4 Software Aplikasi Inventaris Barang untuk Kelola Ribuan Produk

Di era modern ini, pengelolaan persediaan bukan lagi hal yang rumit. Berkat kemajuan teknologi, kini Anda dapat menggunakan aplikasi inventaris untuk membantu Anda mengelola persediaan dengan lebih mudah, efisien, dan akurat. Software inventaris dapat membantu Anda melacak pembelian, mengelola inventaris, mengontrol jumlah produk, hingga melacak pesanan ke pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat mengoptimalkan manajemen inventaris dan gudang Anda, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda.

Namun, dengan banyaknya pilihan vendor program inventaris di pasaran, mungkin Anda bingung memilih mana yang tepat untuk bisnis Anda. Artikel ini akan membantu Anda dengan merekomendasikan beberapa software inventaris terbaik berdasarkan fitur dan kemudahan penggunaan.

CTA Banner EQUIP Pengelolaan Bisnis yang Terintegrasi

Apa itu Inventaris Barang?

Inventaris barang yang berasal dari kata Latin Inventarium yang memiliki arti barang-barang, atau bahan. Dalam definisinya adalah semua kegiatan untuk memperoleh data mengenai barang-barang di perusahaan Anda. Kegiatan tersebut mulai dari proses pembelian barang dari supplier, menerima barang dan mengelola inventaris, hingga mengawasi pembelian barang sampai ke tangan konsumen. Sehingga dapat digaris bawahi bahwa inventaris merupakan daftar barang yang perusahaan miliki.

Pencatatan atau inventarisasi harus Anda catat dengan rapi yang bertujuan untuk memudahkan pengecekan juga pengelolaan inventaris barang yang beragam dan berjumlah banyak. Hasil dari pencatatan akan berguna sebagai acuan data dalam menyusun laporan keuangan. Jadi inventarisasi harus melakukannya dengan teliti dan pendataan dengan benar. Sehingga perusahaan dapat beroperasional dengan lancar sesuai dengan rencana. Pencatatan dapat Anda lakukan dengan menggunakan sistem inventaris barang terpercaya.

Baca Juga: Metode FIFO, FEFO, LIFO, dan Average dalam Manajemen Inventaris

Apa itu Software Inventaris Barang?

Software inventaris barang adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengelola atau mencatat daftar barang. Software ini dapat digunakan pada teknologi manapun dari perangkat mobile yang berbasis web hingga desktop komputer ataupun laptop. Sehingga Anda dapat akses dimana dan kapan saja hanya dengan jangkauan internet. Harga software inventaris barang dapat bervariasi tergantung pada jenis software, fitur yang ditawarkan, dan jumlah pengguna.

Software atau aplikasi inventaris menjadi opsi yang memudahkan perusahaan dalam mengelola fasilitas atau inventaris yang ada di perusahaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan catatan manual yang memiliki risiko kesalahan relatif tinggi.

software inventory

Mengapa Software Inventaris Barang Banyak Digunakan?

Perusahaan Anda pastinya ingin melakukan kegiatan pendataan inventaris dengan rutin dan teratur. Hal ini bertujuan untuk menjaga fasilitas yang ada di perusahaan serta keamanan dalam penjagaan inventaris. Dengan adanya inventaris maka perekapan ketersediaan barang dapat mudah untuk melakukan pendataan dan pelacakan. Penggunaan software inventaris barang juga akan memudahkan proses stock opname sehingga Anda tidak perlu repot-repot menghitung jumlah barang secara manual. Selain itu, terdapat empat alasan mengapa Anda harus menggunakan software inventaris barang, yaitu:

1. Sudah menggunakan sistem cloud

Software inventaris dengan sistem cloud menawarkan banyak keuntungan, seperti akses data yang mudah, keamanan data, dan kemudahan penggunaan. Hal ini menjadikan software inventaris dengan sistem cloud sebagai pilihan yang cocok untuk mengelola pendataan barang perusahaan Anda.

2. Praktis, mudah, dan fleksibel

Dengan menggunakan software, maka Anda dapat mengakses dimana pun dan kapan pun selagi terdapat jangkauan internet. Dari penggunaan software inventaris barang, maka dapat memberikan kemudahan untuk penggunaannya. Sehingga Anda dapat menggunakannya dengan praktis, mudah, dan fleksibel karena kerangka pengerjaan sudah dari aplikasi. Semua data yang Anda masukkan akan tersimpan secara terpusat dan real-time.

3. Risiko kehilangan data lebih minim

Menggunakan software inventaris online dapat membantu Anda terhindar dari risiko kehilangan data dan memungkinkan Anda untuk mengelola inventaris Anda dengan lebih mudah dan efisien. Misalnya, Anda baru saja mencatat data inventaris terbaru ke dalam hardisk internal komputer Anda. Tiba-tiba, komputer Anda terkena virus dan semua data di dalamnya hilang. Jika Anda menggunakan software inventaris online, data inventaris Anda aman dan Anda dapat tetap mengaksesnya dari perangkat lain.

4. Risiko human error lebih minim

Ketika pencatatan inventaris masih dilakukan secara manual, kesalahan manusia (human error) sering terjadi. Hal ini terutama berlaku bagi perusahaan besar dengan volume barang yang tinggi, seperti salah input jumlah stok atau salah mencatat jenis barang. Hal ini mengakibatkan kerugian finansial dan mengganggu proses produksi. Dengan menggunakan sistem inventaris terotomasi, perusahaan dapat meningkatkan akurasi data, melacak pergerakan barang dengan mudah, dan membuat laporan yang akurat untuk pengambilan keputusan yang tepat.

Rekomendasi Software Inventaris Barang Terpercaya

Setelah membahas dengan pentingnya aplikasi inventaris bagi perusahaan, berikut terdapat daftar aplikasi inventaris terbaik yang terpercaya:

EQUIP

EQUIP InventoryEQUIP, sebagai pemimpin di bidang pengembangan perangkat lunak, telah menunjukkan keahliannya dalam menciptakan dan menerapkan solusi aplikasi inventaris untuk aneka ragam bisnis. Berbekal pengalaman dan keahlian mendalam, EQUIP menyediakan solusi yang tepat sesuai dengan keperluan spesifik perusahaan Anda.

Keistimewaan Fitur EQUIP untuk Manajemen Inventaris Anda

Aplikasi manajemen inventaris EQUIP hadir dengan berbagai fitur canggih yang akan memperbaiki efisiensi operasional di gudang Anda. Fitur-fitur penting meliputi:

  • Pemantauan inventaris real-time yang menjamin keakuratan dan ketersediaan inventaris sesuai kebutuhan
  • Sistem penyimpanan yang terstruktur untuk mengurangi kesalahan penataan dan memaksimalkan efisiensi ruang gudang
  • Kemudahan integrasi dengan berbagai platform untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar departemen

Itu hanyalah segelintir fitur yang disuguhkan oleh EQUIP. Dengan memanfaatkan perangkat lunak ini, Anda bisa mengelola inventaris dengan lebih efektif, meningkatkan produktivitas, serta merampingkan proses bisnis. Silakan manfaatkan kesempatan untuk mencoba demo gratis hari ini!

HashMicro

Software inventaris dari HashMicro merupakan salah satu software terbaik di Indonesia yang dapat mengoptimalkan tingkat persediaan hingga memantau proses transfer inventaris. Selain itu, dari software ini dapat mengecek estimasi kebutuhan inventaris serta keefektifan pengelolaan inventaris di setiap lokasi dengan sistem inventaris barang berbasis web terbaik. Software ini cocok bagi perusahaan besar yang sudah memiliki bisnis pada level enterprise.

Veeqo

Veeqo adalah provider perangkat lunak berbasis cloud yang terintegrasi dengan platform e-commerce terkenal seperti Magento, Shopify, Etsy, Amazon, eBay, dan UPS. Ini sangat cocok untuk bisnis dengan beberapa cabang karena fitur utamanya adalah pelacakan inventaris real-time di beberapa gudang lokasi yang berbeda.

Fitur dari Veeqo akan membantu Anda mempermudah akses dan manajemen inventaris di beberapa toko atau cabang yang berbeda. Fitur ini memastikan bahwa semua data inventaris tetap sinkron dan terhindar dari kesalahan. Anda juga bisa melihat dan mengendalikan pesanan dari setiap toko atau cabang, memantau penjualan, memperbarui inventaris produk, dan menggunakan smartphone sebagai alat pemindaian kode barcode.

Netsuite

Aplikasi manajemen inventaris ini dapat digunakan oleh berbagai ukuran bisnis, mulai dari start-up hingga perusahaan besar. Aplikasi gratis ini tersedia dalam 19 bahasa dan dapat digunakan oleh semua orang, dari pegawai hingga manajer, untuk membantu mereka dalam berbagai tugas. Anda dapat memudahkan proses restock dengan mengaktifkan pemberitahuan saat inventaris mulai menurun, mengatur waktu pengisian ulang, dan menentukan tingkat inventaris minimum.

KesimpulanCTA Banner EQUIP Software Manajemen Inventaris

Software inventaris terbaik dari EQUIP hadir untuk membantu Anda mengelola inventaris dengan mudah dan efisien. Fitur-fitur unggulannya, seperti QR/barcode scanner untuk stock opname yang cepat dan notifikasi real-time, memungkinkan pendataan barang yang mudah dan akurat. Software ini juga menghasilkan laporan valuasi inventaris barang secara detail dari berbagai gudang dan lokasi dalam hitungan detik, membantu Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan mudah.

Penggunaan software inventaris EQUIP akan mengotomatiskan proses stock opname dan pengelolaan inventaris, menghemat waktu dan tenaga Anda. Dengan fitur yang terintegrasi, Anda dapat mengontrol dan mengelola seluruh barang inventaris bisnis dalam satu aplikasi, meningkatkan efisiensi dan profitabilitas bisnis Anda.

Daftar perusahaan Anda sekarang dan dapatkan free trial untuk merasakan manfaatnya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now