Part II: Keuntungan Perangkat Lunak ERP bagi UMKM

Setelah mengetahui definisi sistem ERP beserta beberapa keuntungan pada part sebelumnya. Maka dalam part kedua ini akan melanjutkan keuntungan lainnya yang belum tertulis dan akan membahasnya dalam artikel ini. Mengapa sih perangkat lunak ERP sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis? Seiring berkembangnya teknologi dan zaman, maka ekosistem bisnis menjadi lebih cepat terdisrupsi. Dalam artian ini bahwa terjadinya perubahan besar-besaran di berbagai bidang akibat banyaknya inovasi baru dan kemajuan teknologi. Era disrupsi adalah era perubahan tatanan dan kebiasaan yang memunculkan tantangan – tantangan baru.

Terdapat banyak manfaat dan kegunaan sistem ERP untuk berbagai kegiatan bisnis. Sebagai contoh penerapan ERP untuk industri manufaktur, grosir, ritel, F&B, konstruksi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk bisa beradaptasi dengan  ikut berubah melalui penerapan sistem ERP terbaik. Sehingga, pentingnya kita mengetahui perangkat lunak ERP yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis yang sedang berjalan.

perangkat lunak ERP

Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak ERP bagi UMKM

Penggunaan sistem ERP merupakan bentuk investasi pada bidang teknologi untuk pengembangan bisnis dan efisiensi kinerja karyawan. Bagi pebisnis UMKM tentunya dapat menggunakan perangkat lunak ERP untuk memudahkan segala pengerjaan, sehingga dapat mengoptimalkan perkembangan bisnis dengan optimal.

1. Proyeksi bisnis yang lebih akurat

Dalam mengerjakan suatu proyek bisnis, tentunya banyak faktor yang harus diperhatikan agar semua berjalan dengan lancar. Dengan membuat prakiraan atau forecast yang dapat membantu mengembangkan bisnis. Untuk memudahkan mengawasi berjalannya proyek bisnis, maka perangkat lunak ERP dapat memudahkan pengerjaan proyek dan memberikan visibilitas lebih akurat. 

Baca juga: Product Life Cycle untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

2. Pelaporan data yang terotomatisasi dan real-time

Dengan menggunakan perangkat lunak ERP yang sudah terotomasi, maka akan mendapatkan pelaporan data secara real-time. Laporan real-time dapat mempercepat proses pengerjaan bisnis yang lain juga. Memasukkan data hanya perlu mencatat sekali saja saat terjadinya transaksi, sehingga tidak perlu mencatat data pada modul lainnya.

Sumber: freepik.com

3. Meningkatnya pelayanan dan kepuasan pelanggan

Manfaat lainnya ketika Anda menggunakan sistem ERP dari EQUIP adalah dapat meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan. Dengan ERP maka pelayanan dan komunikasi antar pelanggan dapat merasa lebih mudah dijangkau. Anda dapat melihat riwayat pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga pelanggan pun dapat merasa terpuaskan dari pelayanan yang Anda berikan dan kebutuhan mereka dapat terpenuhi. 

4. Meningkatkan daya saing perusahaan dalam industri

Bersamaan dengan permintaan minat konsumen yang semakin tinggi dan diiringi dengan perkembangan teknologi, penting bagi Anda untuk mengaplikasikan sistem yang modern dan berbasis teknologi. Sehingga perusahaan Anda dapat memenangkan persaingan di industri Anda. Bisnis yang sukses pada umumnya dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dan bisa mengikuti ritme permintaan konsumen, serta perkembangan teknologi untuk menciptakan daya saing yang berpotensi.

Sumber: freepik.com

5. Meningkatkan efektivitas dari penerapan strategi perusahaan

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan efektivitas dari kinerja strategi sebuah perusahaan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu repot untuk memaksimalkan strategi perusahaan secara manual. Contoh penerapan menggunakan sistem ERP dari EQUIP pada industri manufaktur menjadi lebih efektif ketika Anda melakukan pencarian barang di gudang yang dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik. Sehingga perusahaan Anda dapat memproses pengiriman barang lebih cepat.

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

6. Membuat standarisasi prosedur operasional

Setiap bisnis tentunya memerlukan prosedur operasional yang sesuai standar skala bisnis UMKM. Dengan adanya perangkat lunak ERP, maka dapat membuat standarisasi prosedur operasional bisnis secara menyeluruh. Sehingga perusahaan dapat beroperasional dengan efektif dan efisien, serta dapat menerapkan prosedurnya sesuai standar yang ada. Pekerjaan menjadi lebih optimal tertata rapi dan tidak bergantung pada pekerja individu.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

7. Meminimalisasi terjadinya kesalahan akibat human error

Perangkat lunak ERP yang sudah terotomasi dapat membantu perusahaan Anda dalam mengurangi terjadinya kesalahan dalam penginputan data akibat human error. Terjadinya human error disebabkan oleh aktivitas manusia karena kurangnya ketelitian dalam proses pencatatan data secara manual dan yang dapat merugikan kinerja perusahaan itu sendiri. 

Baca juga: Apa Itu ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis?

Kesimpulan

Berdasarkan manfaat dari perangkat lunak ERP yang memiliki fitur lengkap, maka dapat menggunakan dalam pengembangan UMKM Anda. Mulai dari pengerjaan proyek menjadi lebih akurat, pelaporan data secara real-time, meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, serta meningkatkan daya saing perusahaan dalam industri. Selain itu, manfaat lain dari sistem ERP dari EQUIP, membuat prosedur operasional sesuai standar UMKM, dan meminimalisir kesalahan akibat human error. Sehingga bisnis Anda dapat berkembang dengan optimal. 

Dengan sistem ERP dari EQUIP yang sudah terintegrasi dengan sistem retail, sistem industri trading, dan F&B. Maka dapat memudahkan untuk mengakses ke segala aspek dan modul yang tersedia. EQUIP juga menyediakan untuk demo gratis untuk mencoba fitur-fitur yang tersedia. Daftarkan UMKM Anda sekarang!

perangkat lunak erp

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Dapatkan demo gratis dan nikmati fitur serta modul yang sudah tersedia oleh EQUIP. Perangkat lunak ERP EQUIP memiliki desain yang mudah untuk Anda mengerti dan operasikan bahkan bagi yang baru pertama kali menggunakannya. Selain itu, pengguna dapat mengkonfigurasi secara mudah dan hanya membutuhkan beberapa kali sesi pelatihan. Fitur dari EQUIP ini telah terlokalisasi sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia. Hanya dengan Rp 75.000/bulan Anda sudah dapat menggunakan fitur-fitur dari EQUIP untuk menaikkan level bisnis Anda!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA