7 Tips Sukses Memulai Bisnis Catering Serta Cara Mengelolanya

Bisnis dalam bidang kuliner merupakan bisnis dengan peluang yang tidak ada habisnya. Hal ini tentu saja karena makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Hampir setiap hari orang membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jika Anda benar-benar tertarik untuk memulai bisnis catering, ada banyak hal yang harus dipelajari dan dipersiapkan. Salah satunya adalah dengan mengelola bisnis dengan baik.

Pengelolaan bisnis mungkin tidak mudah, Anda dapat menggunakan bantuan sistem restoran terintegrasi untuk memudahkan pengelolaan bisnis Anda. Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan stok bahan, sistem POS yang mudah Anda gunakan, hingga e-menu untuk tingkatkan retensi pelanggan. Otomatiskan kegiatan operasional bisnis catering Anda dan optimalkan manajemen usaha Anda dengan menggunakan software F&B terunggul.

Di Indonesia sendiri saat ini, permintaan akan perusahaan jasa katering semakin meningkat. Peningkatan permintaan yang tidak terduga mungkin dapat membuat Anda kesulitan untuk mengelola katering yang Anda jalankan. Anda dapat menggunakan dukungan software restoran yang canggih. Sistem ini memiliki fitur yang dapat mengotomatiskan pengelolaan usaha kuliner yang Anda jalankan.

Sistem ini dapat membantu Anda melacak penjualan dengan mudah, mengelola inventaris dengan cepat, mengatur proses pembayaran, menyederhanakan pembuatan laporan lengkap, dan banyak lagi dengan satu sistem F&B terlengkap dari EQUIP. Selanjutnya simak artikel berikut untuk membantu Anda mengelola bisnis catering dengan baik.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Usaha warung Nasi yang Perlu Anda Perhatikan!

bisnis catering

Daftar Isi

  1. Lakukan Riset Pasar Bisnis Catering
  2. Tentukan Segmentasi Pasar yang Ingin Anda Sasar
  3. Tentukan Brand, Konsep, dan Rencana Bisnis Catering
  4. Temukan Supplier Berkualitas untuk Bisnis Anda
  5. Lakukan Perhitungan Modal dan Profit Bisnis Catering
  6. Siapkan Strategi Marketing yang Menarik
  7. Terapkan Software ERP F&B untuk Bisnis Catering Terdigitalisasi
  8. Kesimpulan

1. Lakukan Riset Pasar Bisnis Catering

Memulai sebuah bisnis sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu. Anda harus menganalisis persaingan bisnis Anda, mencari pemasok terbaik, menetapkan target bisnis, dan menentukan harga di pasar. Hal ini karena bisnis membutuhkan strategi yang baik untuk dapat bersaing dan menarik minat pelanggan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan riset pasar, seperti tingkat persaingan.

Cari informasi tentang bisnis serupa yang sedang beroperasi. Penetapan harga menjadi penting untuk memberikan penawaran terbaik bagi pelanggan Anda. Pemasok yang terbaik akan memenuhi kebutuhan Anda dalam pengadaan barang usaha. Sehingga, setelah melakukan riset Anda dapat menentukan jenis hidangan yang ditawarkan, harga paket, target pasar, metode periklanan, dan lain sebagainya.

2. Tentukan Segmentasi Pasar yang Ingin Anda Sasar

bisnis catering sukses

Strategi pertama yang tidak kalah penting adalah menentukan segmentasi pasar yang ingin Anda sasar. Jika Anda tidak tahu siapa target pasar dari bisnis katering Anda, hasilnya tidak  maksimal. Mengetahui siapa target pasar Anda memudahkan untuk memasarkan, mencari pelanggan, dan meningkatkan penjualan makanan di bisnis katering Anda. Anda dapat menentukan siapa target yang ingin Anda sasar, contohnya mereka dengan gaya hidup sehat, catering untuk pekerja kantoran, atau catering khusus untuk anak kost.

Dengan menentukan segementasi pasar Anda dapat mengetahui modal usaha yang diperlukan. Anda dapat mempermudah proses pemetaan pelanggan dengan sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok umur, hingga lokasi dengan menggunakan sistem CRM terhandal.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

3. Tentukan Brand, Konsep, dan Rencana Bisnis Catering Anda

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan brand, konsep, dan rencana bisnis catering yang Anda buat. Branding merupakan bagian penting dalam memulai sebuah bisnis karena  menjadi identitas yang dikenal masyarakat. Pilihlah merek yang mudah untuk diingat, menarik, dan memiliki makna bagi Anda.

Anda dapat membuat logo dari merek Anda Dengan nama brand dan logo, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional. Bila memungkinkan, logo atau merek dagang yang ada dapat Anda cetak dan gunakan sebagai label makanan. Selain itu, untuk meningkatkan tenaga penjualan penyedia layanan makanan Anda, penting  untuk menentukan konsep atau tema yang unik dan khas.

Untuk menentukannya, pertimbangkan target audiens dan harga setiap opsi menu, serta kelayakan konsep presentasi. Lebih baik lagi jika Anda dapat membuat logo dan slogan untuk melengkapi merek dan konsep yang telah Anda buat, sehingga dapat juga Anda gunakan untuk tujuan periklanan dan pemasaran. Rencanakan bisnis Anda dengan matang agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan teratur.

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

4. Temukan Supplier Berkualitas untuk Bisnis Anda

bisnis catering

Bahan makanan merupakan faktor terpenting yang perlu Anda perhatikan saat menjalankan bisnis catering. Kualitas bahan baku sangat berpengaruh terhadap cita rasa makanan. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih pemasok yang dapat mendukung bahan-bahan yang terjaga kualitasnya, sehingga rasa dan kualitas makanannya sama standarnya.

Anda dapat bernegosiasi dan menunjuk mereka sebagai pemasok tetap dalam kontrak bisnis, sehingga harga bahan makanan akan lebih murah. Harga bahan  makanan di toko seharusnya tidak banyak berubah. Untuk mempermudah Anda mengelola pengadaan barang dan menilai secara otomatis kinerja supplier, Anda dapat menggunakan bantuan sistem procurement otomatis.

Dengan sistem ini Anda dapat mengelola pengajuan pembelian pada setiap cabang dan mendapatkan penawaran terbaik dari supplier untuk menghindari peluang terjadinya tindak kecurangan.

Baca juga: Peran dan Strategi Menjadi Distributor Sukses yang Perlu Anda Pahami

5. Lakukan Perhitungan Modal dan Profit Bisnis Catering Anda

Untuk memulai bisnis tentu saja Anda memerlukan modal awal. Dalam bisnis catering mungkin Anda membutuhkan modal untuk menyewa tempat, membeli peralatan makan, gaji karyawan, dan membeli sembako. Dengan mengidentifikasi target pasar Anda, melakukan riset, dan mendapatkan pengalaman akan memudahkan untuk menentukan berapa banyak modal yang bisnis Anda butuhkan. Jika modal yang Anda miliki masih tidak cukup, Anda dapat meminjam modal melalui lembaga keuangan seperti Bank. 

Semakin banyak modal yang Anda miliki, semakin banyak pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Tetapi, Anda tetap perlu menyesuaikan modal dan keterampilan Anda dan jangan paksakan apa yang tidak Anda miliki. Anda dapat memperluas bisnis dan modal Anda secara bertahap. Untuk memastikan keuangan bisnis Anda berjalan dengan baik, pastikan selalu mencatat transaksi bisnis yang sedang berjalan.

Anda dapat menggunakan sistem Akuntansi terunggul untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan secara otomatis. Sistem ini dapat menghitung keuntungan atau kerugian yang Anda dapatkan, untuk menentukan strategi bisnis kedepannya.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

6. Siapkan Strategi Marketing yang Menarik

Dalam memaksimalkan pendapatan, tentu perlu meningkatan jumlah pembelian dari pelanggan. Promosi yang efektif perlu Anda lakukan untuk menarik minat beli pelanggan. Anda perlu untuk mempertimbangkan strategi promosi yang dapat diterapkan melalui akun media sosial seperti Instagram, website, dan iklan online.

Dengan iklan online, Anda dapat menjangkau konsumen yang lebih besar. Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mencari ide dan konsep baru untuk mengembangkan bisnis katering Anda. Jika memungkinkan, Anda dapat membuat tim periklanan dan pemasaran khusus. Tanpa pemasaran yang tepat, akan sulit bagi bisnis Anda menarik pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

7. Terapkan Software ERP F&B untuk Bisnis Catering Terdigitalisasi

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen bisnis catering, Anda dapat menggunakan Solusi terlengkap untuk mengelola bisnis Anda. Optimalkan pengelolaan stok bahan, sistem POS yang mudah digunakan, hingga e-menu untuk tingkatkan retensi pelanggan hanya dengan sistem ERP F&B. Software ini hadir sebagai solusi untuk mengotomatisasi proses bisnis kuliner. Mengatasi sulitnya melacak ketersediaan persediaan bahan baku dan menghilangkan kesalahpahaman yang sering terjadi di dapur.

Perangkat ERP F&B membantu Anda melacak penjualan, mengelola inventaris dengan cepat, mengelola pemrosesan pembayaran, menghasilkan laporan komprehensif, dan banyak lagi. Selain itu, integrasi dengan sistem manajemen persediaan menjaga kualitas makanan yang tersimpan tetap segar dan lezat. Dengan menerapkan sistem ini, bisnis ini Anda dapat mengoptimalkan keuntungan bisnis yang Anda dapatkan.

Baca juga: Software Restoran : Solusi Terbaik untuk Restoran Anda

Kesimpulan

bisnis catering

Bisnis jasa catering adalah salah satu bisnis yang dapat Anda pilih untuk memulai bisnis. Bisnis kuliner ini memiliki peluang keberhasilan yang cukup besar.  Namun bukan berarti memulai bisnis catering dapat berhasil dengan mudah tanpa adanya pengelolaan dan persiapan yang baik. Sebelum Anda memulai bisnis yang Anda inginkan Anda perlu menyiapkannya secara matang. Anda dapat menggunakan bantuan sistem restoran EQUIP untuk memudahkan Anda mengelola bisnis catering.

Sistem manajemen restoran EQUIP dirancang untuk memenuhi kebutuhan katering dengan pasokan yang tepat dan optimal, mengelola pesanan  lebih cepat, dan menyelesaikan proses biaya dan pendapatan untuk menyederhanakan bisnis catering dalam mendukung operasi bisnis katering, Anda dapat mencoba sistem restoran terbaik EQUIP.

Demo gratis sekarang sistem F&B EQUIP untuk membantu bisnis Anda menjadi lebih baik.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now