5 Keuntungan Berbisnis Franchise Minuman & Cara Memaksimalkannya

Akhir-akhir ini Bisnis franchise minuman ataupun makanan sangat populer dan sangat mudah untuk ditemukan. Di samping itu, Banyak dari mereka telah menggunakan sistem akuntansi yang tepat karena pengelolaan keuangan dalam bisnis franchise minuman di berbagai cabang ternyata cenderung sulit dan rentan terjadi human error. Maka dari itu, semua kegiatan pengelolaan keuangan dapat Anda lakukan secara mudah dengan bantuan software akuntansi terintegrasi

Berbagai jenis bisnis franchise telah menjamur di Indonesia, beberapa bisnis minuman kekinian yang sedang berkembang dan populer seperti minuman kopi, boba, thai tea, dan lainnya menjadi contohnya. Untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola bisnis terutama dalam mengelola keuangan, penggunaan sistem akuntansi menjadi solusi terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Bisnis Franchise Minuman

Pengertian Bisnis Franchise

bisnis franchise minuman

Franchise adalah perluasan distribusi jasa dan produk dengan lisensi seperti logo, merk, dan sistem bisnis. Saat akan membuka bisnis franchise, perlu untuk membayar royalti kepada pemilik franchise tersebut. Setelah itu, akan Pemilik akan memberikan hak penuh dan dukungan saat kita menjalankan bisnis. 

Dengan kata lain, bisnis franchise merupakan bentuk kerjasama dengan membuka cabang baru di wilayah tertentu, namun status kepemilikan telah disetujui dengan perjanjian antara kedua belah pihak. Sehingga, keuntungan dari franchise akan Anda dapatkan dengan hak penuh atas sistem brand itu sendiri. Selain itu, dari banyaknya bisnis franchise minuman yang populer saat ini, banyak dari mereka memanfaatkan penggunaan sistem akuntansi terbaik untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnisnya. 

Baca juga: Permudah Proses Akuntansi dengan Aplikasi Keuangan Perusahaan

Keuntungan Berbisnis Franchise Minuman

Dalam menjalankan bisnis franchise/waralaba tentunya Anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar khususnya dengan menjalankan bisnis franchise minuman yang saat ini populer. Banyak dari mereka juga memanfaatkan penggunaan software akuntansi terintegrasi untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnisnya. Anda dapat memanfaatkan situasi ini dengan membuka bisnis franchise minuman. Berikut beberapa keuntungan dalam berbisnis franchise minuman yang perlu Anda ketahui: 

Tidak perlu merancang strategi marketing dan branding

Dalam membangun sebuah brand tentunya akan memerlukan waktu, biaya yang tidak sedikit, serta keterampilan yang tepat. Selain mendapatkan hak untuk menggunakan merek, Anda juga akan mendapatkan hak menggunakan resep dari pemilik. Sehingga Anda tidak perlu sulit memikirkan serta membangun brand dari awal. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan, karena telah ada kepercayaan pelanggan dari pemilik utama merek tersebut, maka Anda tidak perlu memikirkan serta melakukan promosi besar-besaran. 

Tidak memerlukan modal besar

Untuk memulai bisnis franchise, biasanya bisnis ini memerlukan biaya dengan harga 3 sampai 5 jutaan bahkan hingga miliaran. Pemilihan franchise minuman dapat Anda sesuaikan dengan ketersediaan modal yang Anda miliki. Franchise minuman juga memiliki paket usaha yang dapat Anda pilih, sehingga harga dan fasilitas dapat Anda sesuaikan. 

Sudah memiliki pasar

Dalam membangun sebuah brand dari awal, selain mebangun dari nol pastinya Anda juga memerlukan usaha yang cukup maksimal agar bisnis Anda setidaknya dikenal dan diminati oleh beberapa calon pelanggan. Franchise minuman biasanya menyediakan berbagai menu yang cukup inovatif, unik, dan mengikuti menu yang sedang populer di antara franchise minuman lainnya, yang tujuannya untuk menarik minat pelanggan. Munculnya merek dari bisnis franchise menjadi indikator bahwa bisnis ini memiliki potensi yang akan terus berkembang dalam jangka panjang. Karena sudah memiliki pasar, sehingga Anda tidak perlu repot melakukan promosi dan lainnya. 

Tidak perlu mencari supplier bahan baku

Jika memulai bisnis franchise, Anda tidak perlu kesulitan untuk mencari supplier bahan baku, karena melalui franchise nantinya Anda akan mendapatkan bahan baku yang di supply oleh pemilik merek, sehingga Anda tidak perlu repot dan kesulitan untuk mencari bahan baku. Ini merupakan salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan jika berbisnis franchise minuman. 

Sudah memiliki SOP yang sudah diatur

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan prosedur penting yang akan membantu dan mengatur kelancaran kegiatan operasional bisnis. Selain itu, SOP dapat meningkatkan akuntabilitas yang merupakan pertanggungjawaban sebuah komponen penggerak jalannya bisnis, sehingga sesuai dengan tugas dan wewenang. Pihak brand telah mengatur SOP sedemikian rupa, sehingga dapat mempermudah para pemiliik franchise

Baca juga: Permudah Proses Akuntansi dengan Aplikasi Keuangan Perusahaan 

Contoh Bisnis Franchise Minuman di Indonesia

Bisnis kuliner tidak hanya menyediakan makanan, tetapi terdapat juga bisnis minuman dan jajanan kekinian yang kini populer khususnya di kalangan millenial. Saat ini, banyak bisnis franchise minuman yang populer dikenal. Berikut beberapa contoh bisnis franchise minuman di Indonesia: 

Kopi Kenangan

bisnis franchise minuman
Sumber: pinterest.com

Salah satu merek franchise yang lumayan terkenal saat ini adalah Kopi Kenangan. merek ini telah dikenal sebagai kedai kopi profesional dan juga berpengalaman dibidangnya. Kedai kopi ini pertama kali didirikan pada tahun 2017, hingga kini Kopi Kenangan berhasil berkembang menjadi kedai kopi yang  populer di Indonesia. Produk dari Kopi Kenangan banyak diminati masyarakat, pada tahun 2020 kopi kenangan berhasil mencapai target dengan menjual 30 juta cup kopi di seluruh Indonesia. 

Kopi Janji Jiwa

bisnis franchise minuman
Sumber: pos kupang.com

Janji Jiwa mengadopsi konsep fresh-to-cup dan menyajikan berbagai pilihan kopi lokal Indonesia. Kopi ini mempunyai khas cita rasa klasik yang dihasilkan dari pembuatan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kedai kopi ini secara konsisten memberikan pelayanan dan kualitas terbaik di setiap outletnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Kopi Janji Jiwa terus berinovasi dengan menghadirkan berbagai pilihan minuman kepada calon pelanggan serta pilihan non-kopi yang memiliki cita rasa khas yang unik. Harga franchisenya mulai dari harga 150 juta, harga ini termasuk biaya lisensi, peralatan dan lainnya. 

Xiboba

waralaba
Sumber: anteraja.com

Bisnis waralaba minuman Xiboba didirikan pertama kali pada tahun 2019. Brand minuman satu ini menawarkan sajian minuman yang menggunakan topping berupa tapioca pearl atau boba yang umum dikenal masyarakat. Pada tahun 2020 sudah ada 250 lebih gerai Xiboba di seluruh Indonesia, dan yang paling dominan berada pada kawasan Jabodetabek. Untuk membeli franchise Xiboba harganya terbilang cukup terjangkau, mulai dari 8,9 juta. Harga tersebut termasuk peralatan dan lainnya. 

Haus Indonesia

waralaba
Sumber: trenasia.com

Franchise Haus Indonesia merupakan model usaha yang menjual brand minuman kekinian yang berasal dari jakarta. Franchise merek minuman boba ini cukup populer di Indonesia. Sekitar 126 gerai telah tersebar di seluruh Indonesia. Selain jabodetabek brand minuman ini juga mulai menjalar ke daerah jawa barat, selain itu juga berhasil menjual kurang lebih 35 ribu cup perharinya. Saat awal berdiri, brand satu ini menawarkan bentuk paket kemitraan untuk konsep pemasaran dalam menjalankan bisnis. Untuk harga franchise, Haus Indonesia menawarkan harga  mulai dari kisaran 4,5 juta hingga 120 juta sesuai dengan merek dan paket usaha yang Anda pilih. 

Es Teh Indonesia

waralaba
Sumber: tribunnews.com

Haidhar Wurjanto pertama kali mendirikan dan berhasil mengubah wajah es teh menjadi berbeda pada tahun 2018. Memiliki konsep tea-to-go yang menawarkan berbagai pilihan teh dengan cita rasa yang cocok untuk semua kalangan masyarakat. Outlet Es Teh telah berdiri kurang lebih 504 gerai di Indonesia. Untuk berbisnis franchise ini, Anda memerlukan biaya mulai dari 120 juta. Harga tersebut termasuk lisensi brand, peralatan, stok bahan baku, dan lainnya.

Street Boba

waralaba
Sumber: pergikuliner.com

Franchise satu ini merupakan brand minuman dari grup kumpulan pengusaha kuliner yang membawahi brand Kopi Lain Hati dan Gildak. Brand ini pertama kali teresmikan oleh pendiri Street Boba, Jovi Adhiguna pada tahun 2020. Franchise ini telah tersebar di Jabodetabek. Pada tahun 2021, street boba memiliki target untuk membuka 200 outlet. Untuk membuka franchise xi boba memerlukan biaya sekitar 10 juta an. 

Chatime

waralaba
Sumber: food.detik.com

Merek satu ini merupakan minuman kekinian yang menyediakan boba sebagai menu utamanya. Bermula dari Taiwan, Chatime terus berkembang dan membuka gerai lebih banyak ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Pada tahun 2011 chatime pertama kali masuk ke Indonesia, setelah itu chatime terkenal sebagai salah satu merek minuman boba yang banyak peminat dari semua kalangan masyarakat. Franchise chatime adalah franchise yang memiliki biaya pembukaan cukup mahal. Namun nyatanya, franchise chatime masih menjadi primadona setiap kalangan dalam memulai usaha waralaba. Saat ini, Chatime sudah membuka kurang lebih 34 gerai di Indonesia. Untuk membuka bisnis franchise chatime memerlukan biaya sekitar $ 50.000 hingga $ 160.000 untuk yang termahal. 

Bagaimana Software Akuntansi Membantu Kelola Keuangan Bisnis Franchise Minuman

waralaba

Dalam mengelola suatu bisnis, khususnya bisnis franchise minuman kekinian yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat, sering ditemukan terjadinya permasalahan dalam mengelola keuangan. Terutama jika bisnis Anda sedang mengalami penjualan yang meningkat. Sehingga kondisi ini membuat bisnis Anda kewalahan dalam melakukan perhitungan keuangan. 

KJ?Kondisi ini tentunya memerlukan sistem akuntansi yang terintegrasi untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola dan mengatasi pengelolaan keuangan bisnis Anda. Saat ini banyak bisnis franchise minuman yang telah menggunakan sistem akuntansi terbaik untuk mengelola keuangan bisnis mereka. Selain memudahkan pengelolaan keuangan, sistem akuntansi juga dapat menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan produktivitas, dan pastinya meningkatkan keuntungan bisnis secara nyata. 

Kesimpulan

Bisnis Franchise Minuman

Sebelum memutuskan memulai bisnis franchise minuman kekinian, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Selain konsisten dalam menjalankan bisnis, pengelolaan keuangan juga merupakan salah satu proses yang penting. Anda perlu mengelola keuangan dengan tepat dan meminimalisir pemborosan pengeluaran keuangan bisnis. 

Maka dari itu, penggunaan sistem akuntansi terbaik dari EQUIP merupakan solusi untuk Anda dalam memulai bisnis franchise minuman. Sistem ini dapat meningkatkan akurasi keuangan bisnis Anda. Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA