Catat! Data Tanggal Merah dan Daftar Libur Nasional 2022

Penetapan hari libur nasional 2022 tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 963 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021, Nomor 4 Tahun 2021 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022.

Sesuai dengan hal itu, Anda sebagai pelaku usaha sudah harus menyiapkan rencana untuk menatap hari libur nasional yang biasanya akan terjadi kenaikan harga barang. Oleh karena itu, gunakanlah sistem pengelolaan gudang yang baik untuk mengatur persediaan stok Anda dengan software inventaris barang.

Dengan penggunaan sistem pengelolaan gudang yang baik, tentunya akan mempermudah Anda mengatur stok barang untuk bisnis Anda. Sistem pengelolaan gudang dapat membantu Anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk menambah stok saat harga murah dan kapan waktu yang tepat untuk menjual dengan harga tinggi. Tidak hanya itu saja, tentunya dengan sistem pengelolaan gudang yang baik ini Anda dapat memaksimalkan keuntungan bisnis yang Anda jalani.

Libur Nasional

 

Data Libur Nasional 2022

Sesuai dengan yang tertuang dalam SKB beberapa menteri yang terkait. Terdapat total 16 hari libur nasional 2022. Sementara itu, Menko PMK menerangkan, penetapan cuti bersama tahun 2022 akan ditetapkan kemudian sambil melihat perkembangan pandemi Covid-19. Muhadjir menyampaikan, penetapan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2022 dimaksudkan sebagai pedoman bagi masyarakat, sektor ekonomi, dan sektor swasta dalam beraktivitas, serta sebagai rujukan bagi kementerian dan lembaga pemerintahan dalam menentukan perencanaan program-program kerja.

Berikut ini daftar libur nasional 2022 atau tanggal merah 2022:

  • Sabtu, 1 Januari 2022 : Tahun Baru 2022 Masehi
  • Selasa, 1 Februari 2022 : Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili
  • Senin, 28 Februari 2022 : Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW
  • Kamis, 3 Maret : Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944
  • Jumat, 15 April : Wafat Isa Almasih
  • Minggu, 1 Mei : Hari Buruh Internasional
  • Senin-Selasa, 2-3 Mei : Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah
  • Senin, 16 Mei : Hari Raya Waisak 2566 BE
  • Kamis, 26 Mei : Kenaikan Isa Almasih
  • Rabu, 1 Juni : Hari Lahir Pancasila
  • Sabtu, 9 Juli : Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah
  • Sabtu, 30 Juli : Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah
  • Rabu, 17 Agustus : Hari Kemerdekaan RI
  • Sabtu, 8 Oktober : Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Minggu, 25 Desember : Hari Raya Natal

Baca juga: Inventory Control adalah Hal Penting yang Sering Disepelekan oleh Pebisnis

Selain libur nasional, tentu hari yang paling anak Anda nanti adalah tanggal merah.
Sumber: Canva.com

Setiap pergantian tahun, salah satu resolusi yang populer adalah untuk lebih sering melakukan perjalanan liburan. Selain libur nasional, tentu hari yang paling anak Anda nanti adalah hari libur sekolah. Oleh sebab itu, penetapan hari libur sekolah menjadi berita yang selalu anak Anda pantau untuk mengajak Anda untuk berlibur bersama.

Di tahun 2022 ini, hari libur sekolah ditetapkan sebagai berikut:

  • Senin-Rabu, 4-6 April : Perkiraan Libur Awal Bulan Ramadhan 1443 H
  • Jumat-Sabtu, 29 April-14 Mei : Perkiraan Libur Lebaran dan Cuti Bersama Idul Fitri 1443 H
  • Sabtu-Sabtu, 25 Juni-9 Juli : Libur Kenaikan Kelas
  • Minggu-Rabu, 23 Desember-4 Januari : Perkiraan Libur Natal, Tahun Baru, dan Pergantian Semester

 

Jaga Stok Barang Menggunakan Software Gudang

Hari libur nasional telah memiliki ketentuan, pasti banyak dari para pelaku usaha atau bisnis telah merencanakan jadwal untuk mengisi liburnya. Biasanya, yang paling membuat para pelaku usaha khawatir menjelang libur nasional hingga beberapa waktu setelah libur nasional adalah kelangkaan stok barang ataupun harga yang melambung tinggi. Hal ini tentunya akan sangat riskan apabila Anda sebagai pelaku bisnis tidak menyiapkan stok barang yang banyak saat harga murah.

Baca juga: Aplikasi Inventory Gudang: Manfaat dan Rekomendasi Terbaik

Beberapa pelaku usaha yang cerdik, telah menyiapkan stok barang yang banyak saat harganya turun dari harga normal. Hal Ini bermaksud untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal ketika harga melambung tinggi menjelang hari libur nasional. Akan tetapi, dengan menyiapkan stok barang yang banyak ketika harga murah tentunya beresiko rusak ataupun kadaluarsa apabila stok barang tidak terjual habis.

Jaga Stok Barang disaat tanggal merah Menggunakan Software Gudang
Sumber: Canva.com

Untuk itu Anda sebagai pelaku usaha harus bisa menentukan jumlah stok barang yang pas. Anda dapat menggunakan software pengelolaan gudang yang baik. Dengan penggunaan software pengelolaan yang baik, Anda dapat mencatat persediaan barang yang akan dijual dan dibeli sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Selain itu, software inventaris memiliki fitur yang dapat membantu Anda dalam mengatur stok barang secara efektif dan efisien, sehingga Anda bisa memaksimalkan keuntungan usaha Anda.

 

Kesimpulan 

Hari libur nasional memang hari yang paling semua orang nantikan. Akan tetapi, pada hari libur cenderung tidak bersahabat dengan pelaku usaha. Tetapi meskipun demikian para pelaku usaha harus tetap menjalankan usahanya untuk bisa meraih keuntungan, walaupun harga barang yang cenderung naik menjelang libur menjadi petaka bagi pebisnis.

libur nasional

Untuk itu, para pelaku usaha yang cerdik, tentunya telah menggunakan sistem pengelolaan gudang yang mumpuni untuk mengatur stok barangnya, Biasanya pengusaha akan membeli barang di harga murah kemudian akan menjualnya pada saat harga barang tersebut naik. Dengan software inventory terbaik dari EQUIP, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah penentuan waktu jual dan beli. Hal ini dapat memaksimalkan keuntungan dari bisnis Anda.

Afzal Ziqri
Afzal Ziqri
The Man Who Want To Know Everything and Share It. Business Inquiries : [email protected]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA