Prospek Karir Influencer Marketing Tahun 2023

Apakah Anda pernah mendengar kata influencer atau influencer marketing? Istilah ini tentu saja berkaitan dengan seseorang yang memiliki jumlah pengikut (followers) yang cukup besar dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap para pengikutnya seperti selebgram, public figure, youtuber, dan masih banyak lagi. Influencer marketing sendiri merupakan sebuah strategi pemasaran yang saat ini banyak digunakan para pebisnis untuk membantu menaikkan tingkat penjualannya.

Pada perkembangan media sosial yang pesat, keberadaan influencer menjadi sangat penting untuk perkembangan suatu bisnis. Hal ini karena seorang influencer termasuk strategi pemasaran dimana suatu brand akan bekerjasama dengan influencer untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, strategi ini dapat membantu pemasaran produk tertentu dari brand tersebut. Karena manfaat influencer yang sangat luar biasa, maka tentu saja prospek karir ini sangat menjanjikan untuk tahun 2023. Simaklah artikel berikut ini, untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai karir influencer! 

kelola bisnis dengan satu sistem

Apa Itu Influencer Marketing? 

influencer marketing

Sebelum mengenal secara lebih lengkap mengenai influencer marketing, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa arti influencer. Dilansir dari bigcommerce.com, influencer adalah strategi sebuah brand untuk mempromosikan produknya melalui endorsements atau rekomendasi dari influencer atau content creators pada media sosial. Melalui wadah media sosial tersebut, seorang influencer akan membangun reputasi terkait dengan topik tertentu yang sesuai dengan keahliannya. Mereka akan membuat konten yang menarik pada jejaring media sosial miliknya dan akan menarik banyak pengikut yang antusias. Sebuah brand ingin melakukan kerjasama dengan influencer yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan tren dan mendorong followersnya untuk membeli produk brand tersebut.

Menurut situs Forbes, sebuah survei MuseFind memberikan informasi bahwa 92% konsumen mempercayai influencer lebih dari iklan. Social media sendiri sudah menjadi sebuah platform yang berisikan hampir seluruh orang yang menjadi pengguna aktif. Dapat ditarik kesimpulannya bahwa social media dan influencer mempunyai kekuatan yang besar dalam meningkatkan bisnismu. 

Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis 

Membangun kepercayaan dan lebih terjangkau

Biasanya seorang influencer merupakan orang yang mendapatkan pertama kali tentang suatu informasi mengenai produk terbaru tergantung bidangnya masing-masing. Bidang tersebut terdiri dari teknologi, kecantikan, travel, dan lainnya. Hal ini tentu saja membuat influencer menjadi trendsetter, sehingga banyak orang yang percaya dengan sebuah produk brand jika telah direkomendasikan oleh para influencers. Terlebih lagi, apabila influencer memiliki banyak fans. Jadi, ketika suatu brand berkolaborasi dengan influencer tersebut memunculkan perspektif baru mengenai brand. Ketika melihat idolanya menggunakan produk tentu akan menarik bagi konsumen. 

Untuk melakukan strategi marketing ini, tentunya tidak harus mengeluarkan budget yang mahal. Terkecuali, jika Anda ingin bekerja sama dengan selebritis yang mempunyai audiens yang luas. Jenis influencers sendiri terbagi melalui jumlah followers mulai dari micro yang mempunyai jumlah pengikut mulai dari 1000 sampai 100.000, macro dengan jumlah pengikut lebih dari 100.000, hingga celebrity influencers yang memiliki pengaruh sangat kuat. Tentu saja perbedaan jenis tersebut memiliki harga yang beda-beda.

Namun, jika Anda bandingkan dengan pemasangan iklan yang besar tentunya budget influencer masih relatif lebih kecil. Bahkan, ada beberapa influencer yang tidak mengambil bayaran sebagai ganti mendapatkan produk atau jasa dari brand tersebut. 

Membangun brand awareness dan akses untuk konsumen Millennial 

Untuk Anda yang baru merintis bisnis baru, strategi influencer marketing dapat Anda jadikan awal baru untuk meningkatkan brand awareness. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa influencers dapat menjadi trendsetter dalam semua kalangan pengguna aktif media sosial. Tingkat kepercayaan serta opininya mempunyai nilai keandalan yang tinggi. Hal ini akan membantu para konsumen untuk mengenal brand melalui influencers. Saat ini perkembangan teknologi pun sudah sangat berkembang, semuanya dapat terakses pada jejaring internet. Sehingga, para anak muda (Gen Z) yang mulai meninggalkan televisi dan beralih pada media digital. 

Prospek Karir Influencer Marketing pada Tahun 2023

Belakangan ini, influencer marketing sangat populer pada jejaring media sosial. Bukan hanya trend saja, strategi tersebut terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. Beberapa alasan berikut ini mengapa prospek karir influencer akan terus berkembang: 

Banyaknya pilihan dalam pembuatan konten 

Semakin berkembangnya media sosial, maka konten juga semakin variatif. Video merupakan salah satu jenis konten yang paling sering dibuat oleh seorang influencer. Video yang menarik tujuannya untuk mempromosikan suatu produk brand. 

Perkembangan agensi influencer marketing 

Dengan media sosial yang berkembang pesat, maka peluang untuk orang baru menjadi influencer semakin besar. Hal ini akan membuat semakin banyak pula audiens untuk berbagai macam niche market. Sehingga, akan lebih mudah untuk Anda menemukan influencer yang sesuai dengan produk brand. Ketika banyak orang yang menitik karier menjadi seorang influencer marketing maka muncullah sebuah agensi yang menaungi influencers dan agensi tersebut membantu brand untuk mendapatkan sosok yang tepat. 

software crm

Kesimpulan

Kini karir seorang influencer makin berkembang seiring dengan perkembangan digital yang pesat. Semakin banyaknya orang yang ingin menjadi influencer, muncullah sebuah agensi yang menaungi influencer marketing. Agensi tersebut akan membantu brand yang ingin berkolaborasi dengan influencer yang tepat. Karir influencer merupakan salah satu jasa profesional yang akan terus trend kedepannya, untuk sebuah agensi dapat menggunakan Sistem ERP Terintegrasi untuk bisnis jasa agar tetap optimal dalam menjalankan bisnisnya. Coba demo gratis sekarang! 

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now