Affiliate Marketing: Model Bisnis Afiliasi yang Fleksibel dan Menguntungkan

Seiring dengan perkembangan zaman, seluruh aspek kehidupan juga ikut berubah tidak terkecuali dalam bidang bisnis. Apalagi didorong dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Model bisnis saat ini semakin beraneka ragam, unik, fleksibel, mudah, dan tentunya menguntungkan. Semenjak kemunculan teknologi dan Pandemi COVID-19, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencoba peruntungannya di dunia bisnis salah satunya yaitu bisnis afiliasi. Affiliate marketing adalah salah satu model yang efektif untuk mendapatkan keuntungan yang besar melalui internet dengan waktu yang singkat dan hasil yang tergolong besar. 

Cara kerja model ini juga cukup mudah, Anda harus menjual produk yang memiliki afiliasi kepada konsumen. Apabila Anda berhasil menjualnya maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan awal. Dalam mengelola dan memahami konsumen memang tidaklah mudah. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan software Customer Relationship Management (CRM) untuk mengelola konsumen menjadi lebih baik. Anda dapat meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda dengan sistem CRM terbaik ini. Sistem CRM tercanggih ini juga memiliki fitur yang dapat mengotomatiskan pengelolaan prospek klien atau konsumen sehingga Anda tidak merasa kesulitan dan repot lagi. Selain itu, software CRM terlengkap ini akan memberikan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam kepada Anda secara akurat. 

Simak artikel berikut ini untuk lebih mengetahui lebih dalam terkait affiliate marketing yang bisa memberikan keuntungan bagi Anda. 

Baca juga: Aplikasi dan Software CRM Terbaik di Indonesia

affiliate marketing

Daftar Isi

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model bisnis yang memungkinkan Anda memperoleh sebuah komisi, sebagai bentuk timbal balik karena Anda telah menawarkan dan menjual sebuah produk, layanan, atau website. Salah satu contoh dari affiliate marketing adalah penggunaan link referral. Sebagai affiliate, Anda menempatkan link tersebut pada blog atau situs untuk mengarahkan para pengunjung website lain yang menyediakan produk atau layanan. Jika pengunjung mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan. Selain itu, Anda pasti sering bukan mendapatkan link referral dari teman atau kerabat? Dari hal ini, dapat disimpulkan bahwa siapa saja bisa melakukannya.

Selain link referral, cara lain untuk menjalankannya adalah dengan meminta pengunjung untuk membuat dan mendaftarkan akun, mengisi formulir, atau menambahkan alamat email. Sebagai seorang affiliate, Anda tidak memiliki produk atau jasa untuk dijual. Anda hanya membantu seorang merchant dalam memasarkan produk/jasanya. 

Baca juga: Manfaat E-Commerce untuk Maksimalkan keuntungan Bisnis Anda!

Model Bisnis Affiliate Marketing

Model bisnis affiliate marketing

Setelah memahami pengertiannya, jika Anda ingin memulai melakukan affiliate marketing Anda juga harus memahami bagaimana cara kerjanya. Namun sebelum itu, ketahuilah dulu pihak-pihak yang terlibat didalamnya. Berikut ini adalah pihak yang terlibat dalam program afiliasi:

  • Pemilik bisnis atau owner bisa berasal dari pihak perusahaan, vendor, atau penjual yang mengeluarkan program afiliasi.
  • Affiliate atau afiliator adalah pihak yang mendaftar pada program afiliasi. 
  • Konsumen adalah orang yang membeli produk.

Kemudian cara kerja dari program afiliasi terbagi menjadi empat tahapan yaitu mulai dari pendaftaran, melakukan promosi produk, konsumen melakukan transaksi, dan afiliator akan mendapatkan komisi. Pada tahap pendaftaran, Anda bisa melakukan pendaftaran lebih dari satu bisnis afiliasi. Nantinya Anda akan mendapatkan kode referral yang harus diberikan kepada konsumen. Kode ini memiliki fungsi untuk mengkonfirmasi bahwa konsumen membeli produk tersebut melalui link yang Anda miliki. 

Selanjutnya, Anda dapat melakukan promosi produk misalnya dengan cara membuat review produk di blog, promosi melalui media sosial, atau forum online. Jika ada konsumen yang membeli produk menggunakan kode referral milik Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. 

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Model bisnis ini memang memiliki banyak keuntungan apalagi setelah Anda memahami pengertian dan cara kerjanya. Hanya dengan mempromosikan produk pihak lain Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan mudahnya. Namun, siapa sangka bahwa model bisnis ini juga memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari affiliate marketing

Kelebihan bisnis afiliasi 

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan dari bisnis afiliasi:

  1. Mendapatkan penghasilan pasif.
  2. Bisa bekerja dari rumah.
  3. Memiliki modal yang kecil. 
  4. Jam kerja yang fleksibel.
  5. Industri dengan keuntungan yang sangat besar.
  6. Kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang besar.
  7. Mudah untuk memulai dan melakukannya. 

Kekurangan bisnis afiliasi

Sedangkan, berikut ini adalah kekurangan atau kelemahan dari bisnis afiliasi: 

  1. Membutuhkan kesabaran dan kerja keras agar bisa berhasil dan sukses.
  2. Cukup sulit untuk memilih produk yang sesuai.
  3. Penghasilan yang tidak tetap karena berasal dari komisi.
  4. Memiliki persaingan yang ketat.
  5. Terdapat batasan iklan dan persyaratan pembayaran pada beberapa program afiliasi. 

Baca juga: Fakta Penting Menentukan Target Pasar yang Wajib Pebisnis Ketahui!

Tips Melakukan Affiliate Marketing

program afiliasi

Melakukan program ini tidak boleh sembarang. Terdapat hal-hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini beberapa tips dalam melakukan atau menjalankan program afiliasi: 

1. Tentukan program affiliate marketing yang cocok untuk Anda

Saat ini banyak sekali program affiliate marketing, sebaiknya Anda pandai untuk memilih mana program yang cocok untuk Anda. Hal ini perlu untuk Anda lakukan jika ingin bisnis afiliasi Anda berjalan lancar. Anda tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan beberapa tips dalam memilih program affiliate marketing untuk Anda.

  • Pastikan kualitas, pengalam, dan profesionalitas program afiliasi.
  • Pastikan pelayanan yang mereka berikan baik.
  • Pilihlah situs yang memiliki peraturan dan persyaratan yang mudah.
  • Pilih program afiliasi yang memiliki citra yang baik.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk Dengan Endorsement Untuk Perluas Pasar

2. Tidak melakukan hard-selling

Kita tidak pernah tahu bagaimana karakteristik dari setiap konsumen. Terkadang ada konsumen yang tidak menyukai hal-hal yang memaksa seperti penggunaan kalimat-kalimat hard-selling yang terlalu memaksa pada konten Anda. Hal tersebut bisa membuat konsumen merasa tidak nyaman, tidak terciptanya loyalitas konsumen, dan menciptakan kesan yang negatif bagi konsumen. Oleh karena itu, lebih baik buat konten yang soft namun tetap mengena ke hati konsumen. Buat konten berbentuk story atau cerita sehingga konsumen akan lebih aware terhadap produk yang Anda promosikan.

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

3. Miliki product knowledge yang baik

Tips yang selanjutnya yaitu Anda harus memiliki pengetahuan yang baik terkait produk yang Anda promosikan. Jangan sampai Anda memberikan informasi yang tidak benar mengenai produk. Informasi atau spesifikasi yang tidak sesuai akan menurunkan kepercayaan calon pembeli. Selain itu, jika Anda tidak memiliki product knowledge yang baik maka akan memungkinkan terjadinya penurunan pembelian. Oleh karena itu, pelajari produk yang akan Anda promosikan secara baik dan mendalam agar review Anda dianggap reliabel/terpercaya oleh calon pembeli. 

4. Bangun networking untuk mendapatkan pasar baru

networking
Source: freepik.com

Selain tips-tips tersebut, Anda juga harus membangun networking untuk mendapatkan pasar baru. Seperti yang Anda ketahui saat ini internet dipenuhi dengan konten dan website, jika Anda hanya bergantung kepada keberuntungan agaknya kurang efektif dalam bidang ini. Anda dapat menggunakan situs Anda untuk membuat daftar email yang bisa menjadi investasi bagi Anda kedepannya. Data tersebut bisa Anda lakukan untuk memperluas pasar melalui email marketing. Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen yang telah menunjukkan ketertarikan akan topi dari konten Anda.

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

5. Lakukan digital marketing

Dalam melakukan promosi, Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan digital marketing melalui blog atau website. Sebaiknya, tidak hanya menjadi tempat untuk mengiklankan produk. Konten yang berharga akan memberikan edukasi pada konsumen terhadap produk. Selain itu,  konsumen juga akan mempunyai loyalitas dan selalu mengunjungi website dan melakukan pembelian. 

Baca juga: Pentingnya Brand Awareness bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Kesimpulan 

Affiliate marketing adalah salah satu bisnis yang memiliki banyak keuntungan dan mudah untuk dilakukan di era digital saat ini. Oleh karena itu, bisnis ini memiliki peluang yang besar bagi Anda. Selain itu, perlu Anda ingat persaingan dalam bisnis ini juga cukup tinggi. Anda harus memperluas pasar Anda agar mendapatkan konsumen yang lebih banyak. Gunakan sistem CRM terbaik untuk memperluas pasar affiliate marketing Anda. Dengan software CRM terunggul dari EQUIP, Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan Anda dengan lebih mudah.

affiliate marketing

Demo gratis EQUIP ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Banyaknya manfaat dari software EQUIP pasti membuat Anda tertarik untuk mengimplementasikan dalam bisnis Anda. Segera jadwalkan demo gratis dengan kami agar Anda dapat merasakan secara langsung kemudahan penggunaan software EQUIP untuk efisiensikan bisnis Anda. 

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA