Bagaimana Cara Sukses Berbisnis Tanaman Hias dengan Bantuan Software CRM?

Pandemi COVID-19 sangat merubah kehidupan masyarakat. Misalnya saja, gaya hidup menjadi lebih sehat dan banyak orang mulai melakukan kegiatan bisnis berdasarkan hobi mereka. Salah satu jenis usaha yang tidak hanya dapat meningkatkan kreativitas namun juga bisa meraih keuntungan yang tinggi adalah bisnis tanaman hias yang dibantu dengan penggunaan sistem CRM terbaik. Biasanya, bisnis ini sering disenangi oleh kaum ibu-ibu sebab usaha ini dapat dilakukan sendiri mulai dari penanaman bibit, pupuk, pot, dan lain sebagainya. Sehingga, tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Anda juga bisa menjualnya dengan harga yang tinggi. Tanaman hias menjadi salah satu produk yang akan selalu dicari konsumen. Tentunya, akan merepotkan jika Anda harus memantau penjualan secara manual. Software CRM terlengkap memampukan Anda sebagai pelaku bisnis untuk menjalankan usaha dengan sistem yang otomatis dan terarah. 

Meskipun bisnis tanaman hias merupakan kegiatan yang menjanjikan namun faktanya tidak sembarang orang dapat menjalani bisnis ini sebab Anda harus konsisten dan memiliki jiwa yang kreatif guna meraih pendapatan yang maksimal. Apabila saat ini Anda memulai bisnis dengan banyak karyawan maka tak ada salahnya untuk mencoba perangkat lunak CRM tercanggih untuk menghasilkan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam. Mulai dari kinerja tim sales dan helpdesk, keuntungan dan kerugian, dan lain-lain. Meskipun Anda memiliki konsumen yang setia akan tetapi dalam menjalankan kegiatan bisnis diperlukan pengembangan pemasaran melalui ide dan strategi yang mudah untuk Anda lakukan. Software CRM EQUIP dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan tanaman hias dengan lebih efisien. 

bisnis tanaman hias

Daftar Isi

Pengertian Bisnis Tanaman Hias dan Peluangnya

Banyak orang terutama wanita menyukai tanaman hias untuk memperindah rumah mereka, di tambah lagi bisnis ini menjadi tren usaha yang populer di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, tak heran jika Anda menemukan banyak pelaku bisnis yang memasarkan tanaman hias. Bisnis tanaman hias memiliki peluang yang menjanjikan dan menguntungkan sebab peminat bunga hias juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Tanah Indonesia yang subur memampukan Anda untuk menanam bibit tanaman dengan mudah dan memiliki prospek yang sangat bagus dalam jangka ke depan. Selain itu, tanaman hias dapat menjadi komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat Anda jual seperti misalnya, bonsai, anggrek, palem, adenium dan lain-lain.

Apabila Anda ingin membuka usaha yang satu ini maka harus Anda jalankan dengan benar. Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu pengetahuan dan keterampilan yang Anda butuhkan seputar tanaman hias. Misalnya, sebagai pelaku bisnis Anda harus memiliki keahlian dalam mengelola tanaman, membuat wadah yang menarik dan lain sebagainya. Sebab bisnis tanaman hias sendiri memang tidak begitu sulit untuk menerjuninya. Hanya membutuhkan kesabaran, ketelatenan juga keuletan dalam pengelolaannya. Sehingga, tak ada salahnya bagi Anda untuk terjun pada bisnis ini. 

bisnis tanaman hias
Sumber: sahabatpengadaian.com

Baca juga: Aplikasi dan Software CRM Terbaik di Indonesia

Tips Sukses Memulai Bisnis Tanaman Hias

Usaha tanaman hias memiliki potensi yang bagus sehingga membuat bisnis ini cocok untuk Anda ttekuni bahkan bagi yang belum pernah berbisnis sebelumnya. Namun, jika Anda ingin bisnis tanaman hias berjalan lebih maksimal, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar kegiatan bisnis semakin sukses. 

1. Menambah pengetahuan akan tanaman hias

Sebelum memutuskan untuk terjun pada bisnis tanaman hias, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu jenis dan perawatan dari bunga hias. Sebab, akan sangat menyulitkan apabila menjalankan suatu usaha tanpa mengetahui seluk beluk produk yang akan Anda pasarkan. Anda dapat menggunakan media internet untuk mencari informasi mengenai tanaman hias. Misalnya jenis bunga apa yang sedang populer dan karakteristik tanaman berdasarkan lokasi. Tujuannya supaya dapat meningkatkan penghasilan Anda dan mencegah kerugian akibat penjualan yang kurang laku. 

Selain itu, meski Anda hanya memerlukan modal yang kecil namun harga tanaman hias sangat bervariasi tergantung keindahan, kesuburan, dan pertumbuhannya. Jika Anda cermat dalam mengelola tanaman maka Anda dapat menjualnya dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk memudahkan dalam pemetaan pelanggan berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok umur, dan lokasi Anda dapat menggunakan software CRM yang memiliki modul customer profiling filters

2. Tentukan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan

Ada banyak pilihan tanaman yang bisa Anda budidayakan dengan mudah berdasarkan jenis daun dan bunganya. Jika Anda menentukan daun sebagai bisnis yang akan ditekuni, maka pilihlah daun yang memiliki daya jual stabil dan tidak musiman. Biasanya, tanaman yang langka kerap menjadi primadona masyarakat meskipun harga yang dijual terbilang tinggi. Anda juga dapat mencoba untuk fokus menjual satu atau dua jenis daun terlebih dahulu dan jika dirasa sudah mengalami perkembangan maka Anda bisa menambahkan jenis yang baru. 

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

3. Kenali kebutuhan tanaman

Berikutnya, Anda perlu mempelajari apa saja yang dibutuhkan tanaman yang sedang Anda kelola guna mencegah tanaman rusak. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang proses budidaya maka akan semakin maksimal juga hasil yang Anda dapatkan. Mencari informasi sebanyak mungkin untuk memperluas wawasan mengenai tanaman adalah faktor penting dalam menjalankan bisnis tanaman hias sebab dapat menarik minat calon pelanggan untuk membeli produk Anda. Salah satu kebutuhan utama dari bunga hias adalah media tanam yang berkualitas sehingga, pastikan tanah dan pupuk yang Anda pilih merupakan tempat yang subur supaya tanaman selalu segar. Selain itu, akan lebih baik apabila Anda membuat media tanam sendiri karena dapat menekan biaya produksi. 

Baca juga: Sistem CRM Software: Manfaat, Kegunaan, dan Pentingnya untuk Bisnis

4. Cari lokasi yang strategis dan tepat untuk mengembangkan tanaman hias

lokasi strategis
Sumber: thegorbalsla.com

Lokasi menjadi salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis tanaman hias. Pilihlah lokasi yang ramai pengunjung seperti pinggiran jalan, mall atau toko. Tidak hanya itu, Anda juga dapat membuka pameran saat event tertentu. Pertimbangkan juga luas area yang dimanfaatkan dan kesesuaian suhu supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik. Namun, jika Anda memiliki modal yang terbatas maka cobalah untuk memanfaatkan media online seperti e-commerce atau rumah Anda sendiri. 

5. Kalkulasi dan siapkan modal

Hal utama yang perlu Anda lakukan menghitung modal. Biasanya, bisnis ini memiliki modal awal berkisaran dua juta rupiah untuk membeli bibit tanaman, satu juta rupiah untuk membeli peralatan. Sehingga, total keseluruhan dana yang Anda perlukan adalah tiga juta rupiah. Namun, pelaku usaha perlu menyiapkan kebutuhan rutin seperti, air, pupuk, nutrisi, dan jasa pengiriman. Anda bisa mulai berdagang lewat penjualan online terlebih dahulu dan apabila permintaan konsumen sudah semakin ramai Anda dapat mulai mencari lokasi untuk berjualan. Untuk mengelola permodalan ini agar lebih akurat dan tepat, Anda dapat menggunakan sistem akuntansi yang dapat terintegrasi dengan sistem lainnya. 

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan bagi Perkembangan Bisnis Anda

6. Ikut tren tanaman hias

Bisnis tanaman hias harus selalu mengikuti tren yang ada supaya tidak ketinggalan zaman. Anda perlu mengetahui apa saja tanaman hias yang sedang populer dikalangan masyarakat. Persaingan yang ketat menjadikan Anda harus lebih pintar dalam berjualan supaya produk Anda tetap laku dipasaran. Ada beberapa jenis tanaman hias yang cukup populer hingga saat ini yaitu: 

  • Anthurium
  • Palem kuning
  • Monstera
  • Lidah mertua
  • Peperomia obtusifolia
  • Cycads
  • Siklok

Tak hanya menjual tanaman, Anda bisa memasarkan bibit, pupuk, dan perlengkapan lain yang konsumen butuhkan untuk merawat bunga hias sehingga pemasukan yang Anda dapatkan akan lebih maksimal karena datang dari berbagai hal. 

7. Berani budidaya tanaman hias langka

Seperti yang sudah dijelaskan pada tips di atas menjual bunga hias langka akan lebih menguntungkan. Sehingga, jangan ragu untuk mengelola tanaman hias. Ada beberapa jenis tanaman yang tergolong langka yang bisa dibudidayakan di Indonesia dan bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi, misalnya:

  • Anggrek Hitam Papua
  • Bonsai
  • Sansevieria Ehrenbergii
  • Asoka Varigata
  • Sansevieria Bagamoyensia
  • Star Sansevieria Kirkii
  • Kadaka

8. Strategi promosi dan pemasaran yang tepat

Promosi merupakan hal yang tak kalah penting dalam pelaksanaan bisnis. Strategi pemasaran yang tepat dapat membuat orang lebih mengetahui usaha yang sedang Anda jalankan. Salah satu cara untuk meningkatkan promosi adalah menggunakan Software CRM yang dapat membantu perusahaan mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi dan data pelanggan tersimpan dalam satu tempat. Sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik. Tidak hanya itu, sistem CRM mampu mengidentifikasikan upaya pemasaran dan channel penjualan yang paling efektif.

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Bagaimana Software CRM Bantu Bisnis Tanaman Hias Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

software CRM
sumber: equiperp.com

Masalah yang sering  pelaku bisnis alami adalah sulitnya mengatur kegiatan secara manual. Namun, jika Anda beralih ke sistem CRM dari Equip ERP, maka hal seperti itu dapat teratasi dengan mudah. Ada banyak kelebihan yang perangkat lunak ini tawarkan seperti memantau perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap lain secara mudah dengan fitur drag and drop, meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan Anda dengan sistem reward dan point untuk setiap customer setia, menghasilkan keuntungan dari setiap penjualan hanya dengan satu klik, mengelompokan pembelian dan lokasi, pengelolaan prospek secara online yang terintegrasi dengan form di website dan database email untuk kebutuhan promosi dan penjualan, serta terakhir Anda juga akan mendapatkan laporan secara real-time

Baca juga: Product Life Cycle untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

Kesimpulan

Tak dapat kita pungkiri kalau bisnis tanaman hias merupakan pilihan yang tepat karena cukup mudah untuk Anda lakukan. Namun, agar bisnis berjalan lebih efektif maka sebaiknya Anda mempertimbangkan software CRM EQUIP karena telah dilengkapi dengan fitur pengelolaan tim sales, manajemen sales pipeline, revenue forecast, hingga pembuatan laporan penjualan otomatis. Dengan adanya fitur tersebut, pebisnis juga dapat mengelola penjualan dan memantau kinerja tim secara sederhana. 

bisnis tanaman hias

Demo gratis EQUIP CRM sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level

Pada umumnya sering kita jumpai sebagian besar sistem CRM tidak hadir dengan desain yang ramah pengguna dan sulit untuk perusahaan operasikan. Namun, jika Anda menggunakan software EQUIP ERP maka Anda tak perlu risau dengan hal tersebut. Perangkat lunak CRM EQUIP memiliki desain yang mudah untuk pebisnis gunakan bahkan bagi yang baru pertama kali menggunakannya. Tingkatkan penjualan bisnis tanaman hias Anda dengan sistem CRM dari Equip ERP.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA