Tips Sukses Memulai Bisnis Frozen Food dengan Software Inventory

Siapa disini yang tidak pernah makan makanan jenis frozen food? Semenjak pandemi banyak masyarakat yang mulai melakukan aktivitasnya dari rumah. Mulai dari sekolah, bekerja, dan lain sebagainya. Akibat dari hal tersebut bisnis frozen food kian meningkat karena masyarakat yang lebih memilih makanan beku karena terkesan lebih praktis. Faktanya, bisnis frozen food lebih berfokus pada pengolahan produk. Pelaku usaha harus pintar dalam mengelola persediaan stok barang untuk mencegah kadaluarsa salah satunya adalah dengan menggunakan sistem inventaris terbaik

Usaha frozen food dapat Anda lakukan dari rumah dan apabila Anda melakukannya dengan tekun maka Anda bisa mendapatkan omset yang fantastis. Terlebih lagi jika makanan beku tersebut tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga, bisa memiliki daya tarik yang lebih tinggi. Software inventory terlengkap dapat membantu bisnis untuk memantau ketersedian stok barang secara real-time dimana dan kapan saja. Selain itu, bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar dan modal yang kecil apalagi jika kita melihat gaya hidup saat ini yang serba cepat dan instan sehingga membutuhkan pelayanan yang menghemat waktu. 

Perangkat lunak inventaris sangat memberikan keuntungan karena Anda tidak perlu melakukan pekerjaan secara manual karena semua telah tersistem pada satu perangkat terintegrasi.  Dukungan sistem inventory dari EQUIP memampukan Anda untuk mengelola bisnis makanan beku dengan lebih baik. Sebab, Anda bisa mendapatkan informasi secara terperinci dan akurat mengenai produk Anda. Artikel kali ini akan membahas apa itu bisnis frozen food dan tips menjalankannya.

frozen food

Daftar Isi

Pengertian dan Peluang dalam Berbisnis Frozen Food

Tidak sedikit orang kini mulai tertarik untuk membeli makanan beku terutama sebagai stok makanan di rumah. Frozen food merupakan makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Tujuannya adalah untuk memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air menjadi es serta menghambat pertumbuhan sebagian besar spesies bakteri. Bisnis frozen food yang dijalankan kebanyakan menjual makanan umum seperti nugget, sosis, bakso, dan lain-lain. Namun, banyak juga pelaku usaha yang mulai beralih menjual frozen food dalam bentuk makanan berat misalnya nasi.

Bisnis yang satu ini memang memberikan peluang yang menjanjikan bahkan bagi mereka yang belum pernah berbisnis sebelumnya. Bagaimana tidak? Hanya modal berjualan dari rumah, Anda bisa mendapatkan penghasilan. Pangsa pasar yang luas dan majunya internet menyebabkan pelaku bisnis dapat menjajakan barang lewat media online. Selain itu, karena dirancang untuk penyimpanan yang lama maka frozen food dapat Anda simpan dalam waktu yang cukup lama. Namun, walaupun begitu ada baiknya bagi Anda untuk tetap mempertimbangkan software inventaris tercanggih guna memperlancar usaha frozen food Anda.

makanan beku
Sumber: linkumkm.id

Baca juga: Mengapa Bisnis Grosir Merupakan Jenis Usaha yang Banyak diminati?

Tips Sukses Memulai Bisnis Frozen Food

Hanya dengan modal seadanya, Anda bisa membuka usaha makanan beku. Akan tetapi, walaupun bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan yang besar. Namun, Anda harus memiliki strategi yang benar supaya tidak salah mengambil keputusan dan mengalami kerugian. Meski bisnis ini dapat Anda lakukan dari rumah namun jangan menganggap bahwa usaha makanan beku mudah untuk Anda jalankan. Berikut terdapat beberapa tips yang telah kami rangkumkan untuk Anda sebelum terjun ke dunia bisnis frozen food

1. Buat dan petakan business plan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat rancangan bisnis terlebih dahulu sebab ada banyak jenis makanan beku yang sebab Anda jual. Sehingga, cobalah untuk menentukan produk yang ingin Anda jual. Apakah Anda ingin membelinya dari produsen atau mengelolanya sendiri. Jika Anda ingin menciptakan brand sendiri maka siapkan bahan dan penyimpanan yang baik guna mendapatkan target pasar secara maksimal. Jangan sampai Anda salah memilih produk sebab dapat mengakibatkan bisnis tidak berjalan dengan lancar. Sehingga penting untuk melakukan survey pasar guna memastikan jenis produk makanan beku yang laris di pasaran. 

Setelah itu, lakukan juga riset terkait modal. Berapa dana yang Anda miliki? Seberapa banyak barang yang ingin Anda perjualkan berdasarkan modal tersebut?. Terakhir tentukan lokasi berjualan misalnya apabila di lingkungan Anda banyak anak kecil maka menjual jajanan berupa frozen food matang dapat menjadi kesempatan yang bagus. 

Baca juga: Apa itu Budget? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Penyusunannya

2. Cari produsen berkualitas

Menjual makanan beku dari produsen memang lebih mudah ketimbang membuat produk sendiri. Namun, menemukan pemasok frozen food terpercaya sangat berpengaruh bagi kemajuan bisnis Anda kedepannya. Sehingga, cobalah untuk mencari supplier yang menyediakan produk makanan beku yang berkualitas. Hubungi produsen untuk mengetahui katalog frozen food, keunggulan, dan sistem kerja sama yang dilakukan. Adanya produsen yang profesional, secara tidak langsung Anda dapat menjaga citra bisnis Anda. Beberapa pemasok makanan beku yang cukup terkenal adalah PT. Indofrozenfood, PT. Belfoods Indonesia, dan lain sebagainya. 

makanan beku
Sumber: deltafrio.com.br

3. Melakukan pemasaran online

Kehidupan yang sudah semakin canggih menyebabkan banyak orang tak bisa lepas dengan internet. Hal ini menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk berjualan makanan beku secara online. Menggunakan media sosial dan e-commerce sebagai sarana promosi dapat meningkatkan penjualan karena target pasar tentunya akan lebih luas. Jika sebelumnya, konsumen yang membeli produk Anda hanyalah orang sekitar. Namun, apabila berjualan di toko online maka konsumen yang jauh pun dapat memesan makanan beku yang dijual. 

Selain itu, adanya layanan pesan antar yang dapat dikirim dalam satu hari bisa mengurangi rasa khawatir konsumen akan produk yang sampai hingga berhari-hari dan mencegah produk rusak selama pengiriman. Berikan juga potongan harga atau bonus kepada konsumen setia supaya mereka tetap membeli produk Anda. Contoh media online yang dapat Anda gunakan adalah Instagram, Facebook, Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. 

Baca juga: Software Restoran : Solusi Terbaik untuk Restoran Anda

4. Dapatkan lisensi makanan

Bagi sebagian orang, mereka kerap mengecek surat izin edar pada kemasan sebelum membelinya. Sehingga, memiliki lisensi makanan menjadi hal yang paling penting dalam bisnis frozen food. Adanya surat edaran resmi menandakan bahwa produk yang Anda jual telah terbukti aman. Apabila Anda menjual makanan beku dari produsen tentunya perusahaan tersebut telah memiliki lisensi dan memenuhi persyaratan legalitas. Namun, jika Anda membuat produk olahan sendiri ada baiknya untuk mengurus surat izin edar terlebih dahulu seperti izin BPOM, PIRT, Halal MUI, dan lainnya. Penggunaan lisensi dapat meyakinkan konsumen untuk membeli produk Anda dan meningkatkan penjualan.

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

Bagaimana Sistem Inventory dapat Membantu Pengelolaan Produk Bisnis Frozen Food?

Melakukan usaha makanan beku memang gampang-gampang susah sebab Anda harus mengecek frozen food untuk memastikan apakah produk tersebut masih layak untuk dipasarkan atau sudah kadaluarsa. Selain itu, Anda juga harus mengetahui berapa banyak stok frozen food yang masih ada dan sudah habis. Mengingat hal tersebut, maka akan melelahkan jika harus menghitung secara satu persatu dan pastinya Anda akan menjumpai masalah seperti human error. Sistem inventory dari EQUIP memampukan Anda untuk membuat forecasting stock secara mudah dan lengkap dengan rekomendasi reordering otomatis maka Anda dapat mengetahui jumlah barang terkini di gudang, progres internal transfer, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, perpindahan stok antar gudang dan lokasi menjadi lebih terarah dan terpantau dalam satu layar. 

bisnis frozen food dengan software inventory
sumber: equiperp.com

Kesimpulan

Bisnis frozen food merupakan jenis usaha yang layak untuk Anda coba karena dapat Anda lakukan dengan skala rumahan. Namun, jangan lupa untuk selalu mengingat tips-tips yang perlu Anda lakukan supaya bisnis Anda menjadi lebih maju. Gunakan juga software inventory terbaik dari EQUIP yang memiliki tampilan simple dan dapat dikonfigurasikan. Selain itu, sistem yang canggih dapat Anda akses melalui mobile apps yang telah dilengkapi dengan QR atau Barcode scanner. 

frozen food

Demo Gratis EQUIP Inventory Sekarang Untuk Bantu Bisnis Anda Naik Level!

Software inventory adalah sistem yang mengawasi, memantau, dan memelihara ketersediaan stok yang tersimpan. Menggunakan manajemen inventaris akan membantu Anda untuk menghemat waktu dan tenaga supaya dapat lebih fokus pada pengembangan bisnis. Sistem inventory EQUIP menawarkan kontrol stok yang akurat, manajemen bahan baku, dan fitur canggih lainnya untuk memastikan Anda selalu mendapatkan pandangan menyeluruh terhadap inventaris Anda. tingkatkan efisiensi pengelolaan stok barang pada puluhan cabang secara real-time dengan inventory software dari EQUIP

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA