13 Rumus Excel yang Harus Anda Pahami dalam Dunia Kerja

Rumus excel merupakan salah satu rumus yang Anda perlu ketahui untuk mengoperasikan Microsoft Excel menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan mengetahui beberapa rumus excel, maka pekerjaan Anda dalam menghitung maupun mengolah data dapat terselesaikan dalam waktu singkat. Dengan menggunakan aplikasi CRM terbaik, Anda mampu menjalankan bisnis Anda menjadi lebih mudah dan efisien. Fungsi dari rumus ini adalah dapat mengidentifikasi dan mengelola nilai dan sel dalam spreadsheet. Dengan begitu Anda mampu menambah, mengurangi, mengalikan, bahkan menemukan hasil rata-rata dan lain sebagainya dengan cepat dan otomatis. Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi dari EQUIP untuk membantu perihal keuangan perusahaan Anda. 

Karena banyaknya rumus excel yang ada, tidak semua orang mengetahui rumus tersebut. Dengan bantuan dari software retail EQUIP untuk bisnis Anda, aplikasi ini mampu mengembangkan usaha Anda dengan aktivitas manajemen inventaris dan lain sebagainya. Maka berikut ada 12 rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja. Anda juga bisa mengelola aktivitas keuangan bisnis Anda secara otomatis dengan bantuan aplikasi akuntansi terbaik di Indonesia.

rumus excel

SUM

Formula excel yang pertama adalah SUM. Fungsi utama dari rumus ini adalah untuk menemukan hasil penjumlahan atau menjumlahkan data-data yang ada dalam cell. Rumus ini sangat berfungsi jika data yang ada terlalu banyak dan akan sangat lama untuk menjumlahkan ribuan data yang ada dengan perhitungan manual. 

Selain itu fungsi dari SUM ini juga mampu menambahkan data per cell, data dalam satu range, ataupun data dalam beberapa banyak range sekaligus dalam satu waktu. Untuk menggunakan rumus ini, Anda hanya perlu menentukan tabel dan angka yang ingin Anda hitung. Setelah itu Anda dapat memasukan rumus =SUM(sel A:sel B) lalu tekan enter dan hasil penjumlahan data yang ingin Anda ketahui langsung keluar dengan akurat.

Baca juga: Disposable Income Adalah: Arti dan Rumus Perhitungan

Average

Average merupakan rumus excel yang dapat membantu Anda untuk menemukan nilai rata-rata dalam suatu variabel. Misalnya Anda ingin mengetahui jumlah rata-rata umur karyawan Anda pada usia generasi milenial. Formula ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui data tersebut. 

Cara menggunakan formula ini adalah dengan memasukan data yang ingin Anda ketahui dalam tabel. Setelah itu Anda dapat memasukan rumus =AVERAGE(nilai sel awal:nilai sel akhir) dan tekan enter. Maka rata-rata data yang ingin Anda ketahui dapat dengan cepat Anda ketahui.

And

Fungsi dari formula AND adalah untuk mengetahui nilai TRUE jika semua argumen yang teruji sebelumnya adalah benar. Dan FALSE jika semua argumen yang sebelumnya adalah salah. Rumus ini banyak orang lain gunakan ketika mereka sedang mengerjakan kuesioner, atau kolom soal dari jawaban yang diberikan. Dengan bantuan formula ini maka proses pemberian nilai akan Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Adapun langkah untuk menggunakan formula ini adalah dengan memasukan =AND(kolom1>kolom2) lalu tekan enter dan data Anda akan langsung keluar apakah TRUE atau FALSE.

Baca juga: Rumus Persamaan Dasar Akuntansi Terlengkap untuk Menghitung Keuangan Bisnis Anda!

Not

Rumus berikutnya adalah NOT dan formula ini merupakan kebalikan dari formula AND. Fungsi dari NOT adalah untuk mengetahui nilai TRUE jika semua argumen yang Anda uji adalah salah. Dan akan menentukan nilai FALSE jika semua argumen sebelumnya adalah benar. Untuk menentukan rumus ini adalah dengan memasukan =NOT(kolom1>kolom2) lalu tekan enter.

Vlookup

VLOOKUP merupakan formula yang akan Anda peroleh dari sebuah tabel yang Anda susun secara vertikal atau tegak. Adapun syarat untuk menggunakan formula ini adalah Anda harus menyusun data dari nilai yang paling kecil hingga paling besar secara berurutan terlebih dahulu. Namun jika data yang Anda tulis tidak berurutan Anda bisa mengurut data tersebut dengan menu Ascending. Rumus ini dapat Anda masukan sebagai berikut =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]) dan tekan enter.

Hlookup

Berikutnya adalah HLOOKUP yang memiliki fungsi rumus hampir sama seperti VLOOKUP. Perbedaannya terletak pada jika VLOOKUP untuk memperoleh data secara vertikal atau tegak, HLOOKUP adalah untuk memperoleh data secara horizontal atau mendatar dalam aplikasi excel. Syarat yang harus Anda lakukan juga sama dengan VLOOKUP, Anda harus mengurutkan data yang Anda miliki dari data terkecil hingga ke data yang paling besar. Menu Ascending juga bisa Anda gunakan untuk mengurutkan data jika Anda sudah terlanjur memasukkannya secara acak. Berikut adalah rumus yang Anda harus masukan untuk memperoleh datanya =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]) dan tekan enter.

Match

Rumus MATCH memiliki fungsi untuk mengetahui dan menampilkan posisi suatu sel yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Selain itu formula ini biasa digunakan untuk mencari suatu nilai tertentu pada tabel, list, atau range yang kemudian mengembalikan posisi relatif nilai tersebut. Adapun rumus yang Anda tulis adalah sebagai berikut =MATCH(lookup_value, lookup_array, [match_type]) dan terakhir tekan enter.

Counta

Fungsi dari COUNTA adalah untuk mengetahui atau menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam data. Formula ini mampu menghitung sel yang berisi setiap nilai kesalahan, teks kosong, dan tipe informasi. COUNTA tidak dapat menghitung sel yang kosong atau tidak terisi. Adapun rumus dari fungsi ini adalah  =COUNTA(value1, [value2], …). Value1 sebagai argumen pertama yang mewakili nilai yang ingin Anda hitung. Value2 dan seterusnya bersifat opsional, sebagai argumen tambahan yang ingin kamu hitung, hingga maksimal 255 argumen. Setelah memasukan formula tersebut Anda bisa langsung tekan enter.

Ceiling

Kegunaan formula CEILING adalah untuk membulatkan angka bilangan ke atas pada nilai kelipatan tertentu. Pembulatan ini biasanya berkelipatan signifikansi menjauhi angka nol. Rumus excel ini biasa digunakan untuk menghitung pembulatan rata-rata data keuangan. Berikut adalah rumus yang dapat Anda gunakan =CEILING(Angka CELLS; Kelipatan) lalu tekan enter.

Baca juga: Aktiva Tetap: Definisi & Cara Menghitung Penyusutannya

Floor

Fungsi FLOOR memiliki kesamaan dengan fungsi CEILING yaitu berguna untuk membulatkan angka bilangan. Namun perbedaannya terletak pada hasil pembulatan angka tersebut. Jika CEILING pembulatan ke atas, FLOOR adalah pembulatan ke bawah. Formula yang bisa Anda gunakan adalah =FLOOR(Angka CELLS; Kelipatan) lalu tekan enter.

Single IF dan Multi IF

Rumus berikutnya adalah Single dan Multi IF adalah formula yang memiliki fungsi untuk mengembalikan sebuah nilai yang BENAR/TRUE dan mengembalikan nilai lainnya jika setelah dicek SALAH/FALSE.  Single IF merupakan salah satu fungsi yang paling banyak digunakan, karena formula ini membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Sehingga, pernyataan IF dapat memiliki 2 hasil. Hasil pertama jika perbandingan kamu Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah. =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]). Fungsi rumus MULTI IF adalah untuk memeriksa apakah satu atau beberapa kondisi terpenuhi dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan kondisi Benar pertama. Fungsi IFS dapat menggantikan beberapa pernyataan fungsi IF yang bertumpuk, dan lebih mudah terbaca dengan beberapa kondisi.

Sintaks fungsi IFS adalah =IFS([Sesuatu Benar1, Nilai jika Benar1

OR

Fungsi rumus OR adalah untuk mengembalikan semua jawaban BENAR jika semua hasil evaluasinya BENAR, begitu pula sebaliknya jika jawaban semuanya SALAH. Selain itu manfaat lainnya adalah untuk memperluas fungsi-fungsi saat pengujian logika. Rumus fungsi OR yaitu =OR(logika1, [logika2], …), dengan argumen logika1 diperlukan sebagai kondisi pertama untuk mengevaluasi BENAR maupun SALAH. Logika2 sebagai kondisi tambahan yang bisa kamu uji hingga 255 kondisi.

Areas

Fungsi dari rumus terakhir adalah untuk mengembalikan jumlah area (range atau sel) dalam satu referensi. Area adalah rentang sel berdekatan atau sel tunggal. Rumus ini adalah =AREAS(reference). Agar rumus ini menunjukkan hasil, pilih data dan tekan F2, lalu tekan enter. Anda juga bisa menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data dengan lebih mudah.

Kesimpulan

rumus excel

Berdasarkan penjelasan rumus excel tersebut dapat dikatakan bahwa rumus tersebut sering digunakan untuk kebutuhan kantor atau kebutuhan pekerjaan lainnya. Dengan membaca penjelasan dalam artikel ini maka Anda setidaknya sudah mengetahui beberapa rumus yang harus Anda kuasai. Dengan ini Anda bisa memudahkan segala proses keuangan bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi akuntansi terbaik dari EQUIP. Karena aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengelola keuangan, kas, dan perihal akuntansi lainnya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA