Cara Memulai Bisnis Reseller Sukses, Keunggulan dan Jenisnya

Di era modern saat ini, ada banyak sekali pekerjaan baru yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, baik berpengalaman di bidangnya maupun tidak. Dari sekian banyaknya pekerjaan, reseller adalah salah satu yang populer saat ini. Banyak orang yang menganggap bahwa profesi ini merupakan salah satu cara untuk berbisnis dengan biaya yang sedikit. Agar pekerjaan tersebut berlangsung cepat dan akurat, Anda membutuhkan software inventory terlengkap. Pengaplikasian Software Inventory adalah untuk memudahkan proses mencatat mutasi tiap jenis persediaan yang disimpan di gudang, mengurangi terjadinya human error selama proses penginputan dengan sistem. Software ini sekaligus memudahkan proses pengawasan oleh manajemen perusahaan sehingga mengurangi resiko kehilangan barang atau lainnya.

Sehingga menggunakan software ini merupakan cara terbaik dalam mengelola stok barang. Sistem ini berkaitan erat dengan sistem penjualan, sistem retur penjualan, sistem pembelian, dan sistem retur pembelian. Tak heran, bahwa profesi ini menjadi favorit para anak muda, bahkan ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan.  Namun, tak sedikit juga yang berpikiran bahwa profesi ini tidak memberikan keuntungan yang maksimal. Selain itu, mungkin Anda juga sering mendengar istilah dropshipper. Kali ini kami akan membahas mengenai reseller dan dropshipper, serta apa saja manfaat yang Anda dapatkan.

reseller

Pengertian Reseller Adalah

Mungkin Anda telah menebak arti dari reseller. Jika kita lihat dari namanya yang berasal dari re- yang artinya kembali dan -seller yang artinya penjual, kita dapat menyimpulkan bahwa reseller adalah seseorang yang melakukan penjualan kembali barang-barang, baik di media sosial maupun secara langsung.

Lalu, mengapa menjadi seorang reseller artinya dapat menjalankan bisnis dengan biaya yang sedikit atau bahkan tidak membutuhkan modal? Hal ini dikarena reseller tidak perlu melakukan inventory barang yang begitu banyak. Selain itu, Anda pun akan mendapatkan harga khusus yang jauh lebih murah dari supplier agar bisa menjual produknya kembali.

reseller adalah
Sumber: Sindonews.com

Perbedaan Reseller dengan Dropshipper

Dalam kegiatan sales online, ada juga dropshipper yang tak kalah populer. Sampai saat ini, masih banyak orang yang tidak tahu membedakan reseller dengan dropshipper. Reseller adalah orang yang harus membeli produknya terlebih dahulu, promosinya pun dapat dilakukan melalui katalog atau testimoni pelanggan, dan pengiriman produk dilakukan sendiri.

Sedangkan, dropshipper adalah orang yang harus menjual suatu produk tanpa harus membeli dan melakukan stok barang terlebih dahulu, melakukan promosi dengan memberikan daftar produk yang dijual, serta pengiriman produk akan dilakukan oleh supplier langsung ke alamat pembeli.

Cara jadi reseller tentunya lebih sulit ketimbang jadi dropshipper. Cara jadi reseller harus memiliki modal yang cukup untuk membeli barang dari supplier. Welcome reseller tentunya menjadi posisi yang sangat menjanjikan sebagai usaha sampingan. Untuk itu, welcome reseller welcome artinya penjual yang mengizinkan orang lain menjual barangnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan apakah penjual welcome reseller atau tidak.

Baca juga: Software inventori: Pengertian, Manfaat, Fitur, serta Rekomendasi Terbaik

Keunggulan Reseller

Ada beberapa sistem dalam profesi ini yang memberikan keunggulan saat Anda melakukan suatu bisnis. Keunggulannya adalah dengan melakukan stok barang terlebih dahulu, Anda dapat memastikan kualitas produk dari supplier sebelum sampai ke pelanggan Anda. 

Dengan menjadi reseller, keuntungan yang akan Anda dapatkan pun lebih banyak karena supplier akan memberikan harga termurah agar Anda dapat menjual produknya kembali. Selain itu, waktu untuk bekerjanya juga sangat fleksibel. Maka dari itu, profesi ini dapat Anda gunakan untuk pekerjaan sampingan.

Kekurangan Reseller

Dalam segala hal pasti ada kekurangan yang harus Anda terima. Begitu juga dengan reseller. Ada beberapa kekurangan yang wajib Anda ketahui dalam menjadi reseller. Kekurangan tersebut adalah bisnis Anda akan bergantung dengan supplier. Artinya apabila supplier mengalami masalah, akan ada kemungkinan bisnis Anda pun akan mengalami gangguan. Selain itu, Anda pun perlu mengeluarkan biaya untuk membeli produk tersebut dari supplier dan kualitas dari produk tersebut tetap menjadi tanggung jawab Anda, bukan supplier.

Baca juga: SaaS adalah Software Pendukung Perkembangan Bisnis

Jenis-jenis Reseller

Dalam menjadi reseller, Anda juga perlu mengetahui jenis atau model yang akan Anda lakukan. Jenis dari profesi ini berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan Anda jalani. Berikut kami rangkum jenis-jenis yang ada dalam reseller:

1. Model web replika

Model ini adalah sistem dimana penjual ulang akan diberikan sebuah replika web sebagai wadah untuk promosi dan penjualan. Ketika Anda berhasil melakukan penjualan melalui website tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Model ini biasanya memerlukan sistem pendaftaran anggota terlebih dahulu agar bisa menggunakan website mereka untuk berjualan secara leluasa.

2. Model bagi hasil

Model ini adalah model bisnis yang paling umum. Sistemnya adalah ketika Anda menjual barang dari pemasok, maka akan ada pembagian hasil sesuai kesepakatan dan ditambah dengan produk yang berhasil Anda jual.

3. Model jual beli

Model ini mewajibkan Anda untuk membeli produk dari pemasok terlebih dahulu. Biasanya supplier menentukan harga dan kuantitas produk yang harus Anda beli. Dalam sistem ini, Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia dan mendapatkan penawaran khusus dari supplier.

4. Model jaminan

Pada model ini, pemasok akan menetapkan sejumlah biaya yang harus dibayar. Biaya ini berguna sebagai jaminan dalam bisnis kedua pihak untuk meminimalisir kerugian apabila terjadi hal yang dapat merugikan.

5. Model web alone

Model ini berjalan dengan memberikan Anda kebebasan untuk mengelola website penjualan. Sistem ini juga tetap memberikan harga yang jauh lebih murah kepada penjual yang ingin menjual barangnya kembali.

Baca juga: Sistem Akuntansi Terbaik untuk Memudahkan Laporan Keuangan Perusahaan

Kesimpulan

Reseller

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda semakin yakin untuk menjalani bisnis menjadi seorang reseller? Setiap hal memang memberikan keuntungan, namun juga ada kekurangan yang harus Anda ketahui dan terima. Profesi ini adalah adalah profesi yang cocok bagi Anda yang ingin menambah penghasilan tanpa harus menyita banyak waktu. Adanya software inventory EQUIP tentu memudahkan penyusunan laporan karena telah tersedia data-data akurat yang tinggal dimasukkan dalam tabel. Laporan tersebut berisi mengenai jumlah ketersediaan barang yang ada saat ini, minimal barang yang harus ada, dan beberapa laporan terkait penjualan lainnya. Tertarik mencoba? Daftar EQUIP sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA