Biaya Produksi adalah: Perhitungan Evaluasi untuk Perkembangan Bisnis Anda!

Saat kita sedang menjalankan suatu bisnis, maka kita perlu untuk menghitung arus keuangan yang terdapat berbagai macam jenis dan turunannya dengan aplikasi akuntansi yang memiliki fitur terlengkap. Salah satu yang masuk dalam perhitungan keuangan yaitu biaya produksi atau cost production.

Biaya produksi adalah pengeluaaran sebagai anggaran bisnis untuk kelancaran proses pembuatan pada produk bisnis Anda. Cost production juga dapat dikatakan sebagai pengeluaran untuk memulai dari proses pengelolaan bahan dasar hingga menghasilkan produk yang utuh. Anda dapat mencatat dan merekamnya pada sistem akuntansi terbaik dari EQUIP. Pada setiap pengeluaran, tentunya Anda harus memperhatikannya dengan teliti dan menyesuaikan dengan kondisi bisnis Anda. Berbagai tipe anggaran produksi serta contohnya yang terdapay pada artikel ini.

DemoGratis

Daftar Isi

Pengertian Biaya Produksi

Biaya produksi adalah biaya yang muncul dalam proses pembuatan mulai dari pengelolaan bahan dasar sampai menghasilkan produk yang utuh. Biaya produksi atau cost production dikeluarkan suatu perusahaan atau mitra usaha yang sangat penting dalam salah satu perhitungan laporan keuangan perusahaan. Maka, Anda perlu melakukan pencatatan dan perekaman laporan keuangan untuk melihat perkembangan bisnis Anda. Biaya produksi juga termasuk dalam kategori laporan laba rugi.

Jika bisnis atau perusahaan Anda bergerak pada bidang ritel manufaktur, biaya produksi adalah salah satu biaya yang wajib Anda pertimbangkan dengan sungguh-sungguh. Sistem ERP ritel terbaik dari EQUIP dapat menyederhanakan proses pengelolaan bisnis terutama dalam segi biaya produksi. Pekerjaan dalam mengatur dan mengelola biaya produksi menjadi mudah terselesaikan dengan waktu yang singkat dan efisien.

Sumber: freepik.com

Baca juga: Akuntansi adalah Hal yang Penting untuk Perkembangan Bisnis

Unsur-unsur Biaya Produksi

Biaya produksi adalah biaya yang perusahaan keluarkan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku. Arti lain biaya produksi adalah biaya untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Dalam mencapai target penjualan sebuah perusahaan, tentunya perlu mencapai target yang sudah ada. Unsur-unsur cost production bertujuan untuk mendorong terbentuknya harga pokok barang jadi saat akhir periode akuntansi. Unsur yang terdapat pada cost production yaitu:

1. Direct Material atau Bahan Baku Langsung

Salah satu contoh unsur biaya produksi adalah bahan baku. Bahan baku langsung atau direct material merupakan biaya bahan baku yang dikeluarkan langsung untuk mengolah yang akan diproduksi. Sehingga nominal atau harga yang muncul dapat mudah mencarinya. Contohnya pada bisnis UMKM yang membeli kopi sebagai bahan dasar. Harga beli dan komposisi utama tersebut terdapat biji kopi, gula, air, dan bahan lainnya yang dapat masuk dalam kategori biaya bahan baku langsung.Ā 

2. Direct Labour atau Tenaga Kerja Langsung

Salah satu contoh unsur biaya produksi adalah tenaga kerja langsung direct labour. Unsur ini merupakan tunjangan, upah, dan juga asuransi yang dibayarkan kepada karyawan yang berperan langsung dalam suatu perusahaan. Namun, upah ini hanya untuk karyawan yang terjun langsung dalam pengerjaan proses produksi. Sebagai contoh karyawan yang bekerja pada perakitan mesin untuk membuat mesin yang baru.

3. Factory Overhead atau Overhead Pabrik

Salah satu contoh unsur biaya produksi adalah factory overhead atau overhead pabrik. Unsur terakhir yaitu overhead pabrik yang secara tidak langsung berkaitan dengan aktivitas pabrik. Overhead pabrik tidak berkaitan langsung dengan proses produksi, tetapi berperan untuk membantu kelancaran proses produksi. Contohnya adalah biaya listrik dan biaya sewa pabrik.

Baca juga: Sistem Pembukuan Berpasangan: Pengertian, serta Cara Menerapkannya Dalam Bisnis

Jenis-jenis Biaya Produksi

biaya produksi adalah
Source: freepik.com

Biaya produksi adalah biaya yang berguna untuk meningkatkan performa perusahaan dengan produksi yang berkualitas. Setelah mengetahui definisi dan unsur, terdapat jenis-jenis cost production yang perlu Anda ketahui. Jenis-jenis ini dapat membantu Anda dalam mengklasifikasi pembagian cost production untuk perkembangan perusahaan Anda. Umumnya, terdapat lima jenis antara lain:

1. Biaya tetap

Jenis pertama yaitu biaya tetap atau fixed cost pada biaya produksi adalah jumlah nominal yang tetap yang harus dibayarkan pada periode tertentu. Fixed cost tidak terdapat perubahan nominal karena tidak tergantung pada hasil produksi, meski mengalami proses produksi yang sedang padat. Contoh biaya tetap yaitu sewa gedung, pajak perusahaan, administrasi, dan lain sebagainya.

2. Biaya variabel

Jenis yang kedua adalah biaya variabel yang dapat berganti dan berubah nominalnya sesuai dengan hasil pembuatan. Semakin besar hasil produksi, maka akan semakin besar pula variable cost. Biaya variabel hanya berlaku saat proses pembuatan berlangsung, jadi laporan pembukuan yang terjadi berdasarkan pengeluaran per unit. Misalnya dalam upaya pekerja atau bahan baku yang tersalurkan berdasarkan jumlah produksi.

Baca juga: Product Life Cycle untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

3. Biaya rata-rata

Biaya rata-rata dalam biaya produksi adalah biaya per unit yang dihitung dari membagi total pengeluaran dengan jumlah output produksi. Average cost bertujuan untuk menentukan keputusan kedepannya.

4. Biaya marginal

Marginal cost adalah pengeluaran tambahan untuk meningkatkan dan perluasan pembuatan. Marginal cost muncul ketika adanya penambahan dan perluasan produksi yang sedang berlangsung. Biasanya terjadi saat pesanan mendadak yang harus terselesaikan.

5. Biaya total

Jenis yang terakhir dari cost production adalah pengeluaran total. Merupakan pengeluaran dari penggabungan variabel dan biaya tetap. Biaya total menjadi anggaran keseluruhan selama proses pembuatan dalam suatu periode yang terjadi.

Cara Menghitung Biaya Produksi

Sama seperti biaya yang lain, biaya produksi adalah perencanaan perhitungan perusahaan yang dapat Anda hitung sesuai kemauan Anda. Sebagian besar komponen dalam menghitung cost production adalah unsur-unsur yang sudah tertera pada sebelumnya. Rumus dalam menghitung cost production sebagai berikut:

Biaya Produksi = Ā Biaya Material langsung + biaya tenaga kerja langsung + biaya tenaga kerja tak langsung + biaya overhead pabrik

Sumber: freepik.com

Contoh Perhitungan Biaya Produksi

Kita ambil contoh untuk perhitungan yaitu PT. Makmur Jaya yang merupakan perusahaan manufaktur menjual barang-barang kebutuhan rumah atau furniture. Dalam satu bulan, PT tersebut memproduksi 4.000 unit kursi. Berikut rincian biaya untuk memproduksi 4.000 unit kursi.

  • Rp 18.000.000 untuk kayu
  • Rp 6.000.000 untuk upah tukang kayu dan Rp 2.000.000 untuk upah security yang mengawasi selama pengerjaan kursi
  • Untuk biaya sewa pabrik dan utilitas lainnya seharga Rp 2.000.000Ā 

Total biaya produksi adalah: Rp 18.000.000 + Rp 6.000.000 + Rp 2.000.000 + Rp 2.000.000 = Rp 28.000.000

Maka, untuk memproduksi satu unit kursi membutuhkan biaya sebesar Rp 28.000.000/4.000 = Rp 7.000.

Baca juga: Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya

Kesimpulan

Pada intinya, biaya produksi adalah anggaran yang yang berperan penting dan berpengaruh selama proses pembuatan pada setiap perusahaan. Dengan adanya perhitungannya, Anda dapat memperkirakan anggaran pengeluaran untuk memproduksinya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui analisa dan mengevaluasinya untuk perbaikan kedepannya.Ā 

Dalam mengelola biaya produksi, tentunya Anda membutuhkan software inventory yang terintegrasi dari EQUIP untuk memantau hasil barang produksi beserta ketersediaan stock. Software ini berguna untuk mengoptimasi tingkat stock yang sudah diproduksi, memantau perpindahan barang produksi dari gudang menuju lokasi tujuan yang terarah. Coba gratis dan daftar EQUIP segera untuk perusahaan Anda semakin berkembang dan bekerja dengan efisien!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
Ɨ

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now