Mengenal Procurement Management dan Fungsinya bagi Perusahaan

Dalam perkembangan bisnis, saat ini strategi procurement management sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Procurement management atau manajemen pengadaan adalah pengelolaan yang penting dalam manajemen untuk suatu bisnis dalam memperoleh barang atau jasa. 

Fungsi dari penggunaan strateginya yaitu sebagai sumber dan proses untuk dapat mengotomatiskan proses pengadaan perusahaan yang meliputi evaluasi, seleksi, dan pembuatan perjanjian kontrak formal serta mengelola hubungan pemasok perusahaan yang sedang berlangsung. 

Untuk mengetahui pentingnya, cara meningkatkan efisiensinya, fitur utama Procurement berbasis cloud serta rekomendasi sistemnya, mari simak artikel ini:

Procurement Management

Pengertian Procurement Management

Procurement adalah segala proses kegiatan pengadaan barang dan jasa. Prosesnya dari awal kegiatan seperti membuat list,  pemesanan, pembuatan purchase order hingga penerimaan barang. Tentunya kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang melibatkan dengan memperoleh barang atau jasa yang berkualitas dari vendor pilihan dalam anggaran yang sudah tetap sebelum batas waktu. 

Tantangan yang perusahaan hadapi saat ini yaitu, bagaimana perusahaan harus dapat mengontrol serta memantau proses pembelian yang dapat memangkas stok barang ganda, sehingga proses pembelian harus fleksibel. Maka dari itu, perusahaan perlu menerapkan strategi ini.

Pentingnya Procurement bagi Perusahaan

Sumber: pinterest.com

Selain berperan dalam pengelolaan manajemen perusahaan, peran procurement management juga sangat penting dalam mengotomatiskan proses permintaan dan pembelian dalam suatu perusahaan, karena dengan kehadirannya ini memastikan proses pengadaan barang akan berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir serta jumlah akan sesuai dengan pemesanan, selain itu memeriksa kualitas dari barang itu sendiri. 

Cara Meningkatkan Efisiensi Procurement Management

Aktivitas pengadaan membutuhkan kegiatan kinerja secara optimal dan efisien. Proses pengadaan membutuhkan beberapa cara untuk meningkatkan efisiensi dari penggunaan procurement management. Ada beberapa cara, yaitu:

Menggunakan sistem purchasing model terbaru

Menggunakan sistem pembelian atau purchasing model baru adalah cara yang terbaik untuk mengotomatisasi kegiatan manajemen pengadaan yang ada untuk meningkatkan efisiensinya. Anda dapat berkomunikasi dengan vendor Anda secara real-time dalam sistem pengadaan, yang memungkinkan Anda untuk menangani masalah yang berpotensi adanya hambatan dalam prosesnya.

Melakukan improvisasi vendor management

Akan sangat mudah jika menangani semua masalah yang berkaitan dengan pemasok terlaksana dalam satu tempat. Solusi procurement dari salah satu fitur Evaluation System dari EQUIP dapat memberikan kemudahan kelola vendor dengan mendapatkan laporan lengkap seputar kinerja vendor atau supplier bisnis Anda. 

Melakukan kontrol yang lebih besar terhadap pengeluaran perusahaan

Untuk melakukan kontrol dalam pengeluaran perusahaan, ada alternatif yang bagus untuk spreadsheet anggaran yang rumit dan transfer informasi yang tidak jelas dalam beberapa sistem ataupun data. Mari beralih ke sistem manajemen pengadaan dari procurement management software dari EQUIP yang didesain untuk memberikan kemudahan pada pengelolaan pengadaan barang dari berbagai jenis perusahaan dan industri.

Fitur Utama Procurement Management Berbasis Cloud

Sumber: pinterest.com

Dalam dunia pasar yang semakin kompleks dan dinamis, perusahaan membutuhkan alat yang mampu membantu meningkatkan proses pengadaan. Dengan solusi pengadaan yang lengkap, perusahaan dapat memanfaatkan informasi penting saat membuat keputusan. Solusi manajemen pengadaan berbasis cloud yang terintegrasi terdiri dari hal-hal berikut:

Manajemen supplier

Pengadaan strategis mulai dengan mengidentifikasi dan memenuhi syarat pemasok sebelum memulai negosiasi. Meliputi pengumpulan, penilaian, dan pemantauan data pemasok untuk memastikan bahwa pemasok mematuhi kebijakan bisnis. Dengan manajemen pengadaan, Anda dapat mengumpulkan informasi kualifikasi pemasok yang penting melalui kuesioner internal, eksternal dan profil swalayan. 

Manajemen PO, RFQ dan PR

Fitur ini mengubah purchase request menjadi purchase order secara instan serta membuat serta mengirim permintaan penawaran ke supplier yang berbeda. Untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis, Anda dapat memanfaatkan fitur dari Procurement management software EQUIP  by HashMicro yang akan memberikan Anda kemudahan pada pengelolaan pengadaan barang dari berbagai jenis perusahaan dan industri. 

Online portal untuk supplier

Kini banyak fitur-fitur yang dapat memudahkan Anda untuk mengelola bisnis, dalam berbagai fitur yang ada, salah satunya terdapat fitur online portal untuk supplier vendor dapat berbagi katalog melalui vendor portal dan dapat melakukan proses tender untuk mendapatkan penawaran terbaik dengan mudah. 

Manajemen Blanket Order

Blanket Order termasuk dari salah satu strategi pengadaan barang atau jasa. Dengan membuat kontrak secara jangka panjang, Pada saat waktunya end user membutuhkan maka vendor perlu memasok barang atau jasa secara cepat tanpa memerlukan waktu yang lama. Procurement software EQUIP dapat memudahkan Anda mengelola pembelian berulang dari penyuplai yang sama untuk sederhanakan proses procurement

Kalkulasi Landed Cost

Landed Cost sebagai segala pengeluaran yang harus perusahaan tangani mulai dari pembelian barang modal atau barang dagangan secara langsung, sehingga barang tersebut sampai ke gudang penyimpanan yang membelinya. Dengan kalkulasi landed cost Anda dapat mengetahui biaya total dari pembelian produk, termasuk pajak, biaya kirim, asuransi serta konversi mata uang. 

Baca juga: Mengapa Cloud Procurement Penting bagi Perusahaan?

Rekomendasi Procurement Management System Terbaik di Indonesia

Saat ini banyak berbagai perusahaan yang menerapkan software ERP yang fungsinya dapat mengelola sumber daya perusahaan dengan maksimal. Terdapat rekomendasi sistem procurement management untuk mengotomatiskan operasional perusahaan dibawah ini.

HashMicro

Berdiri pada tahun 2015, HashMicro hadir pertama kali di Singapura. Setelah itu membuka cabang di Indonesia ada tahun 2017 dengan membangun sebuah sistem berbasis cloud yang mengotomatiskan proses end-to-end operasi bisnis serta solusi otomatis yang mendukung kegiatan operasional bisnis. Dari berbagai sistem ERP, HashMicro memiliki software procurement terbaik. 

Equip

Software EQUIP by HashMicro memiliki UI/UX yang memudahkan user dalam mengoperasikannya, bahkan untuk yang baru menggunakan solusi ERP. Software ini menyesuaikan dengan user. Selain itu, fitur-fiturnya telah terlokalisasi sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia. Khususnya software procurement EQUIP yang memudahkan Anda dalam mengelola pengadaan barang.

Kesimpulan

Kini Indonesia sudah mulai memiliki pergerakan dalam bidang industri. ERP dapat mengoptimalkan operasional dalam bisnis Anda. Procurement sangat penting untuk mengotomatiskan proses permintaan dan pembelian dalam perusahaan. Anda dapat menggunakan software procurement EQUIP by HashMicro untuk memberikan kemudahaan dalam mengelola bisnis Anda.

Procurement Management

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA