10 Software Akuntansi Online Terbaik Beserta Fiturnya

Akuntansi adalah proses terpenting bagi sebuah bisnis atau perusahaan khususnya. Karena tanpa adanya akuntansi, maka perusahaan tidak akan berkembang. Inilah yang mendasari mulai banyaknya software akuntansi online yang dapat dimanfaatkan para pebisnis, baik UMKM maupun perusahaan berskala besar.

Adanya aplikasi akuntansi online atau yang bisa diakses secara offline, tentu sangat membantu. Karena dengan perangkat lunak ini, anda tidak perlu lagi membuat akuntansi secara manual yang sangat merepotkan. Belum lagi, proses pencatatan akuntansi manual rentan terjadi kesalahan input.

Selain itu, dengan adanya aplikasi akuntansi ini, anda juga dapat mengatur keuangan dan transaksi lainnya, sebut saja pembayaran supplier, pengelolaan pajak dan pembuatan faktur. Ada banyak tugas finansial yang bisa anda sederhanakan menggunakan program yang tepat.  Jika anda sedang mencari software akuntansi terbaik, berikut rekomendasi aplikasi akuntansi yang dapat diandalkan:

Accounting online

1. EQUIP

Aplikasi akuntansi online terbaik yang pertama adalah EQUIP. Optimalkan pencatatan transaksi keuangan memakai software accounting EQUIP. Anda bisa mengelola keuangan bisnis menggunakan sistem accounting terbaik.

Melalui sistem akuntansi dari EQUIP ini, menawarkan informasi yang dibutuhkan oleh pemilik UMKM, seperti arus kas sampai pembuatan untuk laporan keuangan. Membantu pengelolaan lacak income, pengelolaan invoicing hingga rekonsiliasi bank dengan cara otomatis.

Dengan bantuan software akuntansi dari EQUIP memungkinkan perhitungan dapat dilakukan secara akurat dan cepat, anda tidak perlu khawatir lagi terjadinya human error atau kesalahan perhitungan. Menariknya lagi, anda juga bisa memperoleh laporan keuangan dengan cara real time melalui perangkat hp.

Aplikasi Keuangan EQUIP

2. HashMicro

HashMicro merupakan salah satu software akuntansi terbaik menggunakan sistem ERP yang serbaguna dan sempurna bagi setiap jenis bisnis. Menyajikan sistem lewat berbagai pilihan paket yang bisa anda sesuaikan.

Sangat efektif membantu pemilik usaha menengah ke bawah yang sedang mencari dasar manajemen akuntansi, hingga perusahaan besar yang memerlukan solusi perencanaan finansial scara komprehensif.

HashMicro menawarkan kemudahan kustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan. Di samping itu, aplikasi ini juga tidak mempunyai batasan pengguna. Melalui sistem ini, maka and bisa mengecek semua informasi dengan cara realtime, karenanya bisa membuat keputusan usaha lebih mudah.

3. MitraHash

MitraHash dapat membantu mengelola keuangan bisnis anda secara profesional dengan praktis dan mudah. Setiap orang dapat menjadi seorang akuntan profesional menggunakan aplikasi akuntansi online dari MitraHash ini.

Ada beberapa fitur yang disajikan dalam aplikasi ini, antara lain fitur invoice dan manajemen piutang, automasi perhitungan Harga Pokok Penjualan atau HPP dan laporan keuangan lengkap.

4. SAP Business One

Software SAP adalah software akuntansi untuk manajemen usaha yang terancang bagi UKM atau usaha berskala kecil. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan otomasi bisnis dengan cara keseluruhan, khususnya pada bagian penjualan, keuangan, prencanaan produk dan persediaan, manajemen proyek, analisa dan intelijen bisnis, serta pembelian dan supply chain.

Pada software ini ada beberapa modul yang tersedia, seperti business intelligence, financial management, purchasing and inventory control, dan sebagainya. Kelebihan dan fitur lainnya adalah dapat mengontrol perhitungan diskon dan harga dari pusat, mengecek sisa persediaan secara online melalui sistem, serta mengecek ketersediaan stok barang yang ada di antar cabang.

Akan tetapi, jika anda mencari software yang menawarkan harga murah dan bisa diakses untuk berbagai skala bisnis, maka EQUIP dapat menjadi solusinya. Fitur software accounting pada EQUIP terancang menawarkan kemudahan dalam hal pengelolaan keuangan dan sudah terintegrasi dengan e-faktur.

5. Freshbook

FreshBooks adalah aplikasi akuntansi online yang berbasis penyimpanan cloud, terancang secara khusus bagi freelancer dan bisnis kecil. Aplikasi ini menyediakan fitur berupa pembuatan faktur, pembuatan laporan keuangan serta telah terintegrasi bersama aplikasi lain, berupa sistem pembayaran secara online.

Akan tetapi, fitur yang tersaji terbatas jika dibandingkan software akuntansi yang lain. Oleh sebab itu, aplikasi ini mungkin tidak akan cocok bagi perusahaan yang membutuhkan proses akuntansi lebih rumit.

Jika anda menginginkan aplikasi akuntansi yang lebih lengkap dengan harga murah, dan menawarkan fitur accounting yang mudah, maka solusinya adalah dengan memilih aplikasi EQUIP. Menariknya, anda bisa mencoba fitur-fitur menariknya dengan uji coba gratis terlebih dahulu.

6. Zahir

Zahir accounting termasuk aplikasi accounting yang sudah cukup lama di Indonesia, bahkan telah berinovasi di Indonesia sejak 20 tahun lalu. Pemakaian aplikasi Zahir sangat ideal untuk UMKM hingga perusahaan besar.

Aplikasi zahir memang telah memiliki banyak pengguna. Ada beberapa pilihan program yang ditawarkan untuk bisnis kecil atau besar. Anda dapat mengaksesnya secara online lewat aplikasi mobile. Namun jika anda membutuhkan berbagai desain template dalam pembuatan struk, voucher dan invoice, maka anda bisa memilih software accounting dari EQUIP.

7. Oracle

Oracle ERP Cloud adalah produk ERP yang Oracle Corporation tawarkan. Ada beberapa fitur yang dapat pengguna manfaatkan, antara lain oracle financials cloud, oracle procurement cloud, oracle risk manaement, oracle EPM cloud, dan SCM cloud.

Pada aplikasi ini, Oracle memisahkan antara aplikasi pengguna dengan database server. Selain itu, server yang ada dalam Oracle bisa menangani setiap analisa database. Sedangkan pengguna atau user yang mengoperasikan aplikasi bisa memperoleh hasil akhir dalam bentuk data yang telah terproses.

Jika anda memilih aplikasi EQUIP, maka anda juga bisa mendapatkan manfaat dari fitur-fitur yang tersedia. Seperti bisa mengelola operasional bisnis dengan hanya menggunakan sistem satu dashboard terpusat saja, bisa meningkatkan efisiensi dalam manajemen penjualan, dan melakukan otomatisasi proses UMKM.

8. Xero

Xero telah berdiri sejak tahun 2006 lalu dan menjadi salah satu software akuntansi berbasis penyimpanan cloud yang terpercayadi Inggris Raya, Australia, Selandia Baru, dan Indonesia. Ada beberapa fitur yang miliki antara lain pembayaran tagihan, biaya klaim, koneksi bank, laporan keuangan, pengiriman invoice, dan penerimaan pembayaran.

Anda juga akan mendapatkan fitur terlengkap dengan memilih EQUIP melalui fitur automasi pembuatan laporan, built in profesional templates, riwayat transaksi, manajemen petty cash, dan kemudahan transaksi pembayaran.

9. Wave

Wave adalah aplikasi akuntansi online yang menawarkan berbagai macam fitur, antara lain pembuatan faktur, pembuatan laporan keuangan, serta terintegrasi pada aplikasi lainnya. Keunggulannya yaitu mudah dan gratis untuk digunakan, akan tetapi fitur yang ada mungkin terbatas jika berbanding dengan software akuntansi yang lainnya serta tidak cocok bagi bisnis yang menawarkan kebutuhan proses akuntansi yang lebih rumit.

Namun jangan khawatir jika anda menginginkan proses accounting lebih lengkap, akurat dan mudah, anda bisa menggunakan EQUIP. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh UMKM hingga perusahaan besar.

10. Quickbooks

Quickbooks adalah aplikasi akuntansi yang cukup populer, menyediakan fitur seperti pembuatan laporan pajak, faktur, hingga laporan keuangan. Beberapa kelebihannya yaitu mudah Anda operasikan, sangat cocok bagi bisnis kecil, serta mempunyai banyak integrasi menggunakan aplikasi lain berupa sistem pembayaran secara online.

Tapi sayangnya, software ini berharga mahal dengan dukungan pelanggan yang bisa dikatakan cukup sulit dihubungi, sebab berasal dari mancanegara.

Sebagai solusinya, anda bisa memilih EQUIP yang menawarkan program accounting terlengkap dan mudah dengan harga lebih terjangkau, yakni Rp. 75.000 per bulan saja. Menariknya, anda juga bisa menikmati fitur accounting versi uji coba gratis terlebih dahulu.

Kesimpulan

Meskipun kini ada banyak software accounting yang tersedia secara offline maupun online, namun anda harus selektif memilih program yang bisa memenuhi semua kebutuhan bisnis anda. Seperti memilih aplikasi EQUIP yang menawarkan banyak kemudahan, telah dipercaya oleh ratusan bisnis terkemuka di Indonesia. Lakukan uji coba gratis menggunakan software akuntansi EQUIP sekarang juga!

accounting online

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA