Kiat Jualan Online Siap Jadi UMKM yang Bersaing!

Jualan online adalah salah satu cara yang sangat tepat untuk memulai suatu usaha bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar. Pilihan ini menjadi pilihan banyak orang karena Anda hanya memerlukan ponsel pintar dan jaringan internet untuk memulai bisnis Anda. Apalagi semakin maraknya eksistensi marketplace yang menyediakan lahan bagi para pebisnis untuk memulai usahanya menjadi jualan online. Dengan bantuan aplikasi POS terbaik Anda mampu mengelola bisnis Anda menjadi lebih maksimal.

Hal ini tentunya salah satu perkembangan teknologi karena Anda dapat menjual produk Anda pada masyarakat yang jauh lebih luas dari pada biasanya. Karena banyaknya pesaing yang akan Anda hadapi dalam menjalani bisnis online, Anda memerlukan beberapa strategi untuk menunjang bisnis Anda. Aplikasi retail dari EQUIP juga dapat membantu bisnis Anda untuk mengoptimalisasi efisiensi aktivitas bisnis Anda.

Hal ini juga menjadi pilihan terbaik karena dengan melakukan bisnis jualan online Anda tidak perlu untuk membayar sewa tempat untuk toko fisik bisnis Anda. Selain itu Anda juga tidak harus menyetok barang jualan Anda banyak-banyak. Karena dengan hal ini A  nda bisa mengambil barang dari produsen ketika ada orang yang ingin membeli produk Anda (dropshipper) sehingga stok tidak menumpuk.

Anda juga bisa menggunakan bantuan dari aplikasi inventaris EQUIP untuk melakukan tracking secara real time mengenai stok produk Anda. Dengan memilih stok mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak Anda mampu meminimalisir kerugian akibat stok barang yang terlalu banyak. Dengan bantuan aplikasi akuntansi EQUIP, Anda bisa mengelola keuangan bisnis Anda dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara dan tips dalam menjalankan bisnis online agar bisnis Anda bisa bersaing di pasaran.

jualan online

 

Bagaimana Cara Mencari Tahu Produk Jualan Online yang Paling Laris dan Menjanjikan?

Karena banyaknya pilihan produk yang dapat menjadi peluang Anda untuk berbisnis secara online, Anda perlu untuk mencari tahu produk mana yang nantinya akan laris dan banyak masyarakat luas cari. Hal ini tidak lain adalah agar bisnis Anda berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Karena sebagai seorang pebisnis pemula Anda memerlukan pengetahuan yang luas agar usaha Anda tidak sia-sia dan menghadapi kerugian. Berikut adalah cara untuk mengetahui produk yang paling menjanjikan untuk usaha bisnis Anda.

Marketplace eCommerce

Dengan memanfaatkan platform dari marketplace yang tersedia sekarang, Anda dapat mencari tahu mana produk yang sedang trend dan ramai dibicarakan. Biasanya dalam marketplace ini terdapat halaman khusus untuk menunjukan produk mana saja yang laris dalam berbagai kategori dan berbagai waktu. Selain itu dalam kolom pencarian biasanya ada beberapa saran dari marketplace tersebut tentang produk yang banyak masyarakat cari akhir-akhir ini. 

Baca juga: Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan Tahun 2022

Media sosial

Dengan media sosial Anda bisa melihat berbagai influener yang sedang mempromosikan barang dari suatu merek. Dengan ini Anda bisa melihat mana produk yang paling sering influencer promosikan. Karena biasanya masyarakat atau konsumen akan melihat ulasan produk dari influencer terlebih dahulu sebelum mereka membeli suatu barang. Atau Anda bisa memanfaatkan fitur hashtag pada Twitter dan Instagram untuk mencari tahu produk yang sedang populer ini. 

Situs pelaporan trend

Dalam platform ini Anda bisa menemukan produk yang banyak orang minati. Berikut adalah beberapa dari platform tersebut:

  1. Google Trends. Platform ini sering penjual gunakan karena platform ini menyediakan data yang real-time mengenai topik yang sedang ramai dibicarakan. Fitur ini juga dapat membagi menurut waktu, jenis pencarian terbanyak, wilayah, hingga kategori topik.
  2. Think with Google. Fitur category trend dalam platform ini mampu menampilkan benda atau produk yang sedang trend dan produk dengan permintaan terbanyak dalam jualan online.
  3. Trend Hunter. Terakhir situs ini memiliki keunggulan mampu untuk merangkum produk best-selling yang populer pada setiap bulannya. Selain itu jika Anda mencoba situs ini dengan versi berbayar, Anda mampu untuk memantau topik tertentu untuk mengakses laporan trend secara lengkap.

Tool lain untuk menilai produk jualan online paling laku

Setelah Anda tahu mana produk yang menurut Anda memiliki potensi yang cukup bagus dalam pasar. Anda bisa menggunakan situs berikut untuk meyakinkan pilihan Anda:

  1. Tool evaluator produk Better Lemonade Stand. Dengan situs ini Anda hanya harus mengisi beberapa informasi mengenai toko dan produk Anda untuk mengetahui nilai skor mengenai kelemahan dan kelebihan dari produk yang Anda jual.
  2. Viral Launch. manfaat dari situs ini adalah karena memiliki fitur market intelligence yang mana dengan fitur ini Anda akan mendapatkan masukan mengenai ide dari produk Anda. Kelebihan lainnya adalah fitur ini juga mampu memperkirakan profit yang akan Anda dapatkan dan melihat kepopulerannya di pasaran.

Faktor yang membuat suatu item menjadi produk jualan online terlaris

Berikut adalah beberapa kriteria yang mampu menghasilkan hasil yang lebih akurat untuk mencari produk jualan yang mampu menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda:

  1. Sesuai dengan minat. Dengan memilih produk sesuai dengan minat Anda maka Anda akan jauh lebih mudah dalam melakukan pemasaran dari produk tersebut. Karena Anda bisa lebih terhubung dengan pembeli dan dapat merekomendasikan produk yang terbaik untuk pembeli.
  2. Mampu mengatasi masalah. Produk yang Anda jual harus mampu mengatasi masalah. Maksud dari mengatasi masalah adalah memiliki fungsi dan manfaat yang berguna bagi pemakainya.
  3. Memiliki potensi. Dengan ini Anda dapat membuat strategi pemasaran yang akan membuat merek Anda berkesan sehingga akan mudah untuk konsumen atau audiens ingat dalam kehidupan kesehariannya.
  4. Menghasilkan profit. Harga jual yang Anda tentukan harus menutup semua biaya yang Anda keluarkan agar keuntungan yang Anda dapatkan dapat menghasilkan profit yang besar bagi merek Anda.
  5. Sulit dicari. Menjual produk atau barang yang susah dicari adalah sebuah keuntungan yang besar bagi bisnis Anda. Karena dengan ini Anda akan mampu menarik perhatian banyak orang untuk membeli produk Anda. Selain itu minimnya pesaing dari produk Anda juga merupakan keuntungan dari menjual produk yang unik.

 

Daftar Ide Jualan Online Paling Laris

Setelah Anda tahu bagaimana mencari produk yang sedang trend, berikut adalah beberapa daftar saran tentang produk yang bisa Anda jual karena memiliki peluang bisnis yang menjanjikan karena banyak audiens cari.

Masker

Karena kondisi yang sedang ramai akibat Covid-19 masker adalah salah satu produk yang paling laris belakangan ini. Walaupun masa pandemi ini akan berakhir sebentar lagi namun penggunaan masker masih menjadi suatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Apalagi sekarang banyak yang menjadikan masker sebagai salah satu item aksesoris dalam berpenampilan maka produk ini dinilai akan ramai untuk Anda jual. Selain itu Anda bisa membuat design-design unik yang berbeda untuk dapat menarik perhatian banyak orang untuk membeli produk Anda.

jual masker
sumber: freepik.com

Skincare

Berikutnya adalah produk perawatan seperti skincare. Nyatanya selama masa pandemi ini banyak orang yang sadar mengenai pentingnya untuk merawat tubuh dan kulit mereka. Maka dari itu dengan menjual beberapa produk skincare menjadi langkah yang cemerlang untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dari jualan online Anda. Anda tidak harus untuk membuat merek skincare Anda sendiri untuk menjual produk ini. Anda bisa mencoba jualan menjadi dropshipping yang mana Anda akan menjual produk dari beberapa brand ternama dan Anda bisa menjualnya lagi ke pasaran.

Pakaian

Untuk menjual produk pakaian ini baik untuk pria maupun wanita akan membuat bisnis Anda mencapai keuntungan yang besar. Karena pakaian saat ini menjadi sebuah trend fashion yang banyak masyarakat gandrungi. Selain itu masyarakat biasanya akan secara impulsif ketika melihat pakaian yang sekiranya bagus dan cocok dengan dirinya. Pakaian juga banyak jenisnya dan hal ini membuat bisnis Anda memiliki variasi yang beragam mengenai produk pakaian yang akan Anda jual.

Baca juga: Tertarik Memulai Usaha Toko Baju? Berikut 6 Tips Suksesnya!

Aksesoris handphone

Pada jenis produk elektronik ini, Anda bisa menjual case, popsocket, powerbank, ring holder, kabel USB dan lain sebagainya. Aksesoris ini juga dinilai menjadi barang yang laris karena memiliki fungsi dan pasar yang berbeda untuk mendukung penampilan konsumen Anda. Untuk memasarkan produk ini juga tidak sulit karena akan banyak konsumen yang menginginkan produk Anda karena nilai jual yang tinggi.

Merchandise K-Pop

K-Pop di Indonesia sudah menjamur di Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu. Oleh karenanya penggemar dari berbagai grup idol K-Pop pun sangat banyak di Indonesia. Maka dari itu dengan Anda menjual berbagai macam merchandise dari idol group seperti album musik, poster, hingga photocard merupakan barang jualan online yang akan laris karena antusias penggemar yang akan membludak.

Peralatan olahraga

Dan rekomendasi produk terakhir adalah peralatan olahraga. Saat ini banyak masyarakat yang mulai untuk melakukan kegiatan aktivitas olahraga di rumah. Misalnya dengan melakukan beberapa workout dan lain sebagainya. Maka dari itu permintaan matras olahraga dan alat angkat berat menjadi produk yang lumayan banyak dicari masyarakat.

 

Cara Memilih Produk Jualan Online yang Tepat

Untuk membuat usaha Anda memiliki nilai yang besar Anda perlu memilih satu kategori mengenai apa yang ingin Anda jual. Maka dari itu memilih satu dari banyaknya produk untuk jualan online Anda memang susah karena sekali memilih Anda harus menekuninya agar bisnis Anda bisa besar. Oleh karenanya berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih produk jualan yang bisa Anda coba:

Ciptakan solusi untuk pelanggan

Cara terbaik untuk memilih produk jualan adalah dengan menjual produk yang sekiranya dapat menciptakan solusi atas permasalahan yang pelanggan alami. Dengan begitu dagangan Anda akan banyak dicari dan menjadi pilihan pertama dari konsumen ketika membutuhkan solusi dari masalah yang mereka hadapi. Intinya Anda perlu mengetahui permasalahan yang orang banyak alami dan produk Anda hadir untuk menciptakan solusi dari masalah tersebut dari produk yang akan Anda jual.

Jual produk sesuai passion

Tips berikutnya adalah dengan menjual sesuatu tentang topik yang Anda sukai. Dengan Anda menjual produk yang sesuai dengan minat dan passion Anda, maka pengetahuan Anda tentang produk yang akan Anda jual juga akan menjadi nilai tambah dari bisnis Anda. Selain itu dengan menjual produk sesuai minat Anda, tentunya akan membuat Anda termotivasi dan tetap semangat untuk menjalankan bisnis Anda. Dan akan mampu menghadapi hambatan yang akan Anda hadapi.

Ketahui produk yang sedang trend

Selain memilih produk yang Anda sukai, Anda juga harus mengetahui produk yang sedang trend. Alasannya sederhana, yakni produk tersebut pasti sedang dicari banyak orang sehingga keuntungan yang Anda dapatkan bisa maksimal. Dengan mencari produk apa yang sedang trending, Anda bisa mencarinya pada situs-situs yang telah disebutkan diatas untuk lebih lanjutnya.

Baca review pelanggan tentang produk sejenis

Ketika Anda sudah memutuskan barang apa yang ingin Anda jual, Anda bisa membaca review produk serupa dari kompetitor Anda. Gunanya adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai keluhan dari produk yang akan Anda jual. Dengan informasi ini maka Anda bisa memanfaatkan kelemahan konsumen sebagai improvisasi dari produk Anda yang nantinya akan menjadi nilai lebih dari produk Anda.

Manfaatkan riset keyword untuk produk

Dengan melakukan riset keyword untuk memilih produk yang akan Anda jual, Anda akan dengan mudah untuk menemukan barang yang sedang trend dengan akurat. Karena dengan melakukan riset ini Anda bisa menggunakan tools yang tersedia di internet untuk mengetahui volume pencarian dan Anda juga mampu memahami grafik pencarian dari kurun waktu tertentu.

Baca juga: 7 Cara Efektif Mendapatkan Lebih Banyak Prospek untuk Bisnis Anda

Cari tahu produk dengan keuntungan besar

Tips klasik untuk menentukan produk jualan adalah dengan menjual produk dengan modal kecil namun dengan potensi keuntungan yang besar. Hal ini memiliki resiko yang rendah sehingga cocok untuk para pemula bisnis. Ada beberapa jenis barang yang membutuhkan modal sedikit seperti aksesoris handphone. Tidak lupa Anda mempertimbangkan biaya ongkos kirim ketika menentukan harga dari produk Anda sehingga akan tetap murah ketika dikirim melalui jasa ekspedisi.

Baca Juga: 6 Langkah Sukses Memulai Usaha Jasa Pengiriman untuk Pemula

Peka terhadap peluang dan kesempatan

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan kepekaan Anda terhadap peluang dan kesempatan yang akan Anda hadapi. Alasannya adalah karena dunia online yang selalu berkembang setiap waktu, jenis barang yang sedang trend juga memiliki siklusnya sehingga kemungkinkan akan tidak trend pasa masa yang akan datang. Dengan ini Anda memerlukan pemikiran ide yang brilian sehingga ketika hal ini terjadi Anda memiliki backup plan terhadap bisnis yang Anda jalani.

 

Kesimpulan 

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa untuk menentukan jenis produk yang akan anda jual bukan sesuatu yang mudah. Perlu untuk melakukan beberapa tips dan riset yang mendalam sehingga produk yang Anda pilih tidak salah dan mampu mendatangkan keuntungan bagi Anda. Anda bisa mengelola berbagai aktivitas bisnis Anda seperti manajemen inventaris, eCommerce, pengelolaan pelanggan, dan aktivitas lainnya dengan bantuan aplikasi software grosir retail. Dengan ini maka bisnis Anda dapat berjalan dengan baik karena adanya bantuan dari aplikasi dari EQUIP ini.

jualan online

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA