnis ini menawarkan alternatif bagi konsumen yang membutuhkan suatu produk, namun tidak ada di warung kelontong atau tradisional.

Dalam mempermudah proses kerja di minimarket, perlunya Anda memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam software penunjang bisnis, salah satunya adalah sistem manajemen penjualan.

minimarket

Umumnya sebuah minimarket menawarkan atau menjual kebutuhan sehari-hari yang tidak terpisahkan dari rutinitas masyarakat. Sebagian produk yang mereka jual adalah produk yang belum tersedia di warung tradisional. Bahkan bisnis ini dapat bertahan ketika terjadi krisis ekonomi dan moneter karena budaya konsumerisme yang ada di Indonesia. Selain itu, saat ini bisnis minimarket sedang berusaha untuk beradaptasi dengan gaya hidup yang ada, mereka mengekspansi bisnisnya dengan mendirikan cafe bahkan saat ini ada yang menerapkan sistem drive thru.

Prospek Bisnis Minimarket di Desa dan Kota

Mendirikan bisnis minimarket merupakan sebuah peluang yang baik bagi Anda. Setiap bisnis minimarket, baik franchise maupun milik pribadi sama-sama akan memberikan keuntungan. Tidak hanya di kota saja, pelaku usaha di desa pun akan tetap mendapatkan keuntungan. Masyarakat desa sekarang ini, juga menginginkan kepraktisan dan kelengkapan produk dalam berbelanja.

Modernisasi juga sudah menyentuh masyarakat desa, hal tersebut membuat kebutuhan mereka menjadi lebih banyak dan bervariasi. Mungkin saja kebutuhan tersebut tidak tersedia di warung atau toko tradisional. Oleh karena itu, bisnis ini dinilai menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan dan berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar. 

Bisnis ini merupakan jenis bisnis yang berjangka panjang karena menjual kebutuhan pokok masyarakat. Bisa dikatakan bisnis ini tidak bersifat musiman sehingga akan selalu laku kapan saja. Pebisnis pemula dapat memanfaatkan prospek dan potensi yang menjanjikan dari bisnis ini. Caranya adalah dengan membuka bisnis minimarket franchise di kota maupun di desa.

Pasti Anda sering menemukan gerai minimarket yang saling berdekatan namun berbeda merk, namun tetap banyak pelanggan yang datang. Harga yang lebih murah dan kenyamanan pelanggan saat berbelanja adalah prinsip dari usaha ini. Setiap konsumen dapat melihat produk secara langsung, memegang produk, mengecek harga, diskon, tanpa perlu bertanya. 

Penataan produk dan ruang yang rapi serta menarik pun menjadi salah satu hal yang dapat membuat konsumen betah berlama-lama untuk berbelanja. Selain itu, ada banyak penawaran seperti kartu loyalty pelanggan dan promosi yang memberikan banyak keuntungan bagi konsumen. Dengan hal-hal tersebut, maka usaha minimarket memiliki peluang yang sangat besar. Tidak ada salahnya jika Anda ingin membuka usaha minimarket secara mandiri atau waralaba.  

Baca juga: Retail Software: Pengertian. Fungsi dan Manfaat, Keuntungan, dan 5 Rekomendasi

Membangun Usaha Minimarket untuk Pemula

bisnis minimarket rumahan

Dalam membangun minimarket terdapat tahapan yang harus Anda lakukan. Dengan memahami tahapan ini, diharapkan bisnis Anda akan cepat untuk berkembang. Berikut ini merupakan tahapan-tahapan dalam mendirikan usaha tersebut:

1. Tahap persiapan 

Sebelum memulai usaha minimarket ada hal-hal yang harus Anda persiapkan. Berikut ini adalah persiapan yang perlu Anda lakukan untuk membuka usaha minimarket mandiri rumahan:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi usaha. Pastikan lokasi bisnis berada di tempat yang paling strategis. Misalnya dekat dengan pusat keramaian, pinggir jalan yang ramai oleh mobilitas kendaraan, dan sebagainya. Penentuan lokasi usaha akan menentukan kesuksesan bisnis ini.
  2. Mendirikan bangunan yang sesuai standar dengan ukuran minimal 6 meter untuk bagian depan. Bangunan minimarket berbeda dengan toko tradisional. Biasanya usaha ini menggunakan kaca dan kusen aluminium untuk pintu depan dan ruang tengah tidak menggunakan banyak tiang beton. Interior atau tembok menggunakan cat berwarna putih dengan penerangan ruangan yang memadai serta penggunaan komputer, mesin kasir, AC, dan lainnya. 
  3. Mempersiapkan rak minimarket yang berfungsi untuk menampung dan meletakkan produk dengan rapi dan menarik. Anda dapat membelinya secara langsung ataupun bisa memesan sesuai dengan tipe dan ukuran yang Anda kehendaki.
  4. Selanjutnya yaitu menyediakan stok barang. Minimarket memerlukan stok barang agar tetap bisa menjual produk yang lengkap, dan perputaran bisnis akan berjalan lancar dan menguntungkan. Untuk mendapatkan pasokan barang yang lengkap dan murah, Anda perlu menjalin kerjasama dengan supplier yang terpercaya dengan sistem pembayaran jatuh tempo.
  5. Salah satu hal penting tapi sering terlewat oleh para pemilik bisnis yaitu mengurus usaha agar sah dimata hukum. Anda harus mengurus surat perizinan usaha minimarket di Kementerian Perdagangan setempat. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda bisa tidak diganggu gugat kehadirannya dan bersifat sustainable.

2. Kendala dan Keuntungan dalam Bisnis Minimarket

Seperti bisnis pada umumnya, dalam bisnis minimarket juga memiliki kendala dan keuntungan yang akan Anda rasakan. Dalam menjalankan usaha minimarket ada beberapa kendala yang biasanya timbul dan sangat meresahkan pemilik bisnis. Kendala-kendala tersebut yaitu hutang macet, barang kadaluwarsa, barang tidak laku, barang rusak, pencurian barang, uang palsu, pemalakan dari preman, dan kecurangan para pegawai. Hal-hal tersebut dapat menghambat dan mengganggu kelangsungan bisnis Anda. 

Dalam mendirikan usaha minimarket dengan sistem franchise yang sudah terkenal, membutuhkan modal investasi sekitar ratusan juta rupiah. Jika modal usaha yang Anda miliki terbatas, maka Anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan membangun minimarket secara mandiri yang lebih menguntungkan. Berikut ini merupakan kelebihan mendirikan minimarket secara mandiri:

  • Tidak perlu membayar fee atau royalti.
  • Modal awal sangat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kemampuan dan modal yang ada.
  • Anda dapat membangun minimarket dengan nama sendiri kemudian dapat berubah menjadi franchise. 

Konsep Bisnis Minimarket Rumahan

Beberapa tahun terakhir banyak masyarakat yang menjalankan usaha minimarket. Kehadirannya kian marak dan menjamur di tengah-tengah masyarakat. Banyak dari toko kelontong ataupun toko tradisional yang kurang senang akan kehadiran minimarket. Hal tersebut dapat menjadi ancaman bagi Anda selaku pemilik minimarket. Untuk itu Anda perlu memahami konsep bisnis minimarket rumahan. 

Minimarket rumahan merupakan jenis usaha toko retail yang didirikan secara individu maupun beberapa orang. Usaha ini menggunakan dan memanfaatkan sebagian dari tempat  tinggal maupun lahan kosong untuk mendirikan toko yang menjual berbagai kebutuhan pokok seperti sembako. Biasanya juga tidak memberikan penawaran produk selengkap supermarket atau franchise. Namun, seiring perkembangan waktu volume usaha dapat menjadi besar.

Banyak aturan-aturan yang harus Anda ikuti dalam pembangunan bisnis minimarket. Salah satunya yaitu pada Pasal 4 ayat (1) Perpres 112/2007 yang menyatakan bahwa kehadiran dari minimarket harus memperhatikan kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar. Pelaku bisnis juga wajib untuk memperhitungkan jarak dengan pasar tradisional yang telah ada. Selain itu, Pasal 3 ayat (9) Permendag 53/2008 juga ikut menekankan kewajiban tersebut. Pasal tersebut menyebutkan bahwa harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut: 

  1. Kepadatan penduduk 
  2. Perkembangan pemukiman baru
  3. Akses wilayah (arus lalu lintas)
  4. Dukungan/ketersediaan infrastruktur
  5. Keberadaan pasar tradisional dan warung/toko kelontong

Baca juga: POS (Point of Sale) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

Kenapa Usaha Minimarket Membutuhkan Software Pencatatan?

Berhubungan dengan kendala-kendala yang sering dialami oleh bisnis minimarket membuat usaha ini butuh software untuk dapat meminimalisir kendala tersebut. Banyak berita yang beredar, beberapa oknum dari pegawai minimarket sering melakukan kecurangan atau kesalahan secara sengaja untuk keuntungan diri mereka sendiri. Hal tersebut dapat merugikan Anda sebagai owner. Dengan penggunaan software yang terintegrasi maka Anda dapat melihat seluruh aktivitas yang terjadi pada bisnis Anda termasuk pada proses pencatatan. 

Selain itu, pada setiap harinya banyak transaksi yang terjadi pada bisnis. Jika transaksi tersebut masih dicatat dengan cara manual, maka akan memakan banyak waktu. Padahal waktu tersebut dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lain yang dapat meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Selain memakan banyak waktu, pencatatan secara manual juga memiliki risiko yang tinggi terhadap kesalahan sehingga data yang Anda dapatkan memiliki keakuratan yang rendah. Sehingga akan berdampak pada pengambilan keputusan yang salah bagi bisnis. 

Fungsi dan Tujuan Software Kasir Minimarket

software kasir

Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu mengetahui peranan dari software yang digunakan. Software ERP yang Anda pakai sebaiknya disesuaikan dengan unit kerja minimarket yang terdigitalisasi. Software ini berfungsi untuk memudahkan mengurus stok barang, pencatatan dan pengutaraan laporan, pembelian barang serta beberapa hal lain. 

Anda akan mendapatkan beberapa kemudahan berikut saat menggunakan software ERP untuk kasir. Software akan mempercepat pekerjaan sehingga tidak membuat antrian pelanggan. Tidak heran apabila pada akhirnya banyak yang memakai software pada bisnis mereka. Karena dengan software ini semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan dibandingkan dengan kekurangannya.

Software ini memiliki tujuan untuk memudahkan Anda dalam mencetak nota pemasaran, mengatur tersedianya stok, mengenali pembelian dan pemasaran dalam masa spesifik, serta mengenali keuntungan tiap transaksi bisnis. Hal-hal tersebut akan mengefisienkan dan meningkatkan probabilitas bisnis Anda. Sistem yang terintegrasi akan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan secara mendetail terkait kegiatan dalam bisnis minimarket.

Baca juga: Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Bisnis Anda 

Software Minimarket Terbaik dan Paling Sering Dipakai

Setelah mengetahui fungsi, tujuan, dan manfaat software minimarket bagi bisnis, Anda pasti sangat tertarik untuk segera menerapkan software tersebut. Namun, Anda bingung software apa yang terbaik bagi bisnis. Berikut ini salah satu contoh software retail terbaik bagi bisnis Anda:

HashMicro

HashMicro menghadirkan solusi melalui produk Hash Retail Innovation yang akan  membantu Anda dalam menjaga ketersediaan stok, produktivitas karyawan, manajemen pelanggan, hingga membantu dalam transaksi keuangan. Software ini memiliki fitur utama yang dapat meningkatkan efisiensi proses transaksi dan menyediakan analisis penjualan pada semua cabang bisnis.

Hash Retail Innovation merupakan software yang dapat membantu perusahaan untuk mengefisiensikan berbagai proses bisnis. Selain itu, Anda dapat mendapatkan berbagai informasi lengkap seputar penjualan dan stok barang di banyak gudang, lokasi, dan cabang bisnis retail Anda. Saat ini, lebih dari 350 ribu pemilik bisnis retail telah menggunakan software ini untuk membantu bisnisnya dan 1 juta lebih pelanggan mengalami peningkatan retensi pada bisnisnya.

EQUIP

EQUIP merupakan sistem ERP terbaik untuk mengelola bisnis minimarket Anda. Software ini akan membantu Anda dalam mengelola aktivitas bisnis seperti manajemen inventaris, pengelolaan pelanggan, dan aktivitas lainnya. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan EQUIP yaitu menyederhanakan pengelolaan bisnis, akurasi data menjadi tinggi, dan membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien. Harga software cukup terjangkau bagi Anda yang terbatas akan modal. Namun, dengan harga yang terjangkau tidak membuat kualitas dari EQUIP menjadi kurang baik. Bisnis seperti one mart dan forbes juga telah mempercayai software tersebut untuk membantu pengelolaan bisnisnya.

Kesimpulan

Mendirikan bisnis minimarket memberikan banyak peluang dan keuntungan bagi Anda. Karena bisnis ini menawarkan kebutuhan-kebutuhan pokok sehingga bisnis yang dijalani tidak mudah mengalami kebangkrutan. Dalam pengelolaannya, Anda membutuhkan bantuan software untuk kegiatan dalam perusahaan salah satunya dalam transaksi kasir. Software ERP akan membantu dalam mencetak nota pemasaran, mengatur tersedianya stok, mengenali pembelian dan pemasaran dalam masa spesifik, serta mengenali keuntungan tiap transaksi bisnis.

EQUIP by HashMicro hadir untuk membantu memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis minimarket Anda. EQUIP merupakan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna yang tanpa batas. Dengan EQUIP, Anda dapat mengintegrasikan proses bisnis sehingga bisnis akan lebih efektif dan efisien. Yuk tunggu apalagi? Coba demo gratis sekarang!

minimarket

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA