11 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan dan Patut Anda Coba!

Di era digital saat ini, mendirikan bisnis memang memiliki tantangan sendiri. Banyak Yang gagal namun lebih banyak pula yang berhasil. Para pengusaha yang cerdik telah mengikuti zaman dengan mulai melakukan digitalisasi sistem CRM yang baik bagi bisnisnya. Tak sedikit para pula pebisnis berekspansi ke bisnis digital untuk menjangkau market yang lebih luas. Tentunya hal ini akan menjadikan keuntungan bertambah, dengan sistem pengelolaan CRM yang baik maka leads penjualan pun bertambah. Lalu apakah bisnis digital itu?

Bisnis digital adalah jenis bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk membuat produk dan memasarkannya. Kini, hampir semua bisnis memanfaatkan teknologi digital untuk berkembang utamanya dalam sistem CRM otomatis pada bisnisnya. Tren bisnis digital menjadi jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Siapa saja bisa menjalankannya dan peluang masih terbuka lebar apabila Anda mampu mengelolanya dengan baik menggunakan sistem pengelolaan keuangan yang baik. Berikut ini berbagai ide bisnis digital yang memiliki peluang yang bagus untuk Anda coba. 

ide bisnis digital

Daftar Isi

  1. Online Shop
  2. Bisnis Dropshipping
  3. Bisnis Afiliasi
  4. Kursus Online
  5. Freelancer
  6. Blogger
  7. Influencer
  8. Youtuber
  9. Content Creator
  10. Digital Creative Agency
  11. Photographer
  12. Kesimpulan

1. Bisnis Online Shop

Seperti namanya, online shop merupakan toko yang menawarkan produk atau jasa secara online. Berjualan online adalah salah satu ide atau contoh bisnis digital terbaik karena potensi e-commerce di Indonesia tergolong besar. Anda dapat memasarkan produk yang Anda punya ke dalam e-commerce yang sudah banyak Anda temui di Indonesia.

Pada umumnya, bisnis satu ini bisa dimulai dengan memiliki website atau platform sebagai sarana transaksi pembelian produk melalui internet. Dengan kemajuan teknologi, bahkan para pemula bisa membuat website sendiri menggunakan platform pembuatan website yang mudah dan simpel seperti WordPress. Setelah memiliki website sendiri, Anda dapat mengoptimalkan online shop Anda dengan sistem penjualan yang terbaik.

Baca juga: Kiat Jualan Online, Siap Jadi UMKM yang Bersaing!

2. Bisnis Dropshipping

Sudah banyak orang yang sukses menjalankan bisnis sebagai dropshipper. Cara kerjanya juga terbilang mudah, di mana Anda hanya perlu menjualkan barang milik toko online lain. Apabila ada pelanggan yang membeli produk yang Anda tawarkan, toko online atau agen akan mengirimkan barang pesanan tersebut ke pembeli menggunakan nama Anda atau nama toko online milik Anda. Saat menjalankan ide bisnis digital ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial dengan mengoptimalkan sistem CRM yang tepat.

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Reseller dengan Software CRM

3. Bisnis Afiliasi

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang atau jasa orang lain baik individu maupun perusahaan dengan imbalan berupa komisi.
Sumber: Canva.com

Afiliasi adalah kegiatan memasarkan barang atau jasa orang lain baik individu maupun perusahaan dengan imbalan berupa komisi. Jika Anda ingin mencoba macam macam bisnis digital, maka bisnis afiliasi bisa menjadi ide bisnis digital yang menjanjikan di tahun 2022. 

Tidak ada batasan untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis afiliasi. Caranya pun terbilang mudah, di mana Anda hanya perlu mendaftar di sebuah program afiliasi hingga kemudian mendapatkan kode referal atau tautan khusus. Selanjutnya, Anda bisa memasarkan produk atau tersebut di berbagai media seperti media sosial dan website

Semakin banyak orang yang membeli produk menggunakan kode referal atau tautan yang Anda bagikan, semakin banyak komisi yang akan Anda dapatkan. Bisnis digital satu ini cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis secara online dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Baca juga: Peran dan Strategi Menjadi Distributor Sukses yang Perlu Anda Pahami

4. Bisnis Kursus Online

Siapa bilang jika guru harus selalu berseragam formal dan pergi ke sekolah atau lembaga kursus? Dengan kemajuan teknologi, Anda bahkan bisa mengajar secara online. Bisnis digital ini layak untuk Anda coba apabila memiliki keahlian mengajar dan komunikasi yang baik. Berbagai platform menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan mengajar secara online. Jika lebih tertarik membangun kursus online sendiri melalui website yang dimiliki, coba pemasaran digital seperti menggunakan Google Ads Indonesia.

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

5. Freelancer

Bagi sebagian orang, istilah freelancer sudah lagi tidak asing. Freelancer atau pekerja lepas memberikan kesempatan bagi semua orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jam kerja yang fleksibel membuat orang-orang merasa nyaman menjadi freelancer. Ide bisnis digital satu ini memberikan kesempatan Anda untuk memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan serta target pendapatan yang Anda punya. Ada berbagai macam pekerjaan sebagai freelancer mulai dari penulis artikel lepas, desainer lepas, hingga entry data.

6. Blogger

Apabila Anda memiliki hobi atau passion tertentu, menjadi blogger bisa menjadi ide bisnis digital yang cocok. Untuk menekuninya, Anda harus memiliki keahlian menulis dan kreativitas agar bisa menarik minat para pembaca. Pastikan untuk konsisten dalam membagikan konten blog yang menarik dan juga tingkatkan skill menulis Anda setiap saat. Saat memiliki traffic blog yang sudah tinggi, Anda bisa memasang iklan di laman blog tersebut yang bisa menjadi cara mendapatkan uang secara online

Baca juga: Fakta Penting Menentukan Target Pasar yang Wajib Pebisnis Ketahui!

7.Influencer

menjadi seorang influencer bisa jadi sebuah peluang bisnis digital yang menjanjikan.
Sumber: Canva.com

Jika Anda pengguna Instagram dengan jumlah follower yang cukup banyak, menjadi seorang influencer bisa jadi sebuah peluang yang menjanjikan. Mari kita melihat sosok MgdalenaF. Ia rajin membuat konten di Instagram ketika tengah mencicipi makanan di salah satu restoran. Cara penyampaian yang menarik dan pilihan makanan yang super pedas membuat banyak orang tertarik. Hasilnya, jumlah follower yang mencapai 1,4 juta pengguna. Di tahap awal, Anda cukup fokus pada kualitas konten yang Anda hasilkan. Jika jumlah follower Anda meningkat, bisa saja datang tawaran kerjasama dari pihak baik dengan melakukan posting iklan produk maupun melakukan review berbayar.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

8. Youtuber

Sebagai seorang yang kreatif dan selalu bisa menghasilkan ide, Anda bisa menuangkannya di konten yang kemudian bisa Anda bagikan di YouTube. Dengan jumlah subscribers dan views yang banyak serta menerapkan strategi video marketing terbaik, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan. Sebagai seorang youtuber selain Anda mendapatkan penghasilan dari Ads YouTube, Anda juga bisa membuka endorsement pada channel YouTube Anda.

Baca juga: Ketahui Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

9. Content Creator

Saat ini, Tiktok menjadi salah satu platform media sosial yang populer dan banyak digunakan terutama di masa pandemi. Keadaan ini bisa Anda manfaatkan untuk berkarya sekaligus mendapatkan penghasilan dengan menjadi seorang content creator. Konten Tiktok yang mampu menarik banyak orang bisa mendatangkan pengikut pada akun Tiktok milikmu.

Dengan jumlah pengikut yang tinggi, akan banyak bisnis yang melirik akun dan konten Anda. Dengan memahami algoritma Tiktok, Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui endorsement di berbagai konten yang Anda bagikan. Jangan lupa juga untuk menerapkan sistem CRM yang baik melalui tiktok dengan tepat!

Baca juga: Pentingnya Brand Awareness bagi Kesuksesan Bisnis Anda

10. Digital Creative Agency

Jika Anda memiliki keahlian dalam mengelola sosial media, membuat website, membuat design dan creative content serta ingin mendapatkan penghasilan dari skill tersebut. Anda dapat memanfaatkan skill tersebut dengan membuat digital creative agency yang memiliki peluang besar dan menguntungkan. Kebutuhan bisnis untuk beralih ke media digital dan media sosial membuat bisnis ini akan sangat dibutuhkan. Perusahaan tentu akan membutuhkan agency untuk dapat mengelola sosial media mereka, membuat content marketing, merancang website perusahaan, dan sebagainya. 

Dalam mengelola sosial media, website, leads, dan sebagainya yang berkaitan dengan penjualan, perusahaan memerlukan software CRM. Strategi ini akan mempengaruhi peningkatan penjualan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Metode Direct Selling dan Tips Mengoptimalkannya

11.Photographer

Ide bisnis digital selanjutnya adalah menjadi photographer profesional secara freelance yang dibayar setiap kali ada pekerjaan
Sumber: Canva.com

Bagi yang gemar fotografi, tak ada salahnya mencoba menambah penghasilan dengan cara menjual stok foto. Kini, ada berbagai aplikasi yang menyediakan layanan untuk menjual stok foto, seperti Contributor by Getty Images, Shutterstock Contributor, dan sebagainya. Untuk menjual foto di aplikasi tersebut, tentunya kualitas foto harus terjaga dengan resolusi yang bagus. Terapkan pengetahuan teknik dalam fotografi dan editing agar gambar yang dihasilkan jadi lebih menarik. Foto-foto yang Anda hasilkan nantinya akan dibeli oleh pihak lain untuk berbagai keperluan. Atau Anda juga bisa menjadi photographer profesional secara freelance yang dibayar setiap kali ada pekerjaan.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

Kesimpulan 

Bisnis digital adalah bisnis yang masih potensial hingga beberapa tahun ke depan karena kemajuan dari teknologi yang terus berkembang. Beragam contoh bisnis digital juga telah disampaikan sebagai bahan pertimbangan supaya Anda dapat menentukannya sendiri sesuai dengan target market Anda. Anda harus mampu menentukan bentuk bisnis digital yang ideal untuk Anda. Setelah itu, Anda dapat mulai memaksimalkan keuntungan dengan sistem CRM yang baik untuk bisnis Anda.

ide bisnis digital

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Software CRM Equip ERP merupakan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat Anda kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna tanpa batas. Segera otomatisasi bisnis Anda dengan teknologi yang tepat demi perkembangan bisnis Anda menjadi lebih baik dan modern. Lakukan demo gratis Software Equip ERP sekarang!

Afzal Ziqri
Afzal Ziqri
The Man Who Want To Know Everything and Share It. Business Inquiries : [email protected]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA